Manfaat Jeruk Nipis untuk Perawatan Kulit Wajah

Manfaat Jeruk Nipis untuk Perawatan Kulit Wajah

March 2, 2020 1 By Joherbal

Jeruk nipis punya banyak manfaat. Salah satunya berkaitan dengan kulit wajah.  Jeruk nipis bahkan sering digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kulit. Hal ini terutama berkaitan dengan kandungan vitamin C dalam jeruk nipis yang sangat melimpah. Tidak hanya vitamin C, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Belum lagi adanya kandungan asam sitrat yang membuat rasanya jadi asam.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah didapatkan dari berbagai kandungan nutrisi tersebut. Perawatan kulit wajah dengan jeruk nipis biasanya dilakukan dengan memanfaatkan air hasil perasannya. Setelahnya, kamu hanya perlu mengoleskan air perasan jeruk nipis tersebut ke wajah, biarkan selama beberapa menit, lalu bilas wajah hingga bersih. Namun, penggunaan jeruk nipis sebagai perawatan pada kulit wajah juga memiliki beberapa risiko. Pada kulit wajah yang ada bekas jerawatnya, mengoleskan jeruk nipis dapat menimbulkan rasa perih. Selain itu, zat asam pada jeruk nipis juga berisiko membuat kulit menjadi kering, kemerahan, perih, hingga iritasi.

Jadi, sebelum menerapkan manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar lebih aman dan mendapatkan manfaat yang optimal. Berikut manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah diantaranya:

  1. Mencerahkan Wajah

Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah yang pertama adalah dapat mencerahkan wajah. Sel-sel kulit mati yang masih tertinggal pada wajah sering kali menjadi penyebab wajah kusam. Wajah akan semakin kusam apabila sel-sel kulit mati semakin menumpuk. Kandungan asam sitrat pada kulit jeruk nipis bisa mengelupaskan sel-sel kulit mati tersebut. Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Bagi kamu yang biasa beraktivitas di luar, terkena sinar matahari, debu, dan kotoran, jeruk nipis bisa menjadi solusinya.

Kemampuannya bisa mencerahkan kulit wajah serta dapat meregenerasi sel kulit. Bahkan kandungan AHA atau anti-oksidan ini banyak juga dipakai oleh beberapa kosmetik sebagai bahan utama untuk pencerah wajah. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya dapat mencerahkan wajah secara alami. Cukup dengan menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai masker seminggu dua kali, maka kamu sudah bisa mendapatkan wajah yang lebih cerah.

  1. Mengatasi Penuaan Dini

Selanjutnya, Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah salah satunya dapat mengatasi penuaan dini. Berbagai faktor dapat menyebabkan wajah semakin cepat terlihat menua, seperti polusi, paparan sinar matahari, dan makanan sehari-hari. Apalagi gejala-gejala penuaan dini seperti keriput, noda hitam, dan lain-lain tentunya sangat tidak diinginkan terlihat pada wajahmu.

Jeruk nipis bisa menjadi bahan alami sebagai anti aging, menggantikan berbagai krim yang biasa digunakan wanita dengan kandungan zat kimia-nya. Dengan menggosokkan kulit jeruk nipis pada wajah, atau menggunakan masker yang terbuat dari kulit jeruk nipis, kamu bisa mengatasi penuaan dini pada wajahmu.

  1. Mengobati Jerawat

Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah juga bisa mengobati jerawat. Orang-orang dengan kulit berminyak tentunya sudah tidak asing lagi dengan jerawat. Hal ini karena biasanya ada masalah sumbatan pada pori-pori wajah sehingga menyebabkan jerawat. Dengan kandungan air pada jeruk nipis yang memiliki sifat antibiotik, maka bakteri penyebab jerawat bisa diatasi. Kamu juga bisa menggunakan air jeruk nipis dicampur dengan madu untuk mengatasi jerawat. Dengan menggunakannya secara rutin selama seminggu sekali, kamu bisa mendapatkan wajah bebas berjerawat.

  1. Menyamarkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Bagi kamu yang memang sudah mengalami peradangan parah pada wajah yakni karena jerawat dan ingin segera menghilangkan bekasnya juga, kamu bisa mengaplikasikan jeruk nipis unuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah tersebut. Tentunya bekas jerawat atau flek hitam tersebut sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa menggunakan masker jeruk nipis dua hari sekali untuk Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah. Jadi manfaat jeruk nipis sangat penting untuk orang yang berjerawat.

  1. Menjadikan Kulit Bercahaya

Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah selanjutnya adalah mampu mengurangi minyak pada wajah sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih bersih. Selain itu, air jeruk nipis yang diminum dalam keadaan hangat dan ditambahkan dengan madu akan menimbulkan efek bercahaya pada kulit. Minumlah segelas air hangat yang berisi jeruk nipis dan madu pada pagi hari secara teratur. Minuman tersebut akan membuat kulit wajah menjadi bercahaya dan terlihat lebih cantik.

  1. Sebagai Pembersih Wajah

Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah berikutnya adalah sebagai pembersih wajah. Hal ini berkaitan dengan sifat antibiotic yang ada pada air jeruk nipis tersebut. Dengan begitu berbagai bakteri yang menempel pada wajah akibat berbagai alasan bisa dikurangi dengan menggunakan jeruk nipis. Apabila kamu membersihkan wajah dengan menggunakan air jeruk nipis maka pertumbuhan bakteri yang ada di wajah akan ditekan. Pertumbuhan bakteri menjadi terhambat dan wajah menjadi bersih dari berbagai kotoran dan bakteri.

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

Terdapat studi yang menunjukkan bahwa vitamin C dapat mencegah kulit kehilangan banyak air sehingga kelembapannya tetap terjaga. Selain itu, air jeruk nipis juga dapat menjadi nutrisi tambahan yang baik untuk membuat kulit wajah tetap lembap.

  1. Mengatasi Warna Coklat Pada Kulit Akibat Cahaya Matahari

Paparan sinar matahari tentunya tidak bisa dihindari setiap manusia. Tanpa disadari, paparan sinar matahari membuat wajah menjadi berwarna cokelat. Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah juga bisa menjadi solusi bagi keluhan satu ini. Air jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan masalah kulit cokelat akibat paparan sinar matahari. Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan air jeruk nipis yang ditambah dengan tepung (besan) atau dahi (dadih) sehingga berbentuk seperti pasta dan oleskan pada wajah seminggu sekali.