Apa Saja Jenis Batuk?

Apa Saja Jenis Batuk?

November 25, 2019 0 By Joherbal

Sangat umum bagi siapapun untuk menderita batuk selama pergantian musim. Dan karena hal ini dianggap biasa, banyak orang mengabaikannya sampai membuat mereka tidak bisa tidur karenanya. Jika batuk mengganggu aktivitas Anda, Anda perlu pergi ke dokter atau mengobatinya dengan obat batuk yang bisa Anda beli di apotik tanpa resep dokter.

Banyak dari kita yang tidak memahami jenis batuk yang kita derita, sehingga obat yang kita beli secara bebas tidak bermanfaat sama sekali. Padahal ada berbagai jenis batuk yang memiliki gejala dan perawatan yang berbeda. Pada artikel ini kami akan memberitahu Anda jenis batuk yang mungkin Anda derita saat ini. Jadi, baca terus artikel ini sampai habis!

Jenis Batuk Dan Cara Mengobatinya

  1. Batuk berdahak – Ini adalah jenis batuk paling umum yang terjadi ketika Anda masuk angin. Ciri yang paling mencolok dari batuk ini adalah datang langsung dari dada. Ketika Anda batuk, Anda bisa merasakan dahak di paru-paru Anda bergejolak dan sedikit saja akan keluar dari mulut Anda.  Yang dapat Anda lakukan adalah menghirup uap sehingga mengeluarkan dahak di paru-paru Anda dan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk membersihkannya.
  2. Batuk kering -Batuk jenis ini merupakan antitesis yang tepat dari batuk berdahak. Batuk ini biasanya terjadi ketika dahak Anda mengering atau sepenuhnya diangkat dari paru-paru. Berbeda dengan jenis batuk sebelumnya, batuk ini berasal dari tenggorokan. Itu terjadi karena ada sesuatu yang mengganggu tenggorokan Anda. Batuk perokok biasanya berupa batuk kering yang mereka kembangkan selama periode waktu tertentu.
  3. Batuk alergi – Batuk jenis ini terjadi pada sebagian besar orang-orang yang menderita asma atau alergi parah terhadap unsur-unsur lingkungan tertentu seperti debu atau serbuk sari. Suatu hal yang aneh tentang batuk ini adalah dapat terjadi kapan saja walaupun Anda tidak flu. Setiap kali selaput esofagus terkena zat alergi, Anda akan batuk. Ada jenis sirup obat batuk khusus untuk batuk alergi tergantung pada jenis alergen yang mendasarinya.
  4. Batuk refluks – Kadar asam juga bisa membuat Anda batuk. Jika Anda mengalami batuk terus-menerus yang tidak mau hilang, maka itu bisa menjadi refluks asam. Ketika makanan tidak dicerna dengan benar di perut Anda, makanan itu akan mengalir ke atas menuju pembuluh makanan dan membuat Anda batuk. Ini dapat menyebabkan muntah dan jantung seperti terbakar.

Sangat penting untuk mengidentifikasi jenis batuk yang mengganggu Anda dan mengobatinya dengan tepat. Jika batuk Anda berlangsung lebih dari 3 hari, yang terbaik adalah pergi ke dokter untuk memeriksanya.