Antioksidan

Antioksidan

September 20, 2018 0 By Joherbal

Antioksidan adalah senyawa yang membuat Anda tetap sehat dengan menetralisir bahan kimia dalam tubuh Anda, yang dikenal sebagai radikal bebas. Antioksidan diproduksi secara alami oleh tubuh Anda dan juga biasa ditemukan pada buah dan sayuran. Antioksidan bekerja dengan ‘membersihkan’ radikal bebas. Beberapa antioksidan yang paling umum termasuk vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten.

Apa Itu Radikal Bebas?

Radikal bebas juga dikenal sebagai oksidan, terbentuk secara alami di tubuh Anda ketika makanan dipecah. Radikal bebas juga terbentuk di kulit dan mata kita oleh sinar matahari dan juga udara yang kita hirup. Asap, polusi udara, stres, dan alkohol dapat menyebabkan peningkatan produksi radikal bebas. Mereka dapat sangat reaktif dengan apa pun yang berinteraksi dengan mereka, yang dapat menyebabkan kerusakan membran sel, protein dan kerusakan DNA.

Seiring berjalannya waktu, kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas berlebih dapat berkontribusi pada sejumlah kondisi medis termasuk penyakit jantung, hati dan beberpa kanker termasuk kanker usus, perut, kerongkongan dan mulut.

Radikal bebas juga dianggap terlibat dalam kemerosotan bertahap tubuh Anda yang terjadi dengan penuaan dan telah dikaitkan dengan kehilangan penglihatan, peradangan sendi dan kerusakan sel saraf di otak. Ada juga bukti bahwa radikal bebas terlibat dalam aterosklerosis, yang merupakan pengerasan arteri karena endapan kolesterol di dinding bagian dalam arteri.

Antioksidan Dan Pencegahan Penyakit

Penelitian tentang antioksidan dan peran mereka dalam perkembangan penyakit terus berkembang. Saat ini sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa pola makan yang kaya antioksidan dikaitkan dengan umur yang lebih panjang dan kesehatan yang lebih baik. Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu mencegah penyakit tertentu. Ini termasuk risiko yang lebih rendah untuk penyakit jantung dan beberapa kanker untuk orang yang memiliki pola makan tinggi akan buah, sayuran dan biji-bijian.

Asupan moderat anggur merah (tidak lebih dari satu gelas standar per malam) juga telah terbukti memiliki efek kardioprotektif (melindungi jantung). Serangkaian penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam anggur merah, termasuk flavonoid dan resveratrol, mungkin terlibat dalam pencegahan awal atau mengurangi perkembangan aterosklerosis.

Degenerasi makula, penyebab umum kebutaan pada orang lanjut usia, juga telah dipelajari. Antioksidan termasuk lutein dan zeaxanthin, yang umumnya ditemukan dalam buah-buahan, sayuran dan kuning telur, dapat melindungi terhadap degenerasi makula lebih lanjut.

Sumber Antioksidan

Senyawa umum yang berfungsi sebagai antioksidan bisa Anda dapatkkan pada sumber berikut ini:

  • Vitamin C – umumnya ditemukan dalam buah jeruk, sayuran berdaun hijau, buah beri dan pepaya;
  • Vitamin E – umumnya ditemukan dalam biji-bijian sereal seperti biji, minyak tumbuhan, kacang dan telur;
  • Beta-karoten – umumnya ditemukan dalam sayuran berdaun hijau dan berwarna oranye;
  • Selenium – umumnya ditemukan pada ikan, daging tanpa lemak, biji-bijian dan kacang brazil;
  • Anthocyanin – umumnya ditemukan dalam buah beri, anggur dan terong;
  • Tembaga – umumnya ditemukan dalam coklat, dedak gandum dan ragi;
  • Ubiquinone – umumnya ditemukan pada ikan, daging dan kacang tanah;
  • Flavonoid – umumnya ditemukan dalam buah beri, teh dan kopi;
  • Resveratrol – umumnya ditemukan pada anggur berkulit gelap dan anggur merah dan;
  • Fitokimia – umumnya ditemukan dalam kacang kedelai, teh, apel, bawang, coklat, dan herbal.

Pola Makan Sehat

Harus dipahami dengan jelas, bahwa antioksidan menetralisir radikal bebas berbahaya di dalam tubuh Anda. Telah terbukti bahwa mengkonsumsi buah dan sayuran segar, bekerja lebih baik untuk mencegah penyakit. Buah dan sayuran juga mengandung banyak unsur lain selain antioksidan yang dapat membantu Anda tetap sehat. Secara keseluruhan, yang terbaik adalah mengkonsumsi makanan sehat dengan berbagai macam buah, sayuran, daging tanpa lemak, biji-bijian dan produk susu setiap harinya untuk tetap sehat.

Selain dengan pola makan yang sehat, Anda juga bisa meningkatkan antioksidan dengan mengkonsumsi Amazon Plus yang kaya akan antioksidan super yang berasal dari buah-buahan pedalaman Amazon, sehingga Anda dapat menangkal berbagai penyakit mematikan seperti kanker. Selain itu ada juga Mazon B yang tinggi akan antioksidan yang berperan penting untuk metabolisme tubuh, mengatasi masalah oksidasi dalam tubuh, meningkatkan stamina, memperlambat penuaan dini serta mampu menjaga vitalitas tubuh agar tetap prima dan fit.