Manfaat Acerola Untuk Kesehatan

Manfaat Acerola Untuk Kesehatan

July 6, 2018 0 By Joherbal

Acerola, secara ilmiah dikenal sebagai Malpighia Glabra / Emarginata, buah dengan warna merah cerah dengan banyak biji dan rasa yang enak serta banyaknya manfaat kesehatan. Buah ini telah digunakan di seluruh dunia sebagai obat yang efektif untuk mengatasi pilek, demam, depresi, infeksi gusi, kerusakan gigi, dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Akan tetapi penelitian menyeluruh telah mengungkapkan bahwa buah ini dapat dikonsumsi untuk menyingkirkan sejumlah penyakit kronis dan mematikan, diantaranya mengelola diabetes, mengurangi tanda-tanda penuaan, mencegah jenis kanker tertentu, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi, mengurangi reaksi alergi, menstimulasi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan mata, melindungi kulit, dan meningkatkan suasana hati.

Acerola memiliki sejarah panjang sebagai tanaman hias dan telah lama digunakan dalam praktek bonsai Jepang. Di Amerika Latin, tanaman ini sering digunakan untuk menghias meja, dapur, dan ruang keluarga. Diyakini Acerola pertama kali mulai tumbuh di Meksiko selatan. Budidayanya cepat menyebar ke bagian lain dari Karibia dan Amerika Latin.

Penelitian Tentang Manfaat Acerola Bagi Kesehatan

Penelitian tentang manfaat Acerola bagi kesehatan pertama kali dilakukan pada tahun 1940-an oleh peneliti Puerto Rico dan berlanjut hingga saat ini. Sudah cukup banyak penelitian yang dipublikasikan tentang buah ini, dan kebanyakan dari penelitian tersebut menunjukkan hasil yang mengesankan dan positif. Berikut hasil dari beberapa penelitian tersebut:

  • Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Nutritional Science and Vitaminology , ekstrak acerola dapat membantu menghentikan pertumbuhan dan penyebaran kanker paru-paru.
  • Dalam penelitian lain yang diterbitkan pada tahun 2004 dalam edisi Penelitian Phytotherapy , ekstrak buah acerola membantu menghambat pertumbuhan sel tumor. Selain itu, buah ini dapat meningkatkan kapasitas antioksidan dari nutrisi lain ketika dikonsumsi pada saat yang bersamaan.
  • Menurut jurnal Rural Science , yang menerbitkan hasil penelitian pada tahun 2006, acerola memiliki kapasitas antioksidan tertinggi dari 14 buah dari hutan Amazon yang berbeda. Dan dalam penelitian serupa yang dibuat oleh jurnal Plant Foods and Human Nutrition , acerola mentah memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk melindungi DNA dari stres oksidatif dan dapat menghambat DPHH radikal bebas.
  • Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2008 di Jepang menunjukkan bahwa acerola cherry polyphenol memiliki aktivitas pembilasan radikal serta efek penghambatan pada produk akhir glikasi lanjut (AGEs) dan alfa-glukosidase.
  • Pada tahun 2011, Plant Foods for Human Nutrition menunjukkan bahwa buah ini melindungi tubuh dari stres oksidatif. Ini berarti membantu tubuh menghindari penyakit dan penuaan dini.

Berikut ini adalah kandungan yang terdapat dalam Acerola:

Kandungan Nilai Nutrisi Persentase RDA
Energi 32 Kcal 1,5%
Karbohidrat 7,69 g 6%
Protein 0,40 g <1%
Lemak total 0,30 g 1,5%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 1,1 g 2,5%
Vitamin
Folates 14 μg 3,5%
Niasin 0,400 mg 2,5%
Asam pantotenat 0,309 mg 6%
Piridoksin 0,009 mg <1%
Riboflavin 0,060 mg 4,5%
Vitamin A 767 IU 26%
Vitamin C 1677,6 mg 1864%
Elektrolit
Sodium 7 mg 0,5%
Kalium 146 mg 3%
Mineral
Kalsium 12 mg 1,2%
Tembaga 0,086 mg 9%
Besi 0,20 mg 2,5%
Magnesium 18 mg 4,5%
Phosphorous 11 mg 1,5%
Selenium 0,6 μg 1%
Seng 0,10 mg 1%

Sumber: USDA National Nutrient Database

Manfaat Acerola Untuk Kesehatan

Acerola hadir dengan nutrisi, yang membantu menjaga tubuh tetap bugar dan bebas dari penyakit. Berikut adalah manfaat kesehatan Acerola:

  1. Membantu Melawan Kanker – Buah Acerola memiliki senyawa yang disebut anthocyanin yang sangat membantu dalam mengobati kanker. Kanker adalah penyakit serius yang dianggap sangat sulit diobati. Buah Acerola telah ditemukan untuk membantu dalam memerangi kanker paru-paru khususnya. Hal ini dilakukan dengan memperlambat dan akhirnya menghentikan pertumbuhan sel yang dianggap kanker. Buah Acerola juga memiliki khasiat yang membantu dalam pencegahan sel terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Fakta ini didukung oleh  Journal of Nutritional Science and Vitaminology menerbitkan sebuah studi yang menemukan bahwa ekstrak acerola cherry membantu menghentikan pertumbuhan dan penyebaran kanker paru-paru.
  2. Meningkatkan Sistem Pencernaan – Kandungan serat yang ditemukan dalam buah acerola membuatnya bermanfaat dalam mengobati masalah pencernaan dan menghilangkan racun dari tubuh. Memiliki sistem pencernaan yang sehat sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit serius. Serat membantu menjaga sistem pencernaan yang normal dan sehat yang membantu Anda mengeluarkan racun dari tubuh. Buah Acerola terbukti membantu dalam mengobati masalah pencernaan seperti sembelit, diare dan kembung.
  3. Menyehatkan Sistem Kardiovaskular – Kehadiran antioksidan dalam buah acerola membuatnya bermanfaat dalam mengatur sistem kardiovaskular yang sehat. Ini karena antioksidan membantu mengurangi kolesterol dan mencegah sistem kardiovaskular dari stres. Selain itu, buah acerola juga memiliki kandungan potasium yang mengesankan yang diperlukan untuk mengatur tingkat tekanan darah yang sehat. Kalium membantu sistem kardiovaskular dengan melebarkan pembuluh dan meningkatkan aliran darah.
  4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh – Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah acerola memiliki kandungan Vitamin C yang mengesankan. Vitamin C bermanfaat bagi tubuh manusia dalam banyak cara. Dengan menambahkan buah acerola ke dalam pola makan harian Anda, Anda meningkatkan asupan Vitamin C Anda yang menghasilkan tingkat kekebalan tubuh yang lebih tinggi. Sistem kekebalan tubuh yang meningkat akan membantu Anda menghindari infeksi dan penyakit lainnya. Vitamin C juga membantu dalam produksi sel darah putih yang penting bagi tubuh untuk melawan bakteri asing. Selain itu, kehadiran radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit kronis di tubuh. Acerola membantu mencegah kerusakan yang dilakukan oleh radikal bebas ini dan karenanya merupakan tambahan yang kuat untuk diet Anda dalam meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan penyakit yang berbeda.
  5. Mencegah dan Mengelolah Penyakit Diabetes – Buah Acerola juga membantu dalam mencegah dan mengelola diabetes. Antioksidan yang ditemukan di Acerola membantu tubuh mempertahankan kadar gula darah normal. Cara ini bermanfaat bagi individu yang menderita diabetes dan juga bagi orang-orang yang berisiko terkena diabetes.
  6. Mencegah Penuaan Dini – Kandungan antioksidan dalam buah acerola membantu tubuh secara teratur membuang racun dari tubuh. Ekstrak buah ini juga ditemukan bermanfaat dalam mengurangi stres oksidatif tubuh. Stres oksidatif dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit serius. Selain itu, karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini, produksi kolagen meningkat di dalam tubuh dengan menambahkan acerola ke dalam pola makan Anda. Kolagen yang meningkat ini kemudian terbukti efektif mencegah penuaan dini.
  7. Meningkatkan Kesehatan Otak – Kandungan tinggi antioksidan yang ditemukan dalam buah acerola membantu mencapai kesehatan neurologis yang lebih baik. Antioksidan yang ditemukan dalam acerola akan membantu Anda menghindari masalah seperti demensia dan Alzheimer. Selain ini bioflavonoid hadir di acerola juga meningkatkan kognisi Anda dan dapat membantu bagi individu dalam semua kelompok umur. Acerola dapat membantu Anda mencegah masalah memori dan dapat membantu mencapai fokus yang lebih baik.
  8. Sangat baik untuk Tulang dan Gigi – Kandungan kalsium yang ditemukan di dalamnya membantu mencegah banyak masalah yang terkait dengan gigi dan tulang. Seiring bertambahnya usia, tulang dan gigi kita membutuhkan perawatan ekstra. Selain itu, anthocyanin yang ditemukan dalam acerola juga membantu tubuh Anda melawan peradangan. Peradangan adalah masalah umum ketika menderita radang sendi atau asam urat. Dengan menambahkan acerola ke dalam pola makan Anda, Anda dapat memperbaiki sendi, tulang, dan gigi Anda. Tidak hanya ini, kandungan kalium yang ditemukan dalam acerola membantu otot-otot melawan masalah seperti kram dan kelelahan. Oleh karena itu, acerola adalah pilihan yang cocok untuk orang yang berolahraga secara teratur.
  9. Meningkatkan Kesehatan Mata – Seperti yang Anda ketahui, Vitamin A adalah komponen penting dari kesehatan mata Anda. Vitamin A yang ditemukan dalam acerola dapat membantu Anda memiliki kesehatan mata yang hebat. Selain meningkatkan penglihatan Anda dan menjaga kesehatan mata Anda, arcelora juga membantu mata Anda melawan masalah seperti katarak dan pendarahan.
  10. Sangat Baik untuk Kesehatan Kulit – Kandungan Vitamin C yang tinggi dalam buah ini dapat meningkatkan kolagen, membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik ketika mencoba untuk memperbaiki kulit Anda. Kolagen sangat penting untuk elastisitas kulit Anda dan penggunaan buah acerola dapat membantu Anda mencapai kulit yang indah dan bercahaya dan mencegah penuaan dini.
  11. Mencegah Kelelahan – Buah ini dikemas dengan nutrisi berbeda seperti mangan, seng, dan kalium. Dengan menambahkan acerola ke dalam pola makan Anda, Anda akan merasakan perubahan yang nyata dalam tingkat energi Anda. Ini karena adanya nutrisi berharga yang ditemukan di acerola. Selanjutnya, tubuh Anda membutuhkan kadar Vitamin C yang cukup untuk melawan dan menghindari stres . Tingginya kadar Vitamin C yang ditemukan dalam acerola membuatnya membantu mengurangi keseluruhan tekanan tubuh dan memberi tubuh lebih banyak energi sepanjang hari.
  12. Suplemen Vitamin C – Acerola dikenal luas karena kandungan vitamin C yang tinggi. Mengkonsumsi hanya beberapa buah ini dapat memenuhi asupan vitamin C yang direkomendasikan setiap hari. Selain itu, sekitar 180 ml jus acerola mengandung sebanyak vitamin C yang ada dalam 14 liter jus jeruk.
  13. Meningkatkakn Metabolisme – Seperti yang dikatakan sebelumnya, acerola mengandung banyak vitamin B kompleks, yang membantu metabolisme dan membuat pencernaan karbohidrat, protein, dan lemak jauh lebih mudah.
  14. Membantu Menurunkan Berat Badan – Karena sangat rendah lemak dan kalori, acerola membantu menurunkan berat badan berlebih. Selain itu, meningkatkan metabolisme dan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk sel-sel kita, yang diperlukan untuk mengontrol obesitas dan mencapai kesehatan yang optimal.

Manfaat Acerola untuk kesehatan bisa Anda dapatkan dalam produk herbal Amazon Berries, yang sudah dikemas sedemikian rupa dengan rasa yang enak, segar dan sangat berkhasiat.