Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Awet Muda

Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Awet Muda

August 19, 2020 0 By Joherbal

Bukan hanya sekadar unsur genetik, ternyata kebiasaan kamu turut memengaruhi cara tubuhmu menua nantinya. Diet, kebiasaan merokok, paparan sinar matahari, dan olahraga, semuanya berperan dalam kesehatan dan kehidupan kamu bagaimana dampaknya pada kulit, hingga terhadap fungsi otak.  Meski penuaan merupakan proses yang terjadi secara alami, ada beberapa kebiasaan yang mungkin kamu lakukan yang justru mempercepat terjadinya hal tersebut. Bahkan, sering kali, kamu tidak menyadari bahwa kebiasaan itu memberikan dampak yang cukup signifikan pada kesehatan tubuh, termasuk penuaan. Ternyata, kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk tetap bisa tampil awet muda. Cukup lakukan hal-hal berikut ini.

  • Istirahat Cukup

Orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh, hingga sembilan jam tidur malam. Kurang tidur dapat menyebabkan munculnya kantung mata dan masalah kesehatan lain yang bisa membuat kamu terlihat lebih tua. Masalah kesehatan yang rentan menyerang tubuh akibat kurang tidur, seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga stres.

  • Tidak Merokok

Kamu pasti tahu bahwa merokok tidak pernah memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebaliknya, aktivitas ini justru akan mempercepat penuaan karena menjadi pemicu timbulnya kerutan dan garis halus di area mulut, membuat kulit menjadi kusam, hingga merusak gigi.

  • Olahraga

Rutin berolahraga sebagai salah satu penerapan pola hidup sehat akan membantu menjaga daya tahan tubuh dan fleksibilitas. Olahraga aerobik sangat baik untuk kesehatan jantung dan apa yang baik untuk jantung sudah pasti baik pula untuk kesehatan otak. Selain itu, berolahraga juga membantu kamu terhindar dari berbagai masalah kesehatan, seperti hipertensi dan obesitas.

  • Menu Makan Sehat

Selain olahraga, kamu pun perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuhmu. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, jangan lupa imbangi dengan konsumsi air putih antara 8 hingga 10 gelas setiap harinya agar terhindar dari dehidrasi. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak, karena bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Nah, jika kamu ingin mulai menjalani diet sehat, sebaiknya kamu bertanya dulu pada ahli gizi, sehingga diet yang kamu jalani sesuai dengan kondisi tubuh dan bisa memberikan hasil yang maksimal.

  • Kelola Stres dengan Baik

 Stres menjadi faktor yang meningkatkan risiko terjadinya banyak masalah kesehatan. Penuaan dini pun dapat pula terjadi karena stres yang tidak bisa teratasi dengan baik. Akibatnya, kamu akan mengalami depresi. Oleh karena itu, cobalah untuk mengontrol stres dengan baik, kamu bisa melakukannya dengan meditasi, yoga, atau melakukan aktivitas yang kamu senangi, seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau berjalan-jalan.

  • Konsumsi Vitamin C

Vitamin C adalah sumber antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas sekaligus mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, lemon, atau apel, maupun sayuran, misalnya kangkung dan paprika.

Penuaan memang proses alami yang terjadi pada tubuh, tetapi hal ini bisa jadi lebih cepat jika kamu tidak mengubah pola hidup dan kebiasaan sehari-hari. Yuk, cegah penuaan dini dengan membiasakan pola hidup sehat setiap hari!