Khasiat Dan Manfaat Buah Anggur

Khasiat Dan Manfaat Buah Anggur

July 3, 2018 0 By Joherbal

Buah anggur adalah salah satu buah paling populer di dunia karena rasa, tekstur, variasi, dan kemudahan untuk mendapatkannya. Buah yang populer dan lezat ini juga dikemas dengan banyak nutrisi penting. Selain buah dari tanaman anggur, bijinya juga bermanfaat untuk kesehatan karena membantu mengurangi pembengkakan dan mencegah penyakit mata yang disebabkan sebagai akibat diabetes . Ekstrak biji anggur juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Tanaman anggur dipercaya berasal dari sekitar Laut Hitam dan Laut Kaspi, kemudian menyebar ke Amerika Utara, Amerika Selatan dan Eropa, selanjutnya ke Asia termasuk Indonesia. Secara umum, buah ini merupakan tanaman yang merambat. Ketinggian tempat yang baik adalah tidak lebih dari 300 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia, tanaman ini telah dibudidayakan secara luas di Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Palu, Malang, Pasuruan, Panarukan, Buleleng dan Kupang.

Menurut Food and Agriculture Organization (FAO), 71% dari total produksi anggur di dunia digunakan untuk pembuatan wine, 27% sebagai buah segar dan 2% sebagai buah kering. Anggur sangat kaya antioksidan dan antimikroba. Kandungan zat gizinya tergolong excellent dan mampu menangkal berbagai penyakit. Manfaat lain, buah ini dapat meningkatkan gairah seks dan membuat tidur lebih lelap. Buah anggur termasuk dalam keluargaVitaceae dan Vitis.

Bentuk buah anggur hampir bulat, dengan kulit buahnya berwarna merah kehitaman, hijau, kuning keemasan atau ungu dan dilapisi tepung. Daging buahnya mempunyai rasa asam manis dan kandungan airnya melimpah. Jenis asam yang dominan adalah asam maleat dan asam sitrat. Rasa manis pada buah anggur berasal dari tingginya kadar glukosa dan fruktosa.

Anggur adalah sumber fitonutrien, terutama fenol, dan polifenol, dan mengandung vitamin penting lainnya seperti vitamin A, C, dan vitamin B6. Buah Anggur juga kaya tiamin , riboflavin , niacin , dan folat, dan mengandung mineral seperti kalium , kalsium , magnesium , fosfor , dan natrium . Anggur memiliki kandungan air yang tinggi yang dapat membantu dalam menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan juga mengandung serat, karbohidrat sehat, antioksidan, dan protein . Flavonoid, seperti myricetin dan quercetin , dalam anggur membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan memperlambat penuaan. Karena kandungan gizi mereka yang tinggi, anggur juga memainkan peran penting dalam memastikan kehidupan yang sehat dan aktif.

Berikut Komponen Gizi anggur pada kadar per 100 gram :

  • Energi (kkal) 69
  • Protein(g) 0,72
  • Lemak total (g) 0,16
  • Karbohidrat (g) 18,1
  • Serat total (g) 0,9
  • Gulatotal (g) 15,48
  • Kalsium (mg) 10
  • Besi (mg) 0,36
  • Magnesium (mg) 7
  • Fosfor (mg) 20
  • Kalium (mg) 191
  • Natrium (mg) 2
  • Seng (mg) 0,07
  • Tembaga (mg) 0,13
  • Mangan (mg) 0,07
  • Selenium (mg) 0,1
  • Vitamin C(mg) 10,8
  • Thiamin (mg) 0,07
  • Riboflavin (mg) 0,07
  • Niacin (mg) 0,19
  • Vitamin B6 (mg) 0,09
  • Folate total (mkg) 2
  • Vitamin A(mg) 66
  • Vitamin E (mg) 0,19
  • Vitamin K (mkg) 14,6

Berikut beberapa khasiat dan manfaat buah anggur bagi kesehatan:

  1. Mengatasi penyakit asma – Anggur memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai obat untuk asma dan meningkatkan kelembaban di paru-paru dan mengurangi terjadinya serangan asma.
  2. Memperkuat tulang – Anggur adalah sumber nutrisi yang luar biasa seperti tembaga, besi, dan mangan, yang semuanya penting dalam pembentukan dan kekuatan tulang. Menambahkan anggur dalam pola makan harian Anda secara teratur dapat mencegah timbulnya kondisi yang berkaitan dengan usia seperti osteoporosis. Mangan adalah unsur yang sangat penting dalam tubuh, yang membantu metabolisme protein, pembentukan kolagen, dan fungsi sistem saraf. 
  3. Mencegah penyakit jantung –  Anggur dapat bekerja dalam meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, yang mencegah terjadinya pembekuan darah. Oleh karena itu, buah anggur merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi kemungkinan dari serangan jantung. Selain itu, antioksidan yang hadir dalam anggur mencegah oksidasi kolesterol “jahat” (LDL), yang menghalangi pembuluh darah dan merupakan penyumbang utama berbagai kondisi koroner. Anggur juga memiliki sejumlah besar flavonoid, yang memberikan warna anggur bersama dengan antioksidan kuat. Dua jenis utama antioksidan dalam anggur adalah resveratrol dan quercetin, dan kedua senyawa ini meniadakan efek radikal bebas yang mengancam tubuh dan merangsang efek berbahaya kolesterol LDL pada arteri. Juga, dua flavonoid antioksidan ini bertindak sebagai kru pembersihan untuk mengurangi penggumpalan trombosit dan menyaring racun keluar dari darah.
  4. Mengatasi penyakit migrain – Anggur adalah obat untuk menyembuhkan migrain. Ada banyak penyebab migrain termasuk ketidakseimbangan kimia, kurang tidur, perubahan cuaca, atau defisiensi diet.
  5. Mengatasi sembelit – Anggur sangat efektif dalam mengatasi dan mengobati sembelit. Anggur diklasifikasikan sebagai makanan pencahar karena mengandung asam organik, gula, dan selulosa. Anggur juga dapat meredakan sembelit kronis dengan mengencangkan otot usus dan perut. Anggur tinggi serat tidak larut, yang berarti bahwa mereka tetap utuh saat mereka bergerak melalui saluran pencernaan. Serat membangun sebagian besar, yang mempromosikan pembentukan dan ekskresi tinja yang sehat. Namun, jika Anda menderita diare, anggur tidak boleh dimakan sebagai cara untuk mengatur sistem pencernaan Anda. 
  6. Meringankan gangguan pencernaan – Anggur memainkan peran penting dalam dispepsia. Anggur dapat meredakan panas dan menyembuhkan gangguan pencernaan dan iritasi di perut.
  7. Mengatasi anemia – Anemia adalah masalah nyata bagi banyak orang, dan memakan anggur dapat membantu menjaga kadar besi dan mineral Anda tetap seimbang di dalam tubuh. Kurangnya zat besi dapat membuat Anda lamban dan mempengaruhi efisiensi pikiran Anda karena zat besi adalah mineral penting yang memengaruhi sejumlah fungsi tubuh. Minum jus anggur juga dapat memberikan dorongan energi yang hampir instan. 
  8. Mengontrol penyakit diabetes – Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ekstrak kulit anggur (GSE) dapat memberikan aktivitas penghambat baru pada hiperglikemia dan dapat membantu dalam manajemen diabetes. 
  9. Perawatan gigi – Menurut penelitian terbaru, anggur merah dan ekstrak biji anggur merah berpotensi dapat membantu mencegah gigi berlubang.
  10. Mengobati gangguan ginjal – Anggur memiliki kandungan air yang tinggi, secara substansial dapat mengurangi keasaman yang disebabkan oleh asam urat dengan mendorong buang air kecil. Anggur juga membantu menghilangkan asam urat dari sistem, sehingga mengurangi tekanan pada ginjal. Anggur memiliki efek pembersihan yang sangat baik pada tubuh, dan antioksidan yang ada di dalamnya bermanfaat bagi semua sistem tubuh dengan cara periferal. 
  11. Menyeimbangkan tingkat kolesterol – Anggur mengandung senyawa yang disebut pterostilbene, yang memiliki kapasitas untuk menurunkan kadar kolesterol. Pterostilbene berhubungan erat dengan resveratrol, antioksidan yang bermanfaat, dan pewarna flavonoid yang juga ditemukan dalam anggur. Penelitian awal menunjukkan bahwa anggur memiliki kuallitas anti kanker dan juga memiliki dampak besar pada tingkat kolesterol. Mereka juga dianggap memiliki kekuatan preventif atas penurunan kognitif. Selanjutnya, saponin yang ada di kulit buah anggur dapat mencegah penyerapan kolesterol dengan mengikatnya. 
  12. Aktivitas antibakteri – Anggur memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang kuat, yang dapat melindungi Anda dari infeksi. Anggur memainkan sifat antivirus yang kuat terhadap virus polio dan virus herpes simpleks. Penelitian juga menunjukkan bahwa anggur dapat mengatasi infeksi bakteri di usus dan sistem lainnya.  
  13. Mencegah kanker payudara – Dalam penelitian baru-baru ini, telah ditemukan bahwa anggur dapat membantu dalam mencegah kanker payudara. Penurunan signifikan dalam massa tumor pada percobaan tikus terlihat setelah mereka diberi makan jus anggur dalam pengaturan eksperimental. Antioksidan dalam buah anggur bermanfaat dalam pencegahan semua jenis kanker tetapi merupakan langkah pencegahan yang sangat efektif terhadap kanker payudara. Bahan kimia tertentu dalam anggur bersaing untuk mengikat dan menghambat aromatase dari perubahan androgen menjadi estrogen, yang dianggap menjadi faktor yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan kanker payudara pada wanita. 
  14. Mengurangi risiko penyakit alzheimer – Resveratrol, polifenol yang menguntungkan bagi kesehatan hadir dalam anggur, mengurangi tingkat peptida amyloidal-beta pada pasien dengan penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menunda timbulnya penyakit saraf degeneratif. Sebuah penelitian mengklaim bahwa jus anggur bahkan dapat meningkatkan fungsi otak orang tua yang telah menunjukkan gangguan kognitif ringan. Penelitian lebih lanjut saat ini sedang dilakukan untuk menentukan interaksi yang tepat antara komponen anggur dan sistem saraf.
  15. Mencegah degenerasi makula – Anggur dapat mencegah kehilangan penglihatan dan degenerasi makula yang berkaitan dengan usia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan kaya anggur mendukung kesehatan mata dan dapat  mencegah penyakit retina yang mengancam penglihatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi tiga porsi buah anggur sehari dapat mengurangi risiko degenerasi makula lebih dari 36%. Anggur dapat berkontribusi terhadap penglihatan dari waktu ke waktu, dan seperti semua sistem organ, kesehatan dan kepekaan terhadap penyakit atau kerusakan dikurangi oleh antioksidan yang terkandung dalam setiap anggur.
  16. Meningkatkan imunitas – Anggur tidak hanya dikemas dengan flavonoid dan mineral tetapi juga vitamin. Tingkat tinggi vitamin C, vitamin K, dan vitamin A dalam buah anggur memberikan dorongan yang sehat untuk banyak sistem organ tubuh Anda, terutama sistem kekebalan tubuh Anda. Ini berarti lebih sedikit kesempatan untuk mendpatkan flu, serta masalah kesehatan yang lebih serius.
  17. Mengurangi katarak – Flavonoid yang ada dalam anggur memiliki antioksidan, yang dapat mengurangi dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan hal-hal seperti perkembangan katarak, serta penyakit kardiovaskular, kanker, dan berbagai masalah yang berkaitan dengan usia. Ini agak terkait dengan degenerasi makula, karena biasanya terjadi sekitar waktu yang sama dalam kehidupan. Untungnya, antioksidan juga memiliki sifat anti-penuaan tertentu, yang tidak hanya membantu Anda terlihat lebih muda tetapi juga merasa lebih muda dengan mengatasi kondisi yang berkaitan dengan usia seperti katarak.
  18. Mencegah kanker – Buah anggur telah ditemukan memiliki sifat anti-kanker yang kuat karena efek anti-inflamasi resveratrol. Hal ini sangat efektif dalam mengurangi kemungkinan kanker kolorektal dan payudara. Anthocyanin dan proanthocyanidins dalam buah anggur memiliki sifat anti-proliferasi dan dapat menghambat pertumbuhan agen penyebab kanker. Anggur tidak hanya mencegah risiko kanker tetapi juga menekan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Pigmen yang terkandung dalam anggur meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan terhadap berbagai macam penyakit. 

Untuk mengkonsumsi Anggur secara aman dan terjamin keasliannya, sekarang ini telah tersedia produk herbal Amazon Berries, yang sudah dikemas sedemikian rupa dengan rasa yang enak, segar dan sangat berkhasiat.