Apakah Ketombe Menyebabkan Rambut Rontok

Apakah Ketombe Menyebabkan Rambut Rontok

April 2, 2019 0 By Joherbal

“Apakah ketombe menyebabkan rambut rontok?” Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh orang-orang yang mengalami kerontokan rambut. Ketombe adalah kondisi kulit kepala kronis yang paling umum. Ketombe bisa kita lihat dalam bentuk serpihan putih yang muncul di kulit kepala. Serpihan ini berasal dari lapisan kulit superfisial yang terbuat dari sel-sel kulit mati yang menyebabkan gatal-gatal. Menggaruk dengan kuat pada akhirnya dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.

Beberapa penelitian yang dilakukan untuk menemukan hubungan antara ketombe dan rambut rontok menunjukkan bahwa ketombe tidak menyebabkan rambut rontok secara langsung; goresan yang agak konstan dan agresif adalah penyebab sebenarnya di balik kerontokan rambut. Karena Anda sering menggaruk kulit kepala untuk menghilangkan rasa gatal, hal itu yang kemudian melemahkan akar rambut sehingga menyebabkan rambut Anda rontok.

Apakah Ketombe Menyebabkan Rambut Rontok? Berikut Faktanya:

  • Hampir 20 dari setiap 50 wanita menderita kerontokan rambut yang disebabkan oleh gerakan menggaruk kepala yang intens. Ketombe disebabkan oleh pengeringan kulit kepala yang intens, dan keinginan yang terus-menerus untuk menggaruk dapat menyebabkan rambut rontok karena gesekan.
  • Namun, ada hubungan yang lebih berbahaya antara ketombe dan rambut rontok yang mungkin tidak Anda ketahui. Dermatitis adalah sebuah sebutan yang seharusnya membuat Anda khawatir. Ini adalah kondisi kulit kepala yang menyebabkan ketombe dan rambut rontok  dan diyakini bahwa kebanyakan orang, yang menderita masalah kerontokan rambut, juga menderita beberapa jenis dermatitis yang berbeda!
  • Fakta penting untuk diingat adalah bahwa tidak ada pola kerontokan rambut pada orang dewasa yang sebenarnya disebabkan langsung oleh ketombe. Dalam semua kasus, ketombe secara tidak langsung, dimulai oleh trauma yang disebabkan oleh garukan dan melalui produksi sekresi jamur, menyebabkan kerontokan rambut. Jadi ini adalah salah satu mitos yang perlu disingkirkan.
  • Ingatlah bahwa ketombe dan rambut rontok, adalah sebab akibat yang tidak dapat dipisahkan. Peningkatan produksi ketombe tidak hanya menyebabkan rambut rontok, terkadang juga sebaliknya.

Mana Yang Terlebih Dahulu: Ketombe atau Rambut Rontok?

  • Pertanyaan diatas sama seperti pertanyaan mana yang lebih dahulu antara telur dan ayam? Sementara ketombe secara tidak langsung menyebabkan rambut rontok, bahan kimia tertentu dalam sampo atau solusi yang digunakan untuk merawat rambut rontok menyebabkan ketombe sebagai imbalannya.
  • Penyebab utama dalam hal ini adalah bahan kimia yang disebut minoxidil yang merupakan bahan umum dalam sampo dan solusi untuk merawat kerusakan rambut.
  • Hal tersebut menyebabkan pengelupasan. Jadi jika Anda bertanya-tanya bagaimana serpihan ketombe itu menyebabkan rambut Anda rontok, Anda harus melihat pada isi sampo yang memperkaya folikel yang telah Anda gunakan.

Dengan demikian, untuk menjawab pertanyaan yang ada di benak setiap orang, kita perlu mengetahui bahwa:

  • Ketombe menyebabkan kerontokan rambut secara tidak langsung.
  • Ketombe menyebabkan kerontokan rambut terutama melalui melemahnya akar rambut karena terus-menerus menggaruk kulit kepala yang terkelupas.

Jadi, untuk mengatasi kerontokan rambut karena ketombe, Anda harus memperbaiki masalah ketombe terlebih dahulu. Diuraikan di bawah ini adalah beberapa solusi untuk mengatasi ketombe.

Cara Mengatasi Ketombe

Mengetahui akar penyebab suatu penyakit sangat penting untuk menemukan pilihan pengobatan terbaik dan memastikan pemulihan yang cepat; hal yang sama juga berlaku untuk mengatasi ketombe. Jika Anda ingin menghilangkan ketombe untuk mengurangi kerontokan rambut yang berlebihan, Anda harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu sehingga masalah tersebut dapat diatasi dengan tepat.

Ada sejumlah faktor yang berkontribusi mulai dari kulit kering hingga eksim, psoriasis, atau pertumbuhan berlebih dari jamur yang disebut malassezia dan banyak lagi. Selain itu, kebiasaan pola makan yang tidak sehat, penyakit tertentu, pola hidup yang tidak bersih, dan cara berkeramas yang salah juga dapat menyebabkan timbulnya ketombe.

Namun, tidak peduli apa penyebab utamanya, ketombe dapat diobati secara efektif dengan menggunakan obat-obatan sintetis dan alami.

Baca Juga: Mengatasi Rambut Rontok Dengan Vitamin E

1. Ganti Shampo Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk rambut bebas ketombe adalah dengan mengganti shampo Anda. Ucapkan selamat tinggal pada sampo biasa dan beralihlah ke shampo khusus untuk menghilangkan ketombe. Shampo ini mengandung bahan-bahan tertentu seperti zinc pyrithione; ketoconazole, coal tar and selenium sulfide dll yang membantu memerangi ketombe yang menyebabkan kuman dan dengan demikian, Anda akan terbebas dari ketombe.

2. Obat Alami untuk Ketombe

Seperti kondisi kulit dan rambut lainnya, alam juga menyediakan perawatan untuk ketombe . Di sini kami memberi tahu Anda beberapa solusi alami yang paling efisien, yang telah diakui sejak lama, dapat mengatasi ketombe.

  • Minyak pohon the

Minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik yang hebat dan karenanya membantu memerangi berbagai kondisi kulit dan rambut termasuk ketombe. Untuk menggunakannya sebagai perawatan anti-ketombe, tambahkan sedikit ke dalam shampo Anda dan gunakan untuk membersihkan rambut Anda seperti biasa. Setelah beberapa minggu digunakan secara teratur, Anda pasti akan menyaksikan peningkatan luar biasa dalam kondisi Anda.

  • Cuka putih

Cuka putih juga ditemukan sangat bermanfaat dalam mengobati ketombe. Berkat sifat asamnya, maka akan membuat lingkungan kulit kepala Anda tidak cocok untuk pertumbuhan jamur dan bakteri dan karenanya, membantu mencegah ketombe.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah solusi terbaik jika ketombe Anda disebabkan oleh kekeringan kulit kepala yang tidak semestinya. Minyak zaitun yang sedikit hangat memberikan kondisi mendalam pada rambut dan kulit kepala serta membiarkannya terawat, tidak lembab, dan bebas ketombe.

Untuk Anda para wanita, jika Anda benar-benar ingin menyelamatkan diri Anda dari kerontokan rambut yang telah dikaitkan dengan ketombe, coba lakukan solusi diatas. Kami sangat yakin, bahwa solusi diatas akan bekerja untuk Anda, dan Anda akan menemukan rambut dan kulit kepala yang sehat.