Gerakan Squat Bisa Hilangkan Selulit di Paha

Gerakan Squat Bisa Hilangkan Selulit di Paha

August 21, 2020 0 By Joherbal

Munculnya selulit di paha tentu mengganggu penampilan bila kamu ingin mengenakan celana pendek. Untungnya, kondisi kulit tersebut bisa dihilangkan dengan melakukan gerakan squat yang mudah. Menghilangkan selulit sepenuhnya mungkin akan sulit untuk dilakukan. Namun, ada cara-cara alami yang bisa kamu lakukan untuk membantu menyamarkan selulit, sehingga tidak terlalu terlihat. Menurut Dermatologis, Dr Ariel Haus, olahraga adalah cara yang baik untuk menyamarkan selulit. Selulit biasanya terbentuk di area tubuh dengan sirkulasi yang paling sedikit, artinya yang sangat jarang digerakkan. Salah satunya adalah bagian paha.

Nah, berolahraga meningkatkan sirkulasi darah dan melonggarkan jaringan lemak di area yang jarang digerakkan tersebut. Olahraga juga mengencangkan otot di bawah selulit yang membantu menghaluskan penampilan selulit. Cara untuk menghilangkan selulit di bagian paha dengan gerakan olahraga yang berfokus pada otot paha. Squat adalah salah satu gerakan olahraga yang efektif melatih dan membangun kekuatan paha. Berikut ini gerakan squat yang bisa dicoba untuk menghilangkan selulit di paha:

  1. Goblet Squat

Goblet squat dapat melatih kekuatan otot bokong, paha belakang, paha depan, serta paha bagian dalam dan luar. Caranya, pertama-tama berdiri dengan posisi badan yang tegak dan kaki dibuka selebar pinggul. Pegang sesuatu yang berat di depan dada (misalnya dumbbell atau bola yoga), lalu secara perlahan turunkan tubuh kamu serendah mungkin dengan mendorong punggung dan bokong ke arah belakang seperti ingin berjongkok. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set dengan jumlah 20 kali dalam 1 set.

  1. Plié Squat

Plié squat adalah gerakan yang efektif untuk menyamarkan selulit, karena menargetkan pada hampir semua area yang sering terkena, termasuk paha belakang, paha depan, dan paha bagian dalam. Caranya, berdiri tegak dengan kaki sedikit lebih lebar dari lebar pinggul, dengan jari kaki mengarah 45 derajat ke luar. Sambil menjaga punggung tetap lurus dan perut tetap kencang, tekuk lutut secara perlahan dan turunkan tubuh hingga paha sejajar dengan lantai. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik. Kencangkan otot bokong, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan squat ini sebanyak 10-15 kali. Kamu juga bisa meningkatkan intensitas dengan memegang dumbbell saat melakukan plié squat.

  1. Plié Squat dan Side Kick

Selain dengan menggunakan tambahan dumbbell, kamu juga bisa mencoba variasi dari plié squat ini untuk menambah intensitas. Gerakan ini efektif untuk mengencangkan otot bokong, paha depan, dan paha belakang. Caranya sama seperti melakukan plié squat, namun setelah menurunkan tubuh ke posisi jongkok, angkat lah tubuh, pindahkan beban ke kaki kiri, dan tendang kaki kanan ke samping. Lalu, kembalilah ke posisi jongkok. Lakukan gerakan ini sebanyak yang kamu bisa dalam waktu 30 detik, lalu ulangi dengan kaki kiri kamu selama 30 detik.

  1. Squat Jump

Gerakan squat lainnya yang membantu menghilangkan selulit di paha adalah squat jump. Pada dasarnya, gerakan squat jump adalah gerakan squat yang ditambah dengan lompatan untuk meningkatkan intensitas. Pertama-tama, berdiri dengan kaki dibuka selebar pinggul dan kedua tangan diletakkan di belakang kepala dengan siku menghadap keluar. Secara perlahan, tekuk lutut hingga paha sejajar dengan lantai. Setelah itu, angkat tubuh dan melompat setinggi yang kamu bisa. Lalu, mendarat secara perlahan dengan posisi jongkok. Lakukan gerakan ini sebanyak yang kamu bisa.