Cara Membuat Wajah Tetap Segar saat Puasa

Cara Membuat Wajah Tetap Segar saat Puasa

May 16, 2020 0 By Joherbal

Selama berpuasa di bulan Ramadan, tentunya kamu tidak bisa makan dan minum sesering hari-hari biasanya.  Hal ini membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi akibat tidak ada cairan yang masuk. Haus dan lapar mungkin menjadi efek puasa yang paling terasa. Tapi, sadarkah kamu kalau kulit juga bisa terpengaruh saat berpuasa?

Ali Akbar, dokter spesialis dermatologi di Kanada mengatakan, tubuh manusia terdiri dari 60 persen air dan setiap sistem bergantung pada air, termasuk kulit. Ketika asupan cairan berkurang, tubuh menyerap kelembapan di kulit untuk memenuhi cairan tubuh. Akibatnya, kulit menjadi lebih kering saat puasa. Nah, agar kulit tubuh dan wajah kamu tetap lembap saat puasa, kamu perlu melakukan tips-tips berikut ini:

  1. Banyak Minum Air

Kunci utama agar kulit tetap lembap seharian adalah banyak minum air saat sahur dan berbuka puasa agar kulit terhidrasi. Kamu juga perlu memilih makanan yang berbasis air, seperti sup.

  1. Kurangi Produk Hewani

Susu dan telur sering dianggap menjadi penyebab munculnya jerawat. Nah, cara untuk menghindarinya, kamu perlu mengurangi konsumsi produk-produk hewani seperti telur dan susu.

  1. Jauhi Soda dan Minuman Berkafein

Minuman kafein dan soda dapat menyedot mineral dalam tubuh yang otomatis dapat menimbulkan efek negatif pada kulit. Selain itu, kedua minuman ini sudah terbukti membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi.

  1. Rawat Mata

Berubahnya waktu tidur selama bulan Ramadan bukan tidak dapat menghasilkan lingkaran hitam di bawah mata. Berikan sedikit perhatian pada mata dengan meletakkan kantong teh di atas mata dan pastikan untuk tidur delapan jam setiap malam. Cara ini akan merawat kulit  selama bulan Ramadhan dan membuat wajah tetap cerah.

  1. Pakai Tabir Surya

Tahukah kamu kalau paparan sinar matahari saat berpuasa lebih berbahaya dari biasanya? Selama puasa, kulit rentan mengalami dehidrasi dan lebih kering. Nah, kondisi ini bisa menjadi lebih buruk ketika terkena paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, pastikan kamu memakai tabir surya sebelum beraktivitas.

  1. Pilih Makanan yang Tepat

Pola makan yang tepat dapat melindungi kulit wajah saat berpuasa. Pastikan kamu mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin A, B, dan C ke dalam makanan berbuka puasa dan sahur. Vitamin-vitamin ini adalah pembangkit tenaga alami perawatan kulit dan dikenal ampuh dalam memudarkan bintik-bintik gelap serta mencerahkan kulit.

  1. Pakai Pelembap

Kulit mudah kering selama berpuasa, sehingga kamu perlu menggunakan pelembap. Setelah mencuci wajah dengan air hangat, pastikan untuk melembabkan kulit untuk mengembalikan  kelembaban karena kurangnya hidrasi selama puasa.