10 Makanan Untuk Penderita DBD

10 Makanan Untuk Penderita DBD

March 8, 2019 0 By Joherbal

Demam berdarah dengue (DBD) atau yang lebih dikenal sebagai penyakit demam berdarah adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Dulu, penyakit demam berdarah dengue disebut dengan penyakit break bone karena menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa seperti retak.

Demam berdarah ringan menyebabkan demam yang tinggi, ruam, nyeri otot, dan sendi. Sedangkan pada demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba, dan dapat berujung pada kematian.

Di Indonesia penyakit ini cukup populer atau bisa dikatakan mengerikan. Namun, ada beberapa makanan untuk penderita DBD yang dapat membantu meringankan gejala-gejala DBD dan mempercepat pemulihan Anda dari demam berdarah! Apakah Anda ingin tahu makanan apa saja itu? Berikut jawabannya:

Makanan Untuk Penderita DBD

1. Jeruk

Jeruk penuh dengan nutrisi penting dan vitamin. Jeruk kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan penting. Kandungan serat jeruk yang tinggi membuatnya sangat baik untuk mengobati gangguan pencernaan. Tambahkan buah yang menyegarkan ini jika Anda ingin segera pulih.

2. Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki banyak khasiat obat. Penelitian menyimpulkan bahwa daun pepaya memicu produksi trombosit yang lebih cepat pada pasien demam berdarah. Yang perlu Anda lakukan adalah menghancurkan beberapa lembar daun pepaya dan minum airnya dua kali sehari untuk mengatasi demam berdarah.

3. Hindari Makanan Berminyak

Salah satu gejala utama demam berdarah adalah masalah perut. Pastikan Anda tidak mengkonsumsi makanan berminyak dan pedas karena hanya akan memperburuk kondisi kesehatan Anda.

4. Bubur

Bubur adalah pilihan sarapan yang populer di seluruh dunia. Nilai serat dan nutrisi yang tinggi memastikan Anda mendapatkan kekuatan yang memadai untuk melawan penyakit. Bubur mudah ditelan dan juga dicerna. Ingatlah untuk makan banyak bubur saat Anda menderita demam berdarah.

5. Teh Jahe

Teh jahe dapat membantu mengurangi gejala demam berdarah. Jahe memiliki karakteristik antiinflamasi dan antioksidan yang membantu mengurangi demam berdarah.

6. Air Kelapa

Demam berdarah sering menyebabkan dehidrasi. Air kelapa adalah salah satu makanan terbaik untuk pasien demam berdarah karena merupakan sumber air alami, mineral esensial dan elektrolit. Asupan air kelapa dapat membantu mengatur kadar cairan dalam tubuh. Untuk itu, air kelapa harus Anda sertakan dalam makanan Anda, jika Anda ingin cepat pulih dari demam berdarah.

7. Jus Sayuran

Anda dapat mengobati gejala demam berdarah dengan mengonsumsi jus sayuran segar. Wortel, mentimun, dan sayuran berdaun hijau lainnya sangat baik untuk mengobati gejala demam berdarah. Sayuran ini penuh dengan vitamin dan mineral penting yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi gejala.

8. Sup

Sup adalah salah satu makanan terbaik untuk mengobati dan meredakan gejala demam berdarah. Sup dapat meredakan nyeri sendi dan juga baik untuk pencernaan dan buang air besar.

9. Jus Buah

Vitamin C adalah antioksidan yang efektif, yang dapat memicu produksi kolagen dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah-buahan seperti jeruk, nanas, stroberi, jambu biji dan kiwi dapat membantu meningkatkan produksi limfosit, yang melawan infeksi virus. Jus buah harus Anda minum setiap harinya jika Anda ingin segera pulih dari demam berdarah.

Baca Juga: Mazon B

10. Daun Neem

Daun neem dikenal karena khasiat obatnya. Daun ini membantu membatasi pertumbuhan dan penyebaran replikasi virus tipe-2 dengue. Untuk alasan ini, daun neem adalah salah satu solusi alami paling penting untuk demam berdarah.

Itulah daftar 10 makanan untuk penderita DBD. Jadi, kami berharap obat rumahan ini akan membantu Anda mengobati gejala demam berdarah. Ceritakan kepada kami tentang pengobatan rumahan lain yang Anda ketahui yang membantu melawan demam berdarah. Tinggalkan komentar di bawah ini!