6 Makanan Terbaik Untuk Penderita Kanker Hati

6 Makanan Terbaik Untuk Penderita Kanker Hati

December 23, 2019 0 By Joherbal

Kanker hati adalah kanker yang dimulai di sel-sel hati Anda. Beberapa jenis kanker dapat terbentuk di hati. Jenis kanker hati yang paling umum adalah karsinoma hepatoseluler, yang dimulai pada jenis utama sel hati (hepatosit). Jenis lain dari kanker hati, seperti kolangiokarsinoma intrahepatik dan hepatoblastoma, yang sangat jarang terjadi.

Nutrisi adalah faktor penting bagi setiap orang yang menderita kanker hati. Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang sebelum, selama dan setelah perawatan dapat membantu Anda merasa lebih baik, meningkatkan stamina, dan mempercepat pemulihan Anda. Dokter menyarankan untuk makan lima sampai enam kali dalam porsi kecil dengan berjarak sekitar tiga jam.

Baca Juga: Pengobatan Herbal Kanker Hati

Dengan melakukan hal ini, tubuh Anda akan menerima pasokan nutrisi, protein, dan kalori yang cukup; serta mengurangi risiko Anda mengalami efek samping yang berkaitan dengan perawatan kanker hati Anda, seperti mual. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa makanan terbaik untuk penderita kanker hati. Namun, perlu dicatat bahwa mengkonsumsi makanan ini tidak akan membantu menyembuhkan kondisi atau mencegah munculnya kanker hati. Makanan ini hanya dapat membantu mengelola gejala, dan juga, membantu meningkatkan gaya hidup sehat bagi individu yang menderita kanker hati.

  1. Protein

Makanan seperti ayam, ikan, telur, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan dan kedelai sangat bermanfaat bagi seseorang yang menderita kanker hati. Konsumsi makanan ini dalam jumlah yang cukup (tidak berlebihan) dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesembuhan.

  1. Biji-bijian

Mengkonsumsi oatmeal, roti gandum, dan beras merah tidak hanya baik untuk kesehatan organ hati Anda, tetapi juga membantu meningkatkan tingkat energi Anda. Menjadi sumber karbohidrat dan serat yang baik, biji-bijian utuh direkomendasikan oleh dokter untuk individu yang menderita kanker hati.

  1. Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan, terutama buah-buahan berwarna dianggap baik untuk kesehatan organ hati Anda. Buah-buahan seperti jeruk, blueberry, cranberry, anggur dll memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu Anda melawan radikal bebas.

  1. Sayuran

Mirip dengan buah-buahan berwarna, sayuran berwarna juga kaya antioksidan yang dapat membantu tubuh Anda melawan kanker. Sayuran seperti bit dan sayur-sayuran seperti kubis brussel, brokoli, dan sawi dikenal karena kandungan seratnya yang tinggi dan rasanya yang khas. Menurut penelitian, sayuran ini dapat meningkatkan kadar enzim detoksifikasi dan melindungi hati dari kerusakan.

  1. Lemak Sehat

Lemak sehat yang ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak zaitun bermanfaat bagi orang yang menderita kanker hati. Lemak sehat dapat membantu tubuh Anda menyerap nutrisi penting dan antioksidan, sehingga dapat meningkatkan kondisi seseorang.

  1. Air dan Cairan Lainnya

Minum banyak air sangat penting bagi seseorang dengan kanker hati. Cara ini dapat membantu menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik , yang sangat penting selama perawatan kanker hati.