20 Manfaat Makan Wortel Untuk Kesehatan

20 Manfaat Makan Wortel Untuk Kesehatan

February 27, 2019 0 By Joherbal

Wortel adalah sayuran yang paling sering digunakan dalam banyak makanan, karena wortel menyimpan banyak manfaat kesehatan, selain rasanya yang manis dan renyah. Wortel diyakini telah ada sekitar 5000 tahun yang lalu. Bahkan, Anda akan terkejut jika mengetahui wortel dulunya berwarna merah, hitam, kuning, putih, dan sebagian besar berwarna ungu, tidak seperti saat ini berwarna oranye.

Wortel pertama kali dibudidayakan di Afghanistan, dan memiliki kulit berwarna ungu dengan daging berwarna kuning. Wortel berwarna oranye pertama kali dikembangkan oleh Belanda pada abad pertengahan, dan merupakan jenis wortel yang paling umum hingga saat ini.

Selain rasanya yang lezat, wortel mengandung beta-karoten dalam jumlah tinggi dan senyawa bermanfaat lainnya seperti vitamin A, mineral, dan antioksidan. Wortel menawarkan beberapa manfaat kesehatan dan sangat bermanfaat untuk organ tubuh seperti mata, kulit, sistem pencernaan dan gigi.

Wortel sering digunakan dalam terapi pengobatan penyakit tertentu. Bahkan, wortel pada awalnya ditanam sebagai obat untuk mengobati berbagai penyakit. Sayuran ini bisa dimakan baik dalam keadaan mentah maupun dimasak. Semangkuk sup wortel adalah cara terbaik untuk meningkatkan nutrisi harian Anda. Wortel rendah kalori dan tidak mengandung lemak, serta tinggi akan vitamin A dan antioksidan lainnya. Berikut ini beberapa manfaat makan wortel untuk kesehatan, kulit dan rambut:

Manfaat Makan Wortel Untuk Kesehatan

1. Kesehatan Mata

Wortel sangat baik untuk kesehatan mata, berkat kandungan beta-karotennya yang berlimpah, yang diubah menjadi vitamin A di organ hati. Vitamin ini diubah di retina menjadi rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan di malam hari. Beta-karoten meningkatkan penglihatan di malam hari dan melindungi mata dari kondisi kesehatan seperti glaukoma, degenerasi makula dan katarak. Beta-karoten juga membantu dalam mengobati rabun malam. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi beta-karoten mengurangi risiko degenerasi makula hingga 40%.

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Wortel mengandung berbagai antioksidan dan polyacetylenes yang bersama-sama memberikan perisai pelindung bagi organ jantung. Penelitian telah menunjukkan, mengkonsumsi makanan yang tinggi karotenoid dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain sangat kaya akan beta-karoten, wortel juga mengandung alfa-karoten dan lutein. Mengkonsumsi wortel secara teratur dapat melindungi jantung Anda dari kerusakan oksidatif, pembentukan plak, dan peningkatan kolesterol jahat. Hal ini dapat terjadi karena wortel mengandung serat larut yang mengikat dengan asam empedu.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker usus besar. Ini karena wortel kaya akan antioksidan poly-acetylene, falcarinol, yang melawan kanker dengan menghancurkan sel-sel pra-kanker dalam tumor. Dengan cara ini, wortel memiliki sifat anti-karsinogenik yang menghambat pertumbuhan sel kanker di usus besar dan mendukung kesehatan saluran pencernaan bagian bawah. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari wortel.

Baca Juga: Tanaman Herbal Yang Dijadikan Obat Kanker

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Wortel mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan bersama dengan vitamin C, yang bekerja utuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Mengkonsumsi wortel secara teratur menciptakan perisai pelindung bagi tubuh kita.

5. Kesehatan Gigi

Wortel bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut Anda karena mengikis partikel plak dan makanan. Wortel merangsang gusi dan memfasilitasi pembentukan banyak air liur. Air liur bersifat alkali dan menyeimbangkan bakteri pembentuk asam dan pembentuk rongga. Mineral yang terkandung dalam wortel bekerja untuk membunuh kuman berbahaya di mulut dan mencegah kerusakan gigi.

6. Membersihkan Tubuh Dari Racun

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wortel mengandung banyak Vitamin A yang membantu organ hati membuang racun dari dalam tubuh. Mengkonsumsi wortel secara teratur dapat mengurangi akumulasi empedu dan lemak di organ hati. Serat yang larut, di sisi lain, membersihkan usus besar dengan memfasilitasi pembuangan limbah.

7. Mencegah Penuaan

Tingginya kadar beta karoten dalam wortel bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah dan membalikkan kerusakan sel yang dilakukan tubuh melalui metabolisme. Dengan demikian, hal ini membantu memperlambat penuaan sel.

8. Bermanfaat Selama Menstruasi Dan Fase Pasca Menopause

Wortel sangat bermanfaat bagi wanita. Ini karena kandungan fitoestrogen dalam wortel membantu meringankan nyeri haid dan mengatur perdarahan pada wanita yang memiliki periode menstruasi yang berat. Wortel juga bermanfaat untuk wanita pasca-menopause karena membantu menghilangkan hot flushes dan menstabilkan gejala menopause lainnya.

9. Bermanfaat Selama Kehamilan

Wortel sangat membantu selama kehamilan karena membantu perkembangan janin yang tepat dan mengurangi risiko infeksi dan keguguran. Mengkonsumsi wortel secara teratur juga dapat meningkatkan produksi ASI dan meningkatkan kualitasnya.

10. Mencegah Stroke

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, orang yang mengonsumsi lebih dari enam wortel dalam seminggu cenderung memiliki risiko yang lebih kecil untuk menderita stroke dibandingkan dengan mereka yang hanya makan satu wortel sebulan, atau kurang.

11. Sumber Kalsium

Sangat sedikit dari kita yang menyadari fakta bahwa wortel mengandung kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak-anak dan wanita.

12. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Wortel adalah sumber serat yang baik yang membantu meningkatkan sistem pencernaan. Wortel juga bermanfaat dalam kondisi seperti sembelit dan asam lambung. Selain itu, serat dalam wortel dapat membantu penurunan berat badan dan menghindari kenaikan gula dalam darah.

13. Mengontrol Tekanan Darah Dan Gula Darah

Wortel mengandung karotenoid yang membantu mengatur gula darah. Wortel juga mengandung unsur alkali yang memurnikan dan merevitalisasi darah serta menyeimbangkan rasio asam-basa dalam tubuh. Kandungan kalium yang tinggi dalam wortel membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi terkait dengan hipertensi dan mengontrol tekanan darah.

14. Untuk Kulit Bercahaya

Mengkonsumsi wortel secara teratur dapat menjaga kulit Anda tetap sehat dan bercahaya karena wortel mengandung vitamin C dan antioksidan. Wortel juga dapat digunakan sebagai masker wajah yang murah dan berkhasiat. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan wortel yang telah diparut dengan madu dan mengoleskannya sebagai masker wajah untuk mendapatkan kulit bercahaya.

15. Menghilangkan Noda / Bekas Luka

Minum jus wortel sangat efektif untuk menghilangkan noda dan bekas luka. Anda juga bisa mengoleskan wortel pada kulit Anda untuk membersihkan noda bekas jerawat.

16. Manfaat Anti-Aging

Wortel juga mengandung Vitamin C yang membantu produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah jenis protein yang sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit. Kolagen membantu mencegah keriput dan mengunci proses penuaan. Vitamin A, sebagai antioksidan, juga bermanfaat untuk mengatasi radikal bebas yang mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput, pigmentasi, dan warna kulit yang tidak merata.

17. Melindungi Kulit Dari Paparan Sinar Matahari

Beta-karoten yang ditemukan dalam wortel, adalah nutrisi ramah kulit yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Beta-karoten membantu dalam memperbaiki jaringan kulit dan memberikan perlindungan terhadap sinar matahar. Antioksidan dan beta-karoten melindungi dan mengondisikan kulit untuk meningkatkan kekebalan terhadap sinar matahari dan menyembuhkan kulit yang terbakar.

18. Mencegah Kulit Kering

Kekurangan kalium dapat menyebabkan kulit kering. Wortel kaya akan kalium. Oleh karena itu, minum jus wortel dapat mencegah masalah ini dan menjaga kulit Anda tetap terhidrasi.

19. Mengobati Berbagai Penyakit Kulit

Wortel sangat efektif dalam pencegahan dan menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Antioksidan dalam sayuran ini dapat mengobati kondisi kulit seperti jerawat, ruam, dermatitis, dan masalah kulit lainnya yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Namun, ingatlah untuk tidak mengkonsumsi wortel secara berlebihan karena dapat menyebabkan kulit Anda berubah warna menjadi kuning kekuningan.

20. Mengatasi Rambut Rontok dan Merangsang Pertumbuhan Rambut

Wortel sangat baik untuk mengatasi kerontokan rambut karena mengandung vitamin, yang menjadikannya lebih kuat, lebih tebal, dan lebih berkilau. Minum jus wortel secara teratur dapat meningkatkan kesehatan rambut, karena vitamin C dan vitamin E dalam wortel dapat meningkatkan sirkulasi di kulit kepala, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut beruban.

Wortel adalah makanan paling bergizi, karena kandungan beta-karotennya yang tinggi. Wortel juga memiliki kombinasi phytonutrisi yang terdiri dari karotenoid lain seperti alfa-karoten dan lutein, asam hidroksisinamat, anthocyanin dan poli-asetil seperti falcarinol dan falcarindiol.

Wortel juga merupakan sumber penting vitamin C, vitamin K, serat makanan dan kalium. Wortel juga mengandung vitamin B6, niasin, folat, vitamin E, mangan dan molibdenum yang mendukung enzim, dan vitamin B1, vitamin B2, dan fosfor yang menyediakan energi.