Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Anemia

Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Anemia

July 30, 2020 0 By Joherbal

Anemia yang disebabkan kekurangan zat besi, atau dikenal dengan anemia defisiensi besi, merupakan hal yang umum ditemui baik pada anak-anak maupun dewasa. Beberapa tanda Anda mengalami anemia seperti tubuh menjadi lelah, kulit terlihat pucat (cenderung kekuningan), dan sulit berkonsentrasi. Jika seseorang menderita anemia defisiensi besi, maka dianjurkan untuk mendapatkan tambahan asupan besi. Selain memperhatikan makanan dengan kandungan besi yang tinggi, Anda juga perlu mencermati makanan yang justru menghambat penyerapan besi. 

Beberapa makanan tertentu dapat menghambat penyerapan zat gizi pembentuk penyerapan darah, sehingga hal ini akan memperparah penyakit anemia. Berikut ini adalah makanan penyebab anemia yang harus Anda hindari:

  • Tanin

Tanin adalah zat alami yang terdapat pada tumbuhan. Tanin dapat ditemukan dalam teh hijau, teh hitam, biji-bijian, kopi, anggur dan jagung. Konsumsi makanan yang mengandung tanin dapat mengganggu penyerapan nutrisi dari sayuran-sayuran berdaun hijau gelap. Saat seseorang memiliki penyakit anemia, mengonsumsi kafein dalam kadar berlebih dapat menyebabkan anemia yang dialaminya semakin parah. Kafein bisa mengganggu proses absorpsi, yaitu kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah.

  • Gluten

Gluten dapat ditemukan pada gandum, selai, pasta, dan biji-bijian. Jika Anda menderita anemia, konsumsi makanan-makanan yang mengandung gluten dapat menyebabkan nutrisi seperti folat dan zat besi tidak terserap sepenuhnya. Beberapa penderita anemia mungkin memiliki masalah dengan gluten. Jika Anda memiliki intoleransi gluten dalam bentuk apa pun, gluten dapat memicu masalah dengan sistem pencernaan. 

  • Kalsium

Mengonsumsi sejumlah makanan yang mengandung banyak kalsium dapat mengganggu penyerapan zat besi. Hindarilah konsumsi kalsium berbarengan dengan makanan yang mengandung zat besi. Susu, yoghurt dan keju adalah beberapa pantangan makanan bagi penderita anemia.

  • Asam Oksalat

Beberapa produk makanan yang mengandung asam oksalat diketahui dapat mengganggu penyerapan zat besi. Orang yang menderita anemia disarankan untuk menghindari semua makanan yang mengandung oksalat. Beberapa makanan yang mengandung asam oksalat adalah bayam, kacang tanah, dan cokelat. Kadar kafein yang tinggi biasanya ditemukan pada biji cokelat sebelum diolah. Sedangkan, untuk cokelat olahan yang beredar di pasaran biasanya kadar kafeinnya berkurang akibat proses pengolahan.

  • Polifenol

Polifenol adalah penghambat penyerapan zat besi yang signifikan. Berbagai makanan seperti kakao, kopi, dan kenari mengandung polifenol. Karena itu, mereka tergolong makanan pantangan bagi penderita anemia.

  • Makanan yang Mengandung Fitat

Penderita anemia disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung fitat, seperti kacang-kacangan, beras merah, dan gandum. Fitat menyebabkan zat besi terikat dalam pencernaan sehingga penyerapan zat besi dalam tubuh terganggu.

Itulah pantangan makanan bagi penderita anemia. Jika Anda memiliki anemia, hindarilah beberapa jenis makanan yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, sering kali anemia hanyalah gejala dari suatu penyakit yang mendasari, sehingga butuh pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui penyebabnya.