Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

January 21, 2020 0 By Joherbal

Cokelat adalah salah satu makanan populer di berbagai penjuru dunia. Cokelat banyak disukai berbagai kalangan usia, mulai anak-anak hingga orang tua. Makanan yang berasal dari biji buah kakao ini banyak dijual di pasaran dengan berbagai olahan menu, mulai dari bubuk cokelat, perasa dan pewarna makanan, dan minuman.

Sayangnya, masih banyak orang yang masih punya anggapan keliru tentang cokelat. Kebanyakan mengira mengonsumsi cokelat bisa mengakibatkan diabetes, kulit berjerawat, penyakit jantung koroner, hingga hipertensi. Namun perlu diketahui biji buah kakao tersebut malah mengandung antioksidan tinggi.

Netherlands Journal of Medicine menyatakan cokelat mengandung senyawa fenolik yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, jenis yang biasa digunakan adalah cokelat hitam atau dark chocolate lantaran mengandung lebih sedikit lemak dan gula ketimbang cokelat biasa. Anda tentunya tidak boleh mengonsumsi cokelat secara berlebihan. Setidaknya 10 gram dalam satu hari saja. Berikut adalah ragam manfaat cokelat bagi kesehatan yang bisa mencegah berbagai penyakit kronis, seperti dirangkum dari Medical News Today.

  1. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Penelitian dari The Journal of Nutrition menyatakan cokelat dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Para peniliti menyimpulkan mengonsumsi cokelat secara teratur dapat mendukung kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol dan meningkatkan tekanan darah. Mengonsumsi cokelat dalam jumlah sedang juga bisa mengurangi risiko atrial fibrillation, yakni kondisi detak jantung yang tidak teratur yang dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi jantung lainnya.

  1. Meningkatkan Performa Atlet

Cokelat sangat dianjurkan sebagai asupan untuk para atlet atau bagi Anda yang gemar berolahraga. Penelitian dari Jurnal International Society of Sports Nutrition menunjukkan cokelat hitam dapat meningkatkan ketersedian oksigen selama olah fisik.

  1. Melawan Sel Kanker

Cokelat adalah salah satu makanan yang dapat mencegah dan melawan sel kanker. Sehingga mampu menurunkan risiko penyakit kanker yang berbahaya.

  1. Menurunkan Tekanan Darah dan Mengatasi Stres

Apakah Anda memiliki riwayat darah tinggi? Cokelat adalah solusinya. Buah biji kakao ini terkenal mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Di sisi lain, cokelat sangat berperan penting melindungi peredaran darah atau aliran darah berkat kandungan senyawa flavonoidnya. Setelah itu, cokelat memiliki kandungan untuk menenangkan saraf yang tegang. Ketika seseorang mengonsumsi cokelat, maka akan membuat perasaannya menjadi lebih baik. Anda bisa menurunkan tingkat stres atau depresi setelah mengonsumsi cokelat dan meningkatkan kinerja otak.

  1. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang ragu manfaat cokelat yang satu ini. Justru mereka menilai cokelat dapat membuat seseorang semakin gemuk. Padahal cokelat dapat membantu seseorang untuk menerapkan program diet. Penelitian dari University of Copenhagen menemukan bahwa biji buah kakao ini dapat membuat mudah kenyang. Tetapi Anda harus memerhatikan jumlah asupan cokelat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan.