6 Manfaat Kesehatan Latihan Kickboxing

6 Manfaat Kesehatan Latihan Kickboxing

October 24, 2019 0 By Joherbal

Kickboxing adalah latihan berenergi tinggi yang disukai oleh banyak anak muda saat ini. Latihan ini melibatkan gerakan yang kuat dan membakar sekitar 450 hingga 500 kalori per jam. Kickboxing adalah salah satu seni bela diri yang paling populer dan diperkirakan sekitar 1 juta orang di seluruh dunia berpartisipasi dalam olahraga beladiri ini.

Kickboxing menargetkan semua area tubuh yang mencakup bagian tengah tubuh, lengan, kaki, dan punggung yang bermanfaat bagi seluruh tubuh Anda dengan berbagai cara. Berikut ini adalah manfaat kesehatan latihan kickboxing:

  1. Membakar lemak

Kickboxing adalah latihan berenergi tinggi yang membantu membakar lemak, terutama lemak perut yang membandel. Kelebihan lemak dalam tubuh meningkatkan risiko penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan diabetes. Menurut The American Council on Exercise (ACE) wanita membakar lebih banyak kalori yang melibatkan tubuh bagian atas dan bawah selama latihan kickboxing.

  1. Mengurangi stress

Jika Anda stres, cobalah latihan kickboxing, karena dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. latihan ini meningkatkan pelepasan endorfin, yang dapat menurunkan tingkat stres Anda.

  1. Memperbaiki postur tubuh

Jika Anda memiliki postur tubuh yang buruk dan koordinasi yang buruk, kickboxing adalah cara terbaik untuk memperkuat tubuh inti Anda dan meningkatkan keterampilan refleks dan koordinasi Anda. Pukulan dan tendangan dalam kickboxing akan memberi Anda kesempatan untuk fokus pada gerakan dan energi Anda.

  1. Melatih seluruh otot tubuh

Kickboxing adalah salah satu latihan yang akan melibatkan semua kelompok otot Anda dan akan membakar lebih banyak kalori. Melibatkan semua otot tubuh Anda akan meningkatkan koordinasi serta gerakan konstan dalam kickboxing akan meningkatkan fleksibilitas dan refleks Anda.

  1. Meningkatkan energi

Kickboxing adalah latihan kardio berenergi tinggi yang akan meningkatkan tubuh dan pikiran Anda dan akan meningkatkan tingkat energi Anda. Latihan ini akan memberi sel-sel tubuh lebih banyak energi untuk membakar dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Melatih Otak

Dalam kickboxing, saat Anda merespons pukulan dan refleks tangan dan kaki secara cepat, otak Anda akan belajar bertindak cepat. Jadi pada dasarnya, ini semua tentang apa yang terjadi di belakang mata Anda dan di antara telinga Anda.

Tips Saat Berlatih Kickboxing

  • Ingatlah untuk bernapas saat melakukan latihan kickboxing.
  • Gunakan seluruh tubuh Anda sepanjang waktu.
  • Jangan mengunci sendi Anda.
  • Selalu pertahankan posisi Anda setiap saat.
  • Selalu jejakkan kaki sebelum memukul atau menendang.
  • Selalu angkat tangan.

Catatan: Jika Anda menderita cedera lutut atau punggung yang serius, hindari melakukan latihan kickboxing karena dapat memperburuk rasa sakit. Menurut sebuah penelitian, kepala adalah area yang paling sering mengalami cedera baik pada kickboxer amatir maupun professional.