Cara Membiasakan Anak untuk Gemar Membaca

Cara Membiasakan Anak untuk Gemar Membaca

July 26, 2020 0 By Joherbal

Kamu pasti pernah dengar pepatah bahwa buku adalah jendela dunia, bukan? Ya, memang dengan membaca buku lah, berbagai wawasan baru tentang dunia bisa didapatkan. Agar tumbuh menjadi pribadi yang mengagumkan dan berwawasan luas, penting untuk membiasakan anak gemar membaca sedini mungkin.  Caranya bagaimana? Bisa dimulai dengan mengenalkan berbagai macam buku pada anak sejak kecil, atau mengajaknya membaca buku bersama. Jika dilakukan dengan rutin, minat baca anak tentu akan tumbuh perlahan-lahan. Namun, hal ini tentunya perlu proses dan waktu, ya.

Membiasakan anak untuk gemar membaca itu banyak manfaatnya. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan kemampuan berpikir, memahami konteks, dan menajamkan ingatan. Selain itu, membaca juga merupakan aktivitas yang bisa memberi ketenangan dan meredakan stres.  Lalu, bagaimana cara membiasakan anak untuk gemar membaca? Berikut beberapa triknya:

  1. Beri Contoh

Pada dasarnya, anak adalah peniru ulung. Ia belajar dari melihat dan memperhatikan gerak-gerik orangtuanya, karena memang orangtua adalah sekolah dan dunia pertama yang dikenal anak. Jadi, jika ingin membiasakan anak untuk gemar membaca, kamu perlu memberi contoh terlebih dahulu. Misalnya, dengan mengajak anak membaca buku bergambar bersama atau membacakannya sebuah buku dongeng. Lakukan hal ini setiap hari, agar anak jadi menganggap bahwa membaca adalah kegiatan penting. Akhirnya, anak akan terbiasa dan gemar membaca sendiri tanpa disuruh atau diajak lagi oleh orangtua.

  1. Biarkan Anak Memilih Bacaannya

Perlu diingat bahwa setiap anak punya minat yang berbeda-beda, termasuk dengan orangtuanya. Jadi, ketika sudah mulai sering membacakan buku pada anak, biarkan anak memilih sendiri buku yang mereka sukai dan ingin baca. Namun, pastikan juga buku yang dibaca sesuai dengan usia anak, ya.

  1. Beri Respon dan Apresiasi

Setelah anak memilih jenis buku yang ia sukai untuk dibaca, pastikan untuk menghargai pilihannya itu. Caranya dengan memberi respons dan apresiasi pada anak. Selain itu, mintalah anak menceritakan kembali buku yang sudah ia baca, sebagai bentuk respons ketertarikan.

  1. Kenalkan dengan Macam-Macam Buku

Meski buku bergambar adalah pilihan terbaik untuk menumbuhkan minat baca anak, kamu juga perlu memperkenalkan berbagai macam buku lainnya. Ajaklah ia pergi ke perpustakaan atau toko buku dan kenalkan dengan berbagai jenis buku bacaan anak.

  1. Pancing Anak untuk Membaca Tulisan-Tulisan di Sekitarnya

Kebiasaan membaca tak cuma soal buku saja. Ketika anak dewasa nanti, ada banyak hal yang penting ia baca. Jadi, ketika bepergian dengan anak misalnya, pancing ia untuk membaca berbagai tulisan yang ada di pinggir jalan, panduan di tempat bermain anak, menu makanan di restoran, atau informasi sederhana lain yang bisa ditemukan di kehidupan sehari-hari.

  1. Gunakan Gadget

Ini bisa jadi pilihan terakhir untuk menumbuhkan kebiasaan membaca anak. Terlebih, anak zaman sekarang sudah akrab dengan gadget. Jadi, alih-alih bermain game, gunakanlah gadget untuk melatih anak agar gemar membaca, misalnya dengan mengunduh aplikasi bacaan anak, atau menonton video belajar membaca yang ada teksnya.