Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan

March 20, 2020 0 By Joherbal

Indonesia sangat kaya dengan rempah-rempah. Beras kencur menjadi satu di antara olahan herbal yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Banyak orang mengonsumsi jamu beras kencur karena dipercaya mampu menjaga kesehatan dan mencegah segala gangguan kesehatan. Beras kencur terdiri dari beberapa campuran bahan, seperti gula pasir, asam jawa, beras, kencur, jahe, dan air.

Rempah tradisional ini masuk kategori rimpang (akar-akaran) yang telah banyak dibudidayakan sejak lama di Indonesia. Beras kencur dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Zat-zat yang terkandung dalam beras kencur memiliki manfaat komplet. Bahan dasar beras kencur, kencur dikenal sebagai bumbu dapur yang memiliki aroma yang cukup kuat.

Setelah mengonsumsi beras kencur, Anda akan merasakan sensasi hangat di tenggorokan dan tubuh. Beras kencur cukup terkenal sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk. Beras kencur mampu menghambat pertumbuhan bakteri Lactobacillus acidophilus yang dapat menyebabkan karies gigi. Berikut manfaat beras kencur yang harus Anda ketahui, diantaranya:

  1. Mengatasi Maag

Mengonsumsi beras kencur dipercaya meningkatkan nafsu makan. Beras kencur baik dikonsumsi oleh penderita maag karena memiliki manfaat mempertebal dinding perut. Kandungan kurkumin yang ada dalam kencur mampu mengobati peradangan dengan meningkatkan produksi lendir pada dinding lambung.

  1. Mengatasi Flu

Beras kencur dipercaya mampu menyembuhkan flu. Mengonsumsi beras kencur memberikan efek hangat yang dihasilkan. Beras kencur bisa menghilangkan mual yang disebabkan oleh flu. Efek hangat yang diberikan beras kencur mampu menetralkan batuk dan rasa pegal. Selain itu, beras kencur juga mampu meringankan sakit kepala karena flu dan sakit kepala traumatis pada penderita migran.

  1. Mengatasi Batuk

Beras kencur satu di antara ramuan tradisional yang mampu mengatasi batuk berdahak. Ramuin ini bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat. Beras kencur dikenal juga sebagai minuman herbal yang dikonsumsi, khususnya para penyanyi, sebelum tampil untuk menjaga kondisi pita suara. Mengonsumsi beras kencur membuat tenggorokan terasa lebih lega.

  1. Mengatasi Stres

Dalam penelitian Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh menyatakan beras kencur memiliki sifat antidepresan. Sifat antidepresan yang ada dalam beras kencur mampu memberikan efek sudatif atau menenangkan sistem saraf pusat. Mengonsumsi beras kencur sefektif memberikan efek sudatif pada sistem saraf pusat. Beras kencur dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang mengalami stres, cemas, gelisah, dan depresi.

  1. Mengatasi Diare

Zat sitotoksik dan sifat antibakteri yang ada di beras kencur memiliki jumlah yang cukup banyak. Beras kencur dipercaya menjadi satu di antara obat herbal penyakit diare. Mengonsumsi beras kencur bisa meringankan gejala diare. Beras kencur menjaga tubuh terhindar dari risiko dehidrasi.

  1. Mencegah Karies Gigi

Beras kencur memiliki sifat antimikroba yang ada di dalamnya. Sifat antimikroba mampu membantu menghambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalam tubuh. Jika masalah karies gigi dibiarkan, perkembangan bakteri di dalam area mulut akan merusak gigi. Penyakit ini akan menimbulkan lubang, infeksi, dan sakit gigi.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Beras kencur mampu memberikan efek stimulasi pada sistem retikuloendotelial. Sistem retikuloendotelial adalah jaringan pengikat retikular yang tersebar luas menyelubungi sinusoid-sinusoid darah di hati, sumsum tulang, dan saluran limfa di jaringan limfatik. Beras kencur mampu meningkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Agen Antioksidan

Sifat antioksidan yang tinggi mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Selain itu, beras kencur juga memiliki sifat antiinflamasi dan antiinfeksi. Mengonsumsi beras kencur mampu melawan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan radang. Tingginya antioksidan yang ada pada beras kencur mampu menjaga tubuh tetap sehat, prima, dan terhindar dari segala penyakit.

  1. Membakar Lemak

Beras kencur dapat membakar lemak dalam tubuh. Mengonsumsi beras kencur membantu mendapatkan berat badan yang ideal dan efektif. Beras kencur dapat mengurangi kadar glukosa darah di dalam tubuh tetap stabil. Beras kencur menjadi satu di antara menu program diet.