Cara Mudah untuk Mencegah Dehidrasi

Cara Mudah untuk Mencegah Dehidrasi

July 22, 2020 0 By Joherbal

Udara yang panas dapat menyebabkan kebanyakan orang mengeluarkan keringat berlebih. Karenanya tubuh bisa kehilangan cairan tubuh. Maka dari itu, kamu harus mengonsumsi lebih banyak cairan agar keringat yang keluar dapat digantikan. Jika tidak, kamu mungkin akan mengalami dehidrasi. Seseorang dapat mengalami beberapa gejala, seperti warna urine yang lebih gelap dan sakit kepala, akibat efek dari dehidrasi yang terjadi. Inilah beberapa langkah efektif yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Cara Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi terjadi karena tubuh kehilangan lebih banyak cairan dibandingkan yang diterimanya. Hal tersebut membuat tubuh kesulitan untuk menjalankan fungsi normalnya. Karenanya tubuh harus selalu mendapatkan cairan yang cukup setiap harinya. Dengan begitu, tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Pada orang dewasa, gangguan ini dapat terjadi saat volume air di dalam tubuh lebih rendah dibandingkan yang dibutuhkan. Selain itu, hal ini juga dapat terjadi saat seseorang mengalami kondisi tertentu atau mengonsumsi obat yang dapat meningkatkan gangguan dehidrasi. Pada anak-anak, penyebab dehidrasi yang paling umum adalah diare dan muntah parah. Untuk menghindari segala komplikasi yang dapat terjadi karena dehidrasi, kamu harus tahu cara mencegahnya. Berikut beberapa cara yang efektif untuk dilakukan:

  1. Lebih Banyak Minum Air Putih

Cara paling baik untuk mencegah terjadinya dehidrasi adalah dengan mengonsumsi lebih banyak cairan. Hal ini harus benar-benar diperhatikan terutama saat cuaca panas atau beraktivitas di bawah sinar matahari. Selalu waspada terhadap banyaknya keringat yang keluar dari tubuh. Selain itu, kamu juga dapat kehilangan cairan lebih cepat saat mengalami diare atau muntah. Sehingga, elektrolit di dalam tubuh dapat hilang dan memengaruhi cara kerja otot dan saraf.

  1. Memastikan Warna Urine

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mencegah dehidrasi adalah dengan melihat warna urine yang keluar saat buang air kecil. Hal tersebut dapat menggambarkan seberapa terhidrasinya tubuh. Jika urine yang dihasilkan berwarna lebih terang, maka tubuh mendapatkan cairan yang cukup. Namun, jika warna yang dihasilkan kuning gelap, tandanya tubuh sedang mengalami dehidrasi. Segera tingkatkan konsumsi cairan di dalam tubuh.

  1. Lebih Banyak Minum saat Berolahraga

Tubuh membutuhkan lebih banyak air saat seseorang berolahraga dengan intensitas tinggi atau dalam jangka waktu yang lama. Dikatakan bahwa atlet yang beraktivitas dengan intensitas tinggi dapat kehilangan 10 persen dari berat badannya yang keluar melalui keringat. Maka dari itu, cobalah untuk tetap menjaga cairan di dalam tubuh tetap normal dengan lebih banyak minum saat berolahraga.

  1. Mengonsumsi Lebih Banyak Elektrolit saat Dibutuhkan

Terkadang, minum air putih saja tidak cukup untuk melawan dehidrasi yang terjadi, sehingga membutuhkan sesuatu yang lebih dari itu. Kamu butuh minuman dengan kandungan elektrolit agar lebih cepat mengembalikan cairan tubuh. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh. Caranya adalah dengan mengonsumsi cairan elektrolit dengan rendah gula atau bebas kalori.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Jika kamu memiliki aktivitas yang padat, ada baiknya benar-benar menjaga kebutuhan cairan tubuh sehingga tidak mengganggu kegiatan sehari-hari. Dengan begitu, pikiran dan tubuh kamu tetap fokus untuk menjalani semua aktivitas.