6 Bukti Ilmiah Anda Harus Makan Makanan Organik

6 Bukti Ilmiah Anda Harus Makan Makanan Organik

April 12, 2019 0 By Joherbal

Makanan organik adalah makanan yang diproduksi tanpa menggunakan pestisida berbahaya dan bahan tambahan makanan sintetis lainnya. Namun, bagaimana makanan organik benar-benar membuat perbedaan? Apakah makanan ini benar-benar akan meningkatkan kesehatan Anda? Biarkan kami membantu Anda menemukan jawabannya.

Ilmu Pengetahuan Di Balik Makanan Organik

‘Organik’ mengacu pada cara petani menanam dan memproses produk pertaniannya, yang melibatkan peningkatan kualitas tanah dan air, mengurangi polusi, dan memungkinkan kebiasaan dan perilaku ternak yang aman dan alami.

Praktek pertanian organik tidak memungkinkan penggunaan pupuk dan pestisida sintetis, antibiotik, hormon pertumbuhan (untuk ternak), atau rekayasa genetika. Makanan (buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dll.) Yang dihasilkan dari metode seperti itu sering dianggap lebih sehat dan jauh lebih bergizi.

Meskipun ada kebutuhan untuk penelitian yang lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa makanan organik dapat berkontribusi pada kesehatan yang optimal dan juga mengurangi risiko pengembangan penyakit kronis. Semua ini menunjukkan kepada kita bagaimana makanan organik bisa lebih baik. Sekarang, kita akan membahasnya secara spesifik.

Apa Manfaat Makanan Organik?

1. Makanan Organik Dapat Menawarkan Lebih Banyak Nutrisi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan organik menawarkan lebih banyak nutrisi tertentu, terutama dalam kasus beberapa flavonoid yang memiliki sifat antioksidan. Penelitian pada hewan menunjukkan kadar asam askorbat (vitamin C) yang sedikit lebih tinggi pada sayuran dan kentang berdaun hijau yang ditanam secara organik. Juga, tanaman sereal yang ditanam secara organik mengandung protein berkualitas yang lebih baik.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Orang yang makan makanan organik lebih mungkin untuk hidup lebih sehat dan memiliki risiko penyakit kronis yang jauh lebih rendah. Ini karena mereka cenderung memilih lebih banyak sayuran segar, buah-buahan, dan produk gandum.

Produk organik mengandung kadar senyawa bioaktif yang lebih tinggi. Juga mengandung kadar zat tidak sehat yang lebih rendah (seperti kadmium dan pestisida sintetis dan pupuk) jika dibandingkan dengan produk pertanian konvensional.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa asupan makanan organik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian pada hewan ayam menunjukan bahwa ayam yang menerima pakan organik menunjukkan pemulihan yang lebih cepat.

Dalam penelitian yang sama, ayam yang diberi makan dengan pakan yang ditanam secara konvensional menunjukkan kenaikan berat keseluruhan keseluruhan yang lebih tinggi dalam masa hidup mereka. Ini tidak terjadi dengan pakan organik.

4. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Makanan organik mungkin memiliki kadar vitamin C yang lebih tinggi – dan juga kualitas yang lebih baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu memperlambat penuaan.

5. Ramah Lingkungan

Makanan organik baik untuk lingkungan, yang berarti baik untuk kita. Pertanian organik, dari mana makanan organik berasal, mempertimbangkan efek jangka panjang pada ekosistem. Makanan organik diproduksi dengan tujuan membangun keseimbangan ekologis, sehingga menjaga kesuburan tanah dan mencegah masalah hama pada saat yang bersamaan.

Penggunaan pupuk organik (seperti kotoran hewan atau kompos) untuk menghasilkan makanan organik juga memperbaiki struktur tanah dan mencegah polusi air. Makanan organik juga mencegah erosi tanah lapisan atas. Karena tanah adalah dasar untuk pertanian organik, makanan yang dihasilkan melalui praktik tersebut bermanfaat bagi lingkungan.

6. Rasanya Lebih Baik

Penelitian telah mengungkapkan bahwa ketika tanaman tumbuh secara organik tanpa menggunakan pestisida sintetis, rasanya akan meningkat. Tingkat antioksidan yang lebih tinggi (yang merupakan ciri khas makanan organik) dapat mempengaruhi kualitas organoleptik makanan – termasuk aroma dan rasa.

Berkat banyaknya antioksidan, makanan organik membantu melawan penyakit seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan bahkan beberapa jenis kanker – yang semuanya disebabkan oleh stres oksidatif. Sekarang Anda tahu mengapa makanan organik bisa jauh lebih baik daripada makanan non-organik.