Apa Yang Harus Dilakukan Sebelum, Selama Dan Setelah Donor Darah

Apa Yang Harus Dilakukan Sebelum, Selama Dan Setelah Donor Darah

December 4, 2019 0 By Joherbal

Mendonorkan darah adalah prosedur sukarela yang dapat membantu menyelamatkan nyawa banyak orang. Banyak orang membutuhkan darah setiap detik untuk keadaan darurat medis seperti operasi, cedera traumatis, dan penyakit kronis. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), donor darah memberikan harapan dan kualitas hidup yang lebih baik bagi pasien dengan penyakit kronis.

Mendonorkan darah adalah cara sederhana dan aman untuk membuat perbedaan besar dalam kehidupan banyak orang. Jika Anda telah memutuskan untuk mendonorkan darah dan tidak tahu apa yang harus dilakukan sebelum, selama dan setelah donor darah. Kami akan memberitahu Anda tentang apa yang harus Anda lakukan.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Donor Darah

Setidaknya beberapa minggu sebelum Anda mendonorkan darah, pastikan bahwa Anda mengkonsumsi makanan kaya zat besi yang sehat seperti makanan laut, daging, bayam, kacang-kacangan, dan kentang manis. Cara ini akan mencegah risiko memiliki kadar hemoglobin yang rendah .

Sebelum Anda mendonorkan darah, Anda akan diminta mengisi formulir yang memiliki pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda. Ini termasuk apakah Anda memiliki risiko infeksi yang ditularkan melalui darah, jika Anda minum obat apa pun, atau jika Anda kekurangan gizi dan sebagainya.

Setelah itu, sampel darah akan dikumpulkan dari Anda untuk mengesampingkan kondisi yang tidak diinginkan seperti anemia atau tekanan darah. Jika sampel darah Anda ternyata positif, dokter akan mengizinkan Anda untuk menyumbangkan darah.

Apa yang Harus Dilakukan Selama Donor Darah

Anda akan diminta untuk duduk atau berbaring dengan nyaman. Antiseptik akan digunakan untuk membersihkan lengan Anda dan manset tekanan darah akan ditempatkan di sekitar lengan atas Anda untuk mengisi pembuluh darah Anda dengan lebih banyak darah dan membuatnya terlihat.

Kemudian, jarum steril dimasukkan ke dalam vena di lengan Anda, yang memiliki tabung plastik yang akan membantu menarik darah ke dalam kantung darah. Hanya sekitar 400 ml darah yang diekstraksi dari tubuh dan seluruh proses ini memakan waktu sekitar 15 menit. Setelah selesai, jarum diangkat dan perban kecil diletakkan di area tersebut.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Donor Darah

Setelah Anda menyumbangkan darah, jaga agar lengan Anda tetap menghadap ke atas untuk menghindari memar, bengkak, bekuan darah dan rasa sakit. Anda dapat makan makanan ringan jika Anda mau dan menghindari melakukan aktivitas fisik apa pun dalam 24 jam ke depan.

Kadar darah Anda akan kembali normal setelah 2-3 minggu. Jadi, oleh karena itu untuk membantu tubuh Anda pulih dengan cepat, kami memberikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

  • Minum banyak air putih
  • Hindari makanan berlemak
  • Jangan stress dan tetaplah berfikir positif
  • Pakailah pakaian yang nyaman
  • Jika Anda merasa pusing, tidak nyaman atau sakit, segera konsultasikan dengan dokter
  • Hindari merokok dan minum alkohol.