8 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Kalsium

8 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Kalsium

November 3, 2019 0 By Joherbal

Kalsium diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga berdampak pada kesehatan jantung, tekanan darah, berat badan, dan mencegah kanker prostat. Cara kalsium bekerja dalam tubuh Anda adalah dengan bersirkulasi dalam darah dan juga disimpan dalam tulang Anda.

Kalsium darah diatur dengan ketat, tetapi jika kalsium dalam darah rendah karena jumlahnya yang tidak mencukupi atau pola makan Anda rendah kalsium, maka kalsium dilepaskan dari tulang. Hal ini yang kemudian dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh seperti osteoporosis dan kesehatan gigi yang buruk.

Menurut National Institute of Health, orang dewasa dari usia 19-50 tahun harus menerima 1000 miligram kalsium per hari. Kekurangan kalsium adalah masalah umum, yang akan menjadi serius jika tidak didiagnosis dan diobati tepat waktu. Jika salah satu dari tanda-tanda ini Anda alami, mungkin tubuh Anda kekurangan kalsium.

Tanda-tanda Tubuh Anda Kekurangan Kalsium

  1. Sering mengalami patah tulang

Jika Anda sering mengalami patah tulang dalam kecelakaan yang tidak terlalu parah, itu bisa menjadi tanda asupan kalsium Anda rendah, yang membuat tulang Anda menjadi sangat rapuh. Pada usia 30 tahun, tulang Anda mencapai masa puncak, setelah itu tulang Anda perlahan-lahan kehilangan kalsium. Kehilangan kalsium ini tidak bisa diisi ulang. Fraktur tulang sangat umum terjadi pada wanita pasca-menopause.

  1. Kram otot

Kram otot ringan tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika kram otot berlangsung lama, Anda harus segera mengunjungi dokter. Karena Anda mungkin mengalami kekurangan kalsium yang parah. Kekurangan kalsium dalam waktu yang lama dapat menyebabkan nyeri otot, kontraksi otot, atau ketidaknyamanan secara keseluruhan karena kalsium membantu otot Anda bergerak.

  1. Tekanan darah tinggi

Jika saat ini Anda mengalami tekanan darah tinggi, kemungkinan Anda kekurangan kalsium. Menurut National Institutes of Health, mendapatkan asupan kalsium yang direkomendasikan setiap hari dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi.

  1. Kekurangan Vitamin D

Kalsium bekerja bersama dengan vitamin D untuk penyerapan mineral yang lebih baik dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika Anda kekurangan vitamin D, itu artinya Anda juga kekurangan kalsium. Makanan yang diperkaya seperti sereal, susu, atau jus dapat membantu meningkatkan kadar vitamin D dan mengurangi risiko kekurangan kalsium.

  1. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan adalah tanda yang menunjukkan bahwa Anda kekurangan kalsium. Mengkonsumsi makanan tinggi kalsium, dan produk susu rendah lemak telah terbukti membantu menurunkan berat badan.

  1. Anda tidak toleran laktosa

Jika mengkonsumsi produk susu membuat Anda sakit, itu bisa jadi karena kalsiumnya rendah. Produk susu rendah lemak seperti yogurt, susu dan keju seperti parmesan, mozzarella, dan cheddar adalah beberapa sumber yang tinggi akan kalsium. Anda dapat menambahkan makanan kaya kalsium lainnya seperti hazelnut, dan susu kedelai.

  1. Gigi berlubang

Gigi berlubang bisa disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk. Namun, kekurangan kalsium dalam tubuh juga dapat berkontribusi pada gigi berlubang. Kondisi ini sebagian besar terjadi pada wanita muda dan wanita hamil.

  1. Kuku mudah rapuh

Salah satu tanda paling umum dari kekurangan kalsium adalah kuku yang mudah rapuh. Jika Anda terus-menerus mengalami kuku yang mudah terkelupas, itu bisa berarti Anda kekurangan kalsium. Cara ini bisa Anda atasi dengan mengkonsumsi makanan yang padat kalsium seperti tahu, produk susu, biji-bijian, kacang-kacangan, salmon, dll.