Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah

July 17, 2020 0 By Joherbal

Pori-pori besar bisa dipicu oleh beberapa faktor, di antaranya adalah produksi minyak berlebih pada wajah, elastisitas kulit yang menurun, . Nah, dengan mengatasi pemicu tersebut, pori-pori besar jadi bisa teratasi. Cara alami mengecilkan pori-pori wajah bisa jadi pilihan tepat jika Anda ingin menghilangkan pori-pori besar, tapi enggan menghabiskan banyak uang untuk perawatan kulit yang menggunakan peralatan canggih. Cara alami mengecilkan pori-pori wajah ada beragam, mulai dari menggunakan pembersih wajah yang tepat hingga mengonsumsi makanan bergizi. Cara alami ini penting untuk diterapkan agar wajah terlihat lebih mulus, sehingga Anda dapat tampil lebih percaya diri.

Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Berikut ini adalah cara alami mengecilkan pori-pori wajah yang dapat dengan mudah Anda lakukan sendiri di rumah:

  1. Membersihkan wajah secara rutin

Salah satu cara alami mengecilkan pori-pori wajah adalah membersihkan wajah secara rutin sebanyak 2 kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari sebelum tidur. Saat membersihkan wajah, pastikan sabun pembersih wajah yang digunakan sesuai dengan jenis kulit dan bersifat non-comedogenic.

  1. Menggunakan pelembap

Untuk membantu mengatasi masalah pori-pori besar pada wajah, pastikan kulit wajah Anda tetap lembap. Oleh karena itu, gunakan selalu pelembap wajah setiap usai membersihkan wajah. Pelembap wajah yang digunakan juga sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit. Misalnya Anda memiliki kulit berminyak, maka sebaiknya pilih pelembap yang ringan dan berbahan dasar air.

  1. Menggunakan tabir surya

Gunakan tabir surya SPF 30 atau lebih agar kulit terlindung dari paparan sinar matahari langsung. Jika kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari, elastisitas kulit bisa berkurang dan membuat pori-pori semakin membesar.

  1. Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi wajah adalah salah satu cara alami mengecilkan pori-pori wajah yang sering ditinggalkan. Padahal, cara ini efektif untuk menghilangkan sumbatan pada pori-pori yang membuatnya terlihat lebih besar. Lakukanlah eksofoliasi wajah secara rutin setidaknya 1–2 kali dalam seminggu. Anda bisa melakukan eksfoliasi di rumah dengan bahan alami yang Anda buat sendiri. Namun perlu diingat, eksfoliasi bisa membuat kulit menjadi kering, sehingga Anda harus segera mengoleskan pelembap setelahnya agar kulit tetap terhidrasi.

  1. Menggunakan masker tanah liat

Masker tanah liat dapat membantu mengangkat minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati sehingga dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Anda disarankan untuk menggunakan masker tanah liat 1–2 kali dalam seminggu. Namun, jangan barengi penggunaan masker tanah liat dengan eksfoliasi wajah, karena kombinasi keduanya mungkin menyebabkan iritasi kulit, terutama jika kulit Anda sensitif.

  1. Mengonsumsi makanan sehat

Cara alami mengecilkan pori-pori wajah tidak cukup dengan perawatan dari luar saja. Anda juga perlu mengimbanginya dengan perawatan dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang tinggi lemak dan minyak tidak sehat sebaiknya dibatasi karena bisa membuat pori-pori tersumbat, yang kemudian akan memicu pori-pori besar pada wajah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen supaya elastisitas kulit bisa membaik dan pori-pori tampak mengecil.

  1. Mengonsumsi air putih yang cukup

Pastikan pula Anda mengonsumsi air putih yang cukup, setidaknya 2 liter per hari. Konsumsi air putih yang cukup tidak hanya dapat membuat kulit menjadi lembap dari dalam, tapi juga dapat menghilangkan racun dan kotoran di dalam pori-pori, sehingga membuatnya tampak lebih kecil.

Cara alami mengecilkan pori-pori wajah bisa dibilang cukup mudah. Namun, wajah tanpa pori-pori besar tidak bisa didapat hanya dengan perawatan yang sesekali. Dibutuhkan setidaknya 3 bulan untuk bisa melihat hasilnya. Jadi, cara ini harus diterapkan dengan disiplin. Jika cara alami mengecilkan pori-pori wajah di atas telah dilakukan tetapi tidak kunjung menunjukkan hasil yang memuaskan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.