Khasiat Dan Manfaat Ginseng

Khasiat Dan Manfaat Ginseng

August 21, 2018 0 By Joherbal

Ginseng sejak dahulu sudah dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Meskipun Korea dijuluki sebagai Negeri ginseng, namun faktanya Cina adalah Negara pertama yang memanfaatkan ginseng sebagai obat herbal. Hal ini diketahui setelah ditemukannya sebuah catatan tertulis yang berasal dari 100 Masehi. Saat ini Korea Selatan, Cina, Kanada, dan Amerika Serikat adalah penghasil ginseng terbesar didunia yang telah memasarkannya ke lebih dari 35 negara, dimana setengahnya berasal dari Korea Selatan dan Cina sebagai konsumen terbesarnya.

Ginseng merupakan tanaman yang tumbuh sepanjang tahun. Ginseng masuk kedalam keluarga Panax, yang berasal dari bahasa Yunani Panakos atau Panacea dalam bahasa Inggris, yang berarti obat segala penyakit. Ginseng telah digunakan di Asia dan Amerika Utara selama berabad-abad. 5 jenis ginseng yang paling popular diantaranya Ginseng Asia, Ginseng Amerika. Ginseng Siberia, Ginseng India dan Ginseng Brasil.

Ginseng Asia (Panax Ginseng) ditemukan terutama di belahan bumi bagian utara dan di daratan China, Tibet, Mongolia dan Korea. Di Korea dan Mancuria secara tradisional dianggap sebagai tanaman yang sangat berharga. Orang China bahkan berani membayar sampai 2 milyar rupiah untuk mendapatkan khasiat peningkatan vitalitas dari akar ginseng bermutu tinggi.

Ginseng Amerika  (Panax quinquefolius ), tumbuh di seluruh wilayah utara Amerika Utara, termasuk New York, Pennsylvania, Wisconsin dan Ontario dan Kanada. Ginseng Amerika dan Asia memiliki kesamaan cara tumbuh dan penampilan, yang membedakan hanya varietas Asia lebih besar. Ginseng Asia dan Amerika memiliki senyawa yang unik yang disebut ginsenosides.

Ginsenosides juga disebut panaxosides, yang merupakan bahan yang paling aktif dengan sifat penyembuhan di akar ginseng. Senyawa ini adalah saponin alami yang paling dicari di alam yang dapat menembus sel untuk meningkatkan ketahanan terhadap stres dan meningkatkan keseimbangan sel

Banyak yang menggunakan ginseng untuk meningkatkan daya pikir, konsentrasi, memori, dan ketahanan fisik. Ginseng juga digunakan untuk membantu mengatasi depresi, kecemasan dan sebagai perawatan alami kelelahan. Ginseng diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi dan yang tidak kalah penting adalah membantu pria dengan disfungsi ereksi.

Cara kerja ginseng sebenarnya cukup menarik. Setelah tertelan, ginseng bersentuhan dengan asam lambung, mikroflora, dan enzim lainnya, yang mana bagian ginseng yang penting diubah secara kimia. Setelah penyerapan ke dalam aliran darah, maka akan tersebar di seluruh tubuh – sehingga memberikan manfaat bagi kesehatan.

Khasiat dan Manfaat Ginseng

1. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Sebuah penelitian terkontrol yang dilakukan oleh Brain Performance and Nutrition Research Centre di Inggris melibatkan 30 relawan yang diberi tiga kali perawatan ginseng dan plasebo. Penelitian dilakukan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan ginseng untuk meningkatkan suasana hati dan fungsi mental. Hasilnya para peneliti menemukan bahwa 200 miligram ginseng selama delapan hari dapat memperlambat penurunan mood, tetapi juga memperlambat respon peserta terhadap aritmatika mental. Dosis 400 miligram meningkatkan ketenangan dan meningkatkan aritmatika mental selama pengobatan delapan hari.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Division of Pharmacology at the Central Drug Research Institute menguji efek Panax ginseng pada tikus dengan stres kronis dan menemukan bahwa ginseng memiliki sifat anti-stres yang signifikan dan dapat digunakan untuk mengobati gangguan yang disebabkan stres. Dosis 100 miligram Panax ginseng dapat mengurangi indeks ulkus, berat kelenjar adrenal dan kadar glukosa plasma – membuatnya menjadi pilihan obat yang kuat untuk stres kronis dan obat alami ulkus, dan juga menjadi cara terbaik untuk mengatasi kelelahan adrenal.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Ginseng dapat menstimulasi sel-sel otak, meningkatkan konsentrasi dan aktivitas kognitif. Bukti menunjukkan bahwa menggunakan akar ginseng Panax setiap hari selama 12 minggu dapat meningkatkan kinerja mental pada orang dengan penyakit Alzheimer. Satu penelitian yang dilakukan oleh Department of Neurology at the Clinical Research Institute di Korea Selatan menyelidiki keefektifan ginseng pada kinerja kognitif pasien dengan penyakit Alzheimer. Setelah melakukan perawatan dengan ginseng, para peserta menunjukkan kesembuhan, dan tren terus meningkat ini berlanjut selama tiga bulan. Setelah menghentikan perawatan dengan ginseng, tingkat kesembuhan kembali menurun ke tingkat awal. Hal tersebut menunjukkan bahwa ginseng bekerja sebagai pengobatan alami Alzheimer.

3. Memiliki Sifat Anti-Peradangan

Sebuah penelitian yang dilakukan di Korea mengukur efek menguntungkan dari ginseng merah Korea pada anak-anak setelah kemoterapi atau transplantasi sel punca pada kanker stadium lanjut. Penelitian ini melibatkan 19 pasien yang menerima 60 miligram ginseng merah Korea setiap hari selama satu tahun. Sampel darah dikumpulkan setiap enam bulan, dan sebagai hasil dari pengobatan, sitokin, atau protein kecil yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal ke otak dan mengatur pertumbuhan sel, menurun dengan cepat. Penelitian ini menunjukkan bahwa ginseng merah Korea memiliki efek stabilisasi dari sitokin peradangan pada anak-anak dengan kanker setelah kemoterapi.

Sebuah penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine yang  dilakukan pada tikus juga mengukur dampak ginseng merah Korea terhadap sitokin peradangan;  Mereka memberikan tikus 100 miligram ekstrak ginseng merah Korea selama tujuh hari, ginseng terbukti secara signifikan mengurangi tingkat peradangan.

Penelitian lainnya dengan menggunakan hewan, mengukur manfaat anti-peradangan ginseng. Ginseng merah Korea diuji untuk sifat  anti-alergi pada 40 tikus dengan rinitis alergik , penyakit radang saluran napas bagian atas yang umum terlihat pada anak-anak dan orang dewasa; Gejala yang paling sering terjadi termasuk kongesti, gatal hidung dan bersin. Pada akhir penelitian, ginseng merah Korea mengurangi reaksi peradangan alergi hidung pada tikus.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat ginseng yang mengejutkan lainnya adalah kemampuannya untuk bekerja sebagai penekan nafsu makan secara alami. Ginseng juga dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh membakar lemak dengan lebih cepat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tang Center for Herbal Medicine Research di Chicago mengukur efek anti-diabetes dan anti-obesitas dari ginseng pada tikus dewasa; Tikus-tikus itu disuntik dengan 150 miligram ekstrak ginseng per kilogram berat badan selama 12 hari. Pada hari ke lima, tikus yang disuntik ekstrak ginseng memiliki kadar glukosa darah puasa yang lebih rendah secara signifikan. Setelah hari ke 12, toleransi glukosa pada tikus meningkat dan kadar glukosa darah secara keseluruhan menurun hingga 53 persen. Tikus tersebut juga menunjukkan penurunan berat badan.

Penelitian serupa yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan bahwa Panax ginseng memainkan peran penting dalam efek anti-obesitas pada tikus, yang menunjukkan peningkatkan manajemen obesitas dan sindrom metabolik terkait dengan ginseng.

5. Mengatasi Disfungsi Seksual

Mengkonsumsi ginseng dapat membantu meningkatkan gairah seksual dan mengobati disfungsi ereksi pada pria. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 oleh Department of Physiology at Southern Illinois University’s School of Medicine yangmenunjukkan bahwa komponen ginsenosida ginseng membantu ereksi penis dengan secara langsung menginduksi vasodilatasi dan relaksasi jaringan ereksi. Pelepasan oksida nitrat dari sel-sel endotel dan saraf perivaskular yang secara langsung mempengaruhi jaringan ereksi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa ginseng mempengaruhi sistem saraf pusat dan secara signifikan mengubah aktivitas di otak yang memfasilitasi perilaku dan sekresi hormon.

6. Meningkatkan Fungsi Paru-Paru

Pengobatan dengan menggunakan ginseng secara signifikan telah mengurangi bakteri paru-paru, dan penelitian yang melibatkan tikus telah menunjukkan bahwa ginseng dapat menghentikan pertumbuhan cystic fibrosis, infeksi paru-paru yang umum. Dalam satu penelitian yang dilakukan pada tahun 1997, tikus diberi suntikan ginseng, dan setelah dua minggu, kelompok yang dirawat menunjukkan pembersihan bakteri yang meningkat secara signifikan dari paru-paru.

Penelitian tersebut juga menunjukkan manfaat ginseng lainnya adalah kemampuannya untuk mengobati penyakit paru-paru yang disebut penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), yang ditandai dengan aliran udara yang buruk dalam waktu yang lama yang biasanya memburuk dari waktu ke waktu. Menurut penelitian tersebut, Panax ginseng dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan mengatasi beberapa gejala COPD.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng Amerika dapat menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2, yang bekerja sebagai obat alami diabetes. Menurut University of Maryland Medical Center, satu studi menemukan bahwa orang-orang dengan diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi ginseng Amerika sebelum atau bersama-sama dengan minuman gula tinggi menunjukkan kurang dari peningkatan kadar glukosa darah.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Human Cognitive Neuroscience Unit di Inggris menemukan bahwa Panax ginseng menyebabkan penurunan kadar glukosa darah satu jam setelah mengkonsumsi glukosa, yang menegaskan bahwa ginseng memiliki sifat glucoregulatory.

Salah satu penyebab utama dengan diabetes tipe 2 adalah bahwa tubuh tidak cukup responsif terhadap insulin. Satu penelitian menemukan bahwa ginseng merah Korea meningkatkan sensitivitas insulin, yang lebih lanjut menjelaskan kemampuan ginseng untuk membantu menurunkan kadar gula darah dan membantu mereka yang berjuang dengan diabetes tipe 2.

8. Mencegah Kanker

Penlitian telah menunjukkan bahwa ginseng memiliki sifat antikanker yang kuat karena kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan tumor. Para peneliti menyimpulkan bahwa ada peningkatan dalam kekebalan sel yang melibatkan sel T dan sel NK (sel pembunuh alami), bersama dengan mekanisme lain seperti stres oksidatif, apoptosis dan angiogenesis, yang memberi ginseng sifat antikankernya.

Ulasan ilmiah menyatakan bahwa ginseng meredakan kanker melalui mekanisme anti-peradangan, antioksidan dan apoptosis untuk mempengaruhi gen dan menghentikan pertumbuhan tumor. Ini menunjukkan ginseng dapat berfungsi sebagai pengobatan kanker alami. Senyawa ginsenosides telah terbukti memiliki efek terhadap proses molekuler yang menyimpang yang menyebabkan penyakit mematikan. Bahkan praktisi medis merekomendasikan teh ginseng sebagai tindakan pencegahan kanker.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat ginseng lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Akar, batang dan daun ginseng telah digunakan untuk menjaga homeostasis kekebalan dan meningkatkan ketahanan terhadap penyakit atau infeksi.

Beberapa studi klinis menunjukkan bahwa ginseng Amerika meningkatkan kinerja sel yang berperan dalam kekebalan. Ginseng mengatur setiap jenis sel kekebalan, termasuk makrofag, sel pembunuh alami, sel dendritik, sel T dan sel B. Ekstrak ginseng menghasilkan senyawa antimikroba yang bekerja sebagai mekanisme pertahanan terhadap infeksi bakteri dan virus. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa poliasetilen ginseng efektif melawan infeksi bakteri.

Penelitian yang melibatkan tikus menunjukkan bahwa ginseng menurunkan jumlah bakteri yang ada di dalam limpa, ginjal dan darah. Ekstrak ginseng juga melindungi tikus dari kematian sepsis karena peradangan. Laporan menunjukkan bahwa ginseng juga memiliki efek penghambatan pada pertumbuhan banyak virus, termasuk influenza, HIV, dan rotavirus.

10. Meredakan Gejala Menopause

Gejala seperti berkeringat di malam hari, perubahan suasana hati, kecemasan, gejala depresi, kekeringan vagina, dorongan seksual menurun, kenaikan berat badan, insomnia dan rambut rontok cenderung menyertai menopause. Beberapa bukti menunjukkan bahwa ginseng dapat membantu mengurangi keparahan dan kemunculannya.

11. Meredakan Gejala Menstruasi

Ginseng juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan selama siklus menstruasi, ini karena ginseng memiliki efek yang menyegarkan dan menyejukkan. Ginseng mengandung mikronutrien yang mendukung aktivitas estrogen, mengurangi stres pada otot vagina, sehingga membantu mengurangi kram menstruasi.

12. Sebagi Anti-Aging

Ginseng telah terbukti dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Ginseng merupakan sumber antioksidan yang dapat menghentikan pembentukan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan. Radikal bebas bertanggung jawab atas tanda-tanda awal penuaan seperti kerutan, garis-garis halus, dan bintik-bintik.

13. Mengurangi Nyeri Kronis

Salah satu manfaat kesehatan ginseng adalah membantu mengurangi efek yang dihasilkan dari sakit kronis. Penelitian telah mengungkapkan bahwa ginseng memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga sangat direkomendasikan penggunaannya untuk menyembuhkan kondisi yang berkaitan dengan peradangan seperti arthritis dan nyeri kronis lainnya.

14. Membantu Merawat Kulit

Salah satu manfaat ginseng adalah membantu merawat kulit dengan sangat baik. Ginseng sangat sempurna untuk menyempurnakan dan merehidrasi kulit Anda. Ginseng juga bekerja untuk meregenerasi sel-sel kulit dengan meningkatkan oksigenasi, yang tidak saja berfungsi sebagai pembersih kulit sekaligus menyegarkan kulit Anda.

15. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Beberapa penelitian menyatakan bagaimana ginseng dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Ekstrak ginseng juga telah ditemukan untuk memperkuat folikel rambut dan membantu mencegah kerontokan rambut. Hal ini sekaligus meningkatkan kesehatan kulit kepala dan melindungi rambut dari kerusakan.

16. Meningkatkan Tingkat Energi

Ginseng telah lama dikaitkan dengan peningkatan tingkat energi dan mengurangi kelelahan. Ginseng dapat membantu merangsang aktivitas mental dan fisik pada individu yang lelah. Satu penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat membantu pasien kanker dengan kelelahan.

Khasiat dan manfaat ginseng bisa kita dapatkan pada produk B-Coffee. B-Coffeeberbeda dengan kopi pada umumnya. B-Coffe merupakan perpaduan kopi putih dengan herbal istimewa seperti, ginseng, butea, tribullus, xanthone serta ditambahkan susu tanpa lemak dan madu.