Kandungan Dan Manfaat Black Plum

Kandungan Dan Manfaat Black Plum

July 6, 2018 0 By Joherbal

Buah Plum memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Buah ini hadir dalam berbagai warna dan bentuk dengan lebih dari 2000 varietas yang berbeda. Plum secara luas dibagi menjadi tiga kelompok: Eropa-Asia (Prunus domestica), Jepang (Prunus salicina) dan Damson (Prunus insititia). Cina adalah penghasil utama buah plum, diikuti oleh Amerika Serikat, Serbia, dan Rumania.

Plum juga dikenal dengan sebutan black plum, biasanya tumbuh dengan pohon besar, selalu hijau, dan tumbuh dari 5 hingga 20 meter dengan diameter batang 60 hingga 90 cm. Daunnya berwarna berlawanan, berbentuk bulat panjang berbentuk elips sepanjang 5 hingga 15 cm dengan lebar 2,5 hingga 8 cm. Pada awalnya buahnya berwarna hijau yang berubah menjadi hijau pucat menjadi putih hingga berwarna keunguan sampai hitam ketika matang.

Banyak sekali manfaat dari buah plum, diantaranya mengatasi gangguan pencernaan, infeksi influenza, dan masalah terkait kecemasan. Kekuatan antioksidan dari buah-buahan ini membantu dalam mengobati osteoporosis, degenerasi makula, kanker, diabetes, dan obesitas. Buah ini juga membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol. Selain itu, buah plum juga meningkatkan imunitas, meningkatkan kesehatan sel, menjaga keseimbangan elektrolit, menjaga sistem saraf tetap sehat, dan membantu dalam perawatan kulit dan pembekuan darah. 

Kandungan Buah Plum

Buah plum mengandung bermacam-macam vitamin , dan mineral yang sehat . Mereka adalah sumber vitamin yang sangat baik seperti vitamin A , vitamin C (asam askorbat), folat, dan vitamin K (phylloquinone). Plum juga merupakan sumber vitamin B1 (tiamin), B2 ( riboflavin ), B3 ( niacin ), B-6, dan vitamin E (alfa-tocopherol). Mineral yang ada di dalamnya termasuk potasium, fluoride, fosfor, magnesium, besi, kalsium, dan seng. Plum juga menyediakan serat makanan dan menawarkan kalori yang sangat rendah tanpa lemak.

Manfaat Black Plum Bagi Kesehatan

  1. Memiliki sifat Antioksidan – Buah ini  mengandung  vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic, dan asam klorogenik. Komponen-komponen ini memiliki sifat antioksidan yang efektif dalam membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal oksigen yang disebut radikal anion superoksida. Fenol yang hadir dalam buah plum juga meningkatkan efek perlindungannya pada lemak esensial di neuron dan membran sel terhadap cedera yang disebabkan oleh stres oksidatif .
  2. Mengatasi Obesitas – Ekstrak plum dapat bermanfaat untuk mengobati obesitas atau kelebihan berat badan dan komplikasi lain yang terkait dengan obesitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah plum dapat membantu dalam memerangi sindrom metabolik , karena adanya senyawa bioaktif. Flavonoid dan komponen fenolik seperti anthocyanin, asam klorogenat, quercetin, dan katekin hadir di dalamnya mengerahkan efek anti-obesitas dan anti-inflamasi pada sel, termasuk sel-sel lemak. Selain itu, buah plum juga membantu dalam mencegah masalah terkait obesitas seperti gangguan kolesterol, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. 
  3. Mengontrol Diabetes – Plum menggunakan efek anti-hiperglikemik yang membantu dalam memerangi diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak plum membantu mengurangi kadar glukosa darah dan trigliserida dalam tubuh. Flavonoid yang ada di buah plum mengerahkan efek protektif terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. 
  4. Mencegah Osteoporosis – Mengkonsumsi buah plum kering dapat memberikan tindakan anabolik dan anti-resorptif, yang membantu menjaga tulang yang sehat. Flavonoid seperti asam caffeic yang hadir di dalamnya dapat membantu dalam menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis pada wanita pascamenopause. Polifenol, bersama dengan kandungan kaliumdapat mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, dan mencegah pengeroposan tulang yang disebabkan oleh kekurangan hormon ovarium. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah prune secara teratur membantu dalam pemulihan kepadatan tulang yang telah hilang karena penuaan.
  5. Membantu Pencernaan – Buah plum adalah sumber serat makanan yang baik, bersama dengan komponen sorbitol dan isatin, yang membantu dalam mengatur sistem pencernaan. Menurut sebuah penelitian, buah plum lebih efektif dalam mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit dibandingkan dengan obat lainnya seperti psyllium, sorbitol dan isatin, karena memiliki efek pencahar dan mendorong sekresi cairan dalam usus dan meningkatkan pembersihan limbah yang lebih efisien melalui usus besar.
  6. Mencegah Gangguan Kognitif –  Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa flavonoid yang ada dalam buah plum efektif dalam memberikan perlindungan terhadap gangguan kognitif yang berkaitan dengan usia. Phytonutrisi bermanfaat hadir dalam buah plum membantu mengurangi peradangan di daerah neurologis untuk meningkatkan fungsi belajar dan memori. Mengkonsumsi buah plum secara teratur juga membantu mencegah gangguan neurodegeneratif yang berkaitan dengan usia seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. 
  7. Menjaga Saraf Tetap Sehat – Buah plum  mengandung  vitamin B6, yang membantu dalam transmisi sinyal saraf dan membantu dalam kelancaran fungsi sistem saraf. Buah plum juga membantu pertumbuhan otak normal dan membantu pembentukan hormon yang mempengaruhi suasana hati. Tryptophan, asam amino yang ada di dalamnya, membantu dalam produksi serotonin neurotransmitter, yang memainkan peran penting dalam meningkatkan tidur yang berkualitas, nafsu makan, dan konsentrasi. 
  8. Melindungi Kesehatan Jantung – Penelitian telah memberikan bukti pendukung mengenai fakta bahwa asupan buah plum secara teratur membantu dalam meningkatkan fluiditas darah di arteri. Efek perlindungan ini membantu mencegah berbagai gangguan jantung, termasuk atherosclerosis, serangan jantung, dan stroke. 
  9. Meningkatkan Imunitas – Buah plum bermanfaat dalam memperkuat pertahanan kekebalan tubuh karena adanya kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan peradangan. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah plum memiliki manfaat imunostimulan yang mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh, menghambat metastasis sel tumor, dan bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit.  
  10. Mengatur Tingkat Kolesterol – Buah plum membantu dalam mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia. Sebuah studi perbandingan telah membuktikan khasiat buah plum di atas buah anggur dalam menjaga kadar kolesterol plasma dan hati yang sehat. Kandungan serat yang ada di dalamnya juga menambah efek perlindungan jantung dengan mengurangi LDL atau kolesterol jahat dan membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.  
  11. Membantu Menurunkan Berat Badan – Penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool menunjukkan bahwa asupan buah plum sebagai bagian dari diet pengontrol berat badan dapat mempercepat penurunan berat badan.
  12. Meningkatkan Kesehatan Seluler – Buah plum mengandung  mineral penting seperti besi dan tembaga, yang membantu dalam pembentukan sel darah merah dan memfasilitasi pemurnian darah dan sirkulasi yang sehat. Kandungan tembaga dalam buah plum bertindak sebagai antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan saraf dan pembentukan kolagen. Mengkonsumsi tembaga juga membantu dalam penyerapan zat besi dan mencegah berbagai penyakit seperti anemia dan osteoartritis. 
  13. Mengurangi Kecemasan – Mengkonsumsi buah plum biasa membantu mengurangi kegelisahan. Penelitian telah memberikan bukti pendukung mengenai efek ansiolitik dan sifat antioksidan dari asam klorogenat yang ada dalam buah plum, yang membantu dalam menyembuhkan perilaku terkait kecemasan dan kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif. 
  14. Mengobati Influenza – Buah plum Jepang sangat efektif dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh virus influenza. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah plum Jepang yang terkonsentrasi mengandung molekul mirip lektin yang membantu dalam menghambat dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus influenza. 
  15. Bermanfaat selama Kehamilan – Buah plum sangat bermanfaat selama kehamilan, karena berlimpahnya kandungan vitamin dan mineral. Komponen bermanfaat ini sangat penting untuk kesehatan mata, perkembangan tulang dan jaringan, dan kesehatan seluler untuk ibu dan bayi yang sedang tumbuh. Kandungan serat di dalamnya dapat membantu mencegah sembelit dan memperbaiki pencernaan. Dimasukkannya buah plum sebagai bagian dari diet seimbang membantu dalam melawan berbagai infeksi dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
  16. Mencegah Kanker – Ekstrak plum telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa komponen epicatechin, hadir dalam buah plum, membantu dalam menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker ganas dan menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoseluler atau kanker hati. Buah ini sangat kaya akan antioksidan dan fitonutrien, termasuk asam klorogenik dan neo-klorogenik yang memiliki efek kuratif pada sel kanker payudara, tanpa merusak sel-sel tubuh yang sehat.  
  17. Mempertahankan Keseimbangan Elektrolit – Plum mengandung  kalium, yang merupakan elektrolit dan diperlukan untuk berfungsinya sel dan jaringan tubuh secara efisien. Mengkonsumsi buah plum yang kaya kalium dapat membantu dalam mengatur kontraksi otot dan keseimbangan asam-basa tubuh. 
  18. Perawatan kulit – Buah plum kaya vitamin C, bersama dengan antioksidan lain, yang membantu menjaga kesehatan, bercahaya, dan membuat kulit tanpak muda. Mengkonsumsi buah plum dapat membantu dalam mengurangi bintik-bintik gelap dan kerutan karena adanya nutrisi anti penuaan . Ekstrak plum juga digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit seperti mencuci muka dan masker wajah.
  19. Mencegah Degenerasi Makula – Buah plum mengandung vitamin A dan beta-karoten, yang bermanfaat dalam menjaga penglihatan yang sehat dan mencegah degenerasi makula terkait usia. Karotenoid, lutein dan zeaxanthin, hadir di dalamnya berada di jaringan makula retina dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV.   
  20. Mencegah Pembekuan Darah – Plum mengandung vitamin K, yang membantu dalam pembekuan normal darah dan meningkatkan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K dalam tubuh dapat menyebabkan kehilangan darah yang berlebihan dan masalah kesehatan lainnya seperti tulang yang lemah. 

Kandungan dan Manfaat Buah Plum bisa Anda dapatkan dalam produk herbal Amazon Berries, yang sudah dikemas sedemikian rupa dengan rasa yang enak, segar dan sangat berkhasiat.