Khasiat Dan Manfaat Buah Manggis

Khasiat Dan Manfaat Buah Manggis

July 3, 2018 0 By Joherbal

Manggis mendapat popularitasnya setelah para ilmuwan menemukan sifat anti-kankernya. Buah ini mengandung manfaat kesehatan lain seperti mencegah tuberkulosis, mempertahankan tekanan darah normal, memperbaiki sel, menjaga kesehatan mulut, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah jerawat dan membantu menurunkan berat badan pada orang dengan obesitas. Manggis adalah sumber vitamin C, yang meredakan peradangan dan membunuh bakteri infeksi.

Manggis adalah tumbuhan asli Indonesia yang berasal dari pulau Jawa. Manggis adalah buah tropis yang juga dapat ditemukan di India Barat Daya, Puerto Riko, dan Asia Tenggara. Karena kualitas kesehatannya yang mengesankan, buah ini disebut “ratu buah tropis”. Nama botani nya adalah Garcinia mangostana. Manggis memiliki kulit berwarna ungu gelap dan di dalamnya Anda akan menemukan daging putih, yang tersusun seperti jeruk. Buah yang lezat ini memiliki kadar kolesterol rendah, yang membuatnya ideal untuk kesehatan kardiovaskular. Di dalam manggis terkandung berbagai mineral dan vitamin yang Anda butuhkan setiap hari. Manfaat terbesar buah manggis bagi kesehatan bukan terletak pada daging buahnya melainkan pada kulit buahnya.

Di dalam kulit buah manggis (pericarp) terdapat komponen yang bersifat antioksidan tingkat tinggi, yaitu Xanthone. Nilainya mecapai 17.000-20.000 ORAC per 100 ons (sekitar 2.835 gram kulit), lebih besar dari wortel dan jeruk yang kadar ORAC-nya hanya 300 dan 2.400. Xanthone memiliki gugus hidroksi (OH) yang efektif mengikat radikal bebas di dalam tubuh serta membantu mengobati dan mencegah penyakit degeneratif. Di alam, senyawa xanthone hanya ditemukan pada keluarga clusiceae dan gentianaceae. Dari sekitar 200 jenis xanthone yang diisolasi dari alam, sebanyak 40 jenis ditemukan pada manggis dan paling banyak terdapat pada bagian kulitnya.

Manggis adalah satu-satunya buah yang tidak pernah busuk walaupun didiamkan berada di atas tanah selama apa pun. Malahan manggis akan mengering dan menjadi kayu, dikarenakan antioksidan dan anti bakteri yang luar biasa.

Berikut Nilai Gizi Yang Terkandung Dalam Manggis

  • Sodium 7 mg
  • Kolesterol 0 mg
  • Kalium 48 mg
  • Serat diet 8 g
  • Total Karbohidrat 18 g
  • Kalsium 1%
  • Protein 4 g
  • Besi 1%
  • Vitamin A 2%
  • Vitamin B-6 1%
  • Vitamin B-12 3%
  • Vitamin C 4%
  • Vitamin D 2%
  • Magnesium 3%

Khasiat Dan Manfaat Buah Manggis

  1. Menyembuhkan dan mencegah kanker –Manggis mengandung zat polifenol yang disebut xanthone. Xanthone ini memiliki dua tipe; alpha dan gamma. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa komponen-komponen ini dapat mengobati sejumlah masalah kesehatan. Penelitian ini bahkan menunjukkan bahwa kualitas manggis dapat menghentikan pertumbuhan tumor dan dapat melawan sel kanker.
  2. Mencegah penyakit yang mematikan – Buah ini sangat berkhasiat dalam mengatasi berbagai penyakit yang dianggap berbahaya seperti diabetes, kanker, arthritis, alzheimer, penyakit jantung dan lainnya. Buah manggis memiliki kandungan zat xanthone yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit yang mematikan seperti di atas.
  3. Mengurangi berat badan yang berlebih – Karena rendah kalori dan tinggi akkan serat, manggis sangat ideal untuk orang dengan kelebihan berat badan karena 100 gram buah manggis hanya mengandung 63 kalori. Karena itu, jangan ragu untuk menambahkan buah ini pada makanan harian Anda. Selain itu, serat makanan yang ditemukan dalam buah ini tidak lebih dari komponen ajaib karena dapat mencegah Anda dari masalah perut lainnya dan membuat Anda kenyang selama berjam-jam. Perlu disebutkan bahwa manggis tidak memiliki lemak jenuh.
  4. Menghilangkan rasa sakit – Buah manggis juga sangat berkhasiat dalam mengurangi atau menghilangkan rasa sakit. Seorang dokter di Amerika Serikat mengaku mengganti obat-obatan penghilang rasa sakit yang diderita di lehernya dengan mengonsumsi buah manggis secara rutin.
  5. Mencegah dan mengobati penyakit jantung – Jantung dan Arteriosklerosis terjadi karena pembuluh darah di sekitar jantung kehilangan elastisitasnya. Buah manggis bisa mengebalikan elastisitas pembuluh darah melalui antimikorbial dan antioksidan yang terkandung di dalam buah tersebut. Setelah pembuluh di sekitar jantung sehat dan kuat, maka risiko terhadap serangan penyakit jantung akan berkurang.
  6. Melawan radikal bebas – Buah manggis mengandung catechins yang terbukti lebih efektif dan lebih berguna dibandingkan vitamin C atau vitamin E dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Dokter Frederc Templeman yang menulis buku “A Doctor Challenge, A Mangosteen Solution” menyarankan bahwa mengonsumsi manggis setiap hari sebagai makanan suplemen, akan mendapatkan zat antioksidan lebih banyak dibandingkan suplemen manapun yang ditawarkan dalam obat-obatan.
  7. Mengurangi tekanan darah tinggi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah dan kondisi ini beresiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Buah manggis bisa mengatasi hal tersebut, terutama untuk menormalkan berat badan.
  8. Mempertahankan tekanan darah – Mempertahankan tekanan darah sangat penting untuk menghindari masalah kesehatan lebih lanjut. Berkat mineral seperti mangan, tembaga , dan potasium yang ditemukan dalam buah manggis. Kandungan tersebut dikenal untuk menyeimbangkan tingkat tekanan darah melawan faktor-faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Jelas bahwa kalium adalah sumber yang bagus untuk mengurangi masalah kesehatan yang berhubungan dengan tekanan darah seperti hipertensi, penyakit kardiovaskular, dan bahkan gejala yang terkait dengan stroke.
  9. Memelihara pencernaan – Semakin bertambahnya usia manusia, maka secara alamiah semakin berkurang zat asam di dalam perut. Kondisi ini meningkatkan bakteri di dalam perut sehingga menimbulkan penyakit diare, kemampuan usus menyerap makanan semakin berkurang dan kelebihan gas. Gejala-gejala seperti ini bisa diatasi oleh zat xanthone yang terdapat pada buah manggis.
  10. Menjaga saluran urin – Secara alamiah dengan bertambahnya usia, kemampuan otot-otot pinggul pada wanita akan menurun. Kondisi ini berpengaruh pada saluran urin. Demikian juga dengan pria yang akan mengalami pembesaran prostat seiring dengan bertambahanya usia. Hal ini sering menimbulkan infeksi karena bakteri-bakteri yang tidak berguna tidak bisa dikeluarkan secara menyeluruh melalui saluran pembuangan urine. Zat xanthone yang ada pada buah manggis dapat berfungsi sebagai antibakteri.
  11. Mengatasi gangguan pernapasan – Salah satu keajaiban zat pembunuh bakteri xanthone yang terdapat pada manggis adalah mengatasi gangguan pernafasan.
  12. Menyembuhkan penyakit asma – Asma tergolong penyakit yang mematikan akibat kerusakan sistem pernapasan. Buah manggis menjadi obat alternatif yang ideal untuk menyembuhkannya, karena memiliki kemampuan melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang mengurangi alergi.
  13. Mengobati dan mencegah diabetes – Karena diabetes telah menjadi penyakit yang umum, sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan dan menghindari penyakit yang menakutkan ini sebanyak yang Anda bisa. Terlepas dari aktivitas fisik, Anda bisa mencegah dan mengobati diabetes dengan memasukkan buah-buahan sehat ke dalam pola makan harian Anda. Manggis adalah salah satunya. Nutrisi yang ditemukan dalam buah ini tidak hanya bermanfaat bagi penderita diabetes, tetapi diperlukan untuk mencegah Anda mengembangkan gejala yang terkait dengan diabetes. Selain itu, komponen-komponen ini berfungsi untuk mengontrol dan mengatur kadar gula dalam aliran darah.
  14. Memelihara kemampuan mental – Gangguan atau kerusakan otak yang sekarang banyak terjadi diantaranya demensia, alzheimer, parkinson, stroke dan lain-lain yang merusak sistem saraf pusat. Untuk mencegah hal ini, disarankan mengonsumsi buah manggis yang banyak mengandung zat antioksidan. Zat ini juga mencegah mental degeneration (penurunan kemampuan mental).
  15. Meningkatkan energi – Buah manggis telah terbukti berkhasiat dalam memulihkan stamina. Beberapa orang yang memakan buah manggis secara teratur mengaku mendapatkan energi tambahan saat melakukan aktivitas yang berlebih.
  16. Menurunkan kolesterol – Kolesterol “jahat” atau LDL (low density lippoprotein) yang berlebihan akan menempel di dinding arteri dan menyempitkan pembuluh darah. Kondisi ini bisa dikurangi dengan zat xanthone yang terdapat pada buah manggis.
  17. Mengatasi batu ginjal – Penyakit batu ginjal biasanya lebih umum dialami oleh pria. Untuk mencegah penyakit batu ginjal disarankan mengonsumsi 3 ons atau lebih buah manggis setiap harinya. Mengonsumsi manggis akan membuat kita lebih sering buang air kecil sehingga dapat mencegah munculnya batu ginjal.
  18. Mencegah gangguan penglihatan – Katarak dan glukoma adalah gangguan penglihatan akibat radiasi yang menghilangkan protein pada lensa mata. Gangguan ini bisa diatasi dengan menghindari sinar matahari langsung dan mengkonsumsi buah manggis.
  19. Mengatasi penyakit gusi – Penyakit gusi biasanya kurang menyakitkan dan sering luput dari perhatian. Anda dapat menjaga kesehatan mulut Anda dengan manggis berkat nutrisi yang ditemukan di dalamnya. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, manggis memiliki potensi untuk mengobati periodontitis, yang merupakan bentuk penyakit gusi. Dokter gigi sering merekomendasikan gel mulut yang mengandung manggis untuk berbagai masalah gusi. Karena itu, mengkonsumsi buah ini sehat untuk gusi Anda
  20. Mencegah Tuberkulosis – Tuberkulosis jelas merupakan penyakit yang mengkhawatirkan dan itu terjadi ketika bakteri yang disebut mycobacterium tuberculosis menyerang paru-paru Anda. Anda dapat mencegahnya dengan memasukkan manggis ke dalam pola makan Anda. Karena mengandung sifat antibakteri dan antijamur, buah ini adalah sumber yang aman untuk melindungi tubuh Anda dari bakteri yang mengancam jiwa.
  21. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh – Infeksi virus, bakteri, dan kuman dapat menyebabkan masalah kesehatan yang menakutkan. Inilah sebabnya mengapa sistem kekebalan tubuh dirancang untuk menjaga tubuh dari virus dan zat asing. Dan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat, Anda diharuskan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan dan komponen antibakteri. Manggis adalah apa yang Anda cari untuk hidup Anda karena sarat dengan sifat-sifat ini; Anda bisa mengkonsumsinya sebanyak yang Anda mau.
  22. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular – Terlepas dari semua nutrisi, vitamin B kompleks dan vitamin B1 dapat menjaga kesehatan kardiovaskular Anda. Anda dapat menemukan keduanya dalam buah ajaib ini. Vitamin ini penting karena menjaga sistem saraf dan kardiovaskular Anda tetap aktif. Bersama-sama, vitamin ini menghasilkan neurotransmitter yang disebut asetilkolin.
  23. Mencegah jerawat – Manggis juga bisa berfungsi sebagai agen kecantikan. Mineral dan vitamin seperti vitamin C menjaga kulit Anda halus dan bebas jerawat. Mengkonsumsi buah yang cukup banyak dari buah ini dapat membantu memelihara kulit Anda. Jika kulit Anda mudah berjerawat, segera masukkan manggis ke dalam makanan Anda untuk kulit yang cerah dan bersih. Selain itu, dermatologists telah menyetujui bahwa wanita dengan kulit berminyak dapat mengkonsumsi buah yang sehat ini juga.
  24. Meningkatkan sel darah merah – Manggis adalah sumber yang aman untuk meningkatkan sel darah merah. Komponen dalam buah ini diketahui meningkatkan produksi sel darah merah. Mengkonsumsi buah manggis dapat mencegah Anda dari anemia, yang merupakan masalah kesehatan yang menakutkan. Jika anemia tidak diobati tepat waktu, itu dapat mempengaruhi tubuh Anda secara negatif. Oleh karena itu, manggis dianjurkan dalam hal ini. Setelah mengobati defisiensi darah, buah ini juga diketahui dapat meningkatkan aliran darah ke tubuh Anda, yang menghambat stroke dan mempertahankan kadar kolesterol yang sehat.

Untuk mengkonsumsi kulit dan buah manggis secara aman dan terjamin kebersihannya, sekarang ini telah tersedia produk herbal Amazon Berries, Amazon Plus dan B-Coffee yang sudah dikemas sedemikian rupa dengan rasa yang enak, segar dan sangat berkhasiat.