Khasiat Dan Manfaat Acai Berry

Khasiat Dan Manfaat Acai Berry

July 2, 2018 0 By Joherbal

Acai berry (Euterpe oleracea) merupakan salah satu jenis buah berry yang berasal dari Brazil, tepatnya di hutan Amazon yang memiliki tanah tersubur di muka bumi. Buah ini berwarna ungu mirip dengan buah anggur. Kandungan antioksidan yang tinggi membuat acai berry menjadi buah yang banyak dikonsumsi di negara asalnya, namun sekarang keberadaannya telah menyebar hampir ke seluruh dunia.

Acai Berry seringkali disebut sebagai makanan super, karena buah ini terbukti dapat menambah energi, membakar lemak dan memperlambat efek penuaan. Jika menginginkan diet cepat dan sehat, buah ini bisa menjadi solusi.

Buah Acai berry ini memiliki kandungan antara lain:

  • Antioksidan yang luar biasa (kaya akan fitonutrien seperti anthocyanin dan resveratrol) sehingga sangat ampuh melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan penurunan fungsi sel tubuh serta mencegah risiko kanker dan penuaan dini. Buah Acai Berry mengandung antioksidan yang kuat yaitu 50 kali lebih tinggi daripada buah mangga, 10 kali lebih tinggi daripada buah anggur, 6 kali lebih tinggi daripada buah blueberry, 3 kali lebih tinggi daripada buah prune, 2 kali lebih tinggi daripada buah manggis dan buah delima yang sangat ampuh melawan dampak radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel, atau pun penurunan fungsi sel tubuh serta meningkatkan risiko penuaan dini.
  • Asam lemak esensial (Omega 6 dan Omega 9) bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, meringankan gejala peradangan sendi, membantu menjaga kadar kolesterol, memperbaiki sirkulasi darah, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
  • Asam amino sangat membantu untuk orang yang menderita masalah seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis (radang sendi). Berkhasiat mengencangkan otot, karena kaya akan kandungan asam amino. Zat ini memang diperlukan otot, karena lebih cepat terbentuk saat berolahraga. Asam amino yang digabungkan dengan asam lemak ini membuat tubuh membakar kalori lebih cepat. Otomatis, berat badan juga jadi cepat menyusut.
  • Sterol yang berfungsi untuk menyusun hormon dan vitamin dalam tubuh.
  • Antivirus dan Antibiotik yang membantu dalam mencegah dan mengatasi penyakit.

Penelitian menunjukan dengan mengkonsumsi Acai Berry secara rutin dapat mencegah kanker. Anthocyanin dalam Acai Berry membantu dalam memblokir karsinogenesis (proses pembentukan kanker) sehingga mengakibatkan kematian sel tumor.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah Acai Berry, seperti:

  1. Acai Berry sangat baik untuk kesehatan jantung – Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa kandungan Anthocyanin yang tinggi dalam Acai Berry sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam aliran darah. Selain itu Acai Berry juga memiliki kandungan sterol yang tinggi, yang dapat memberikan perlindungan bagi sel-sel tubuh.Sterol diketahui mampu mencegah pembekuan darah, meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan, dan merelaksasi pembuluh darah. Sterol juga terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol “jahat” (LDL) 6 sampai 15 persen dan tidak mempengaruhi kolesterol “baik” (HDL).
  2. Meningkatakan sel-sel tubuh –  Senyawa Anthocyanin dalam acai berry juga dapat berperan dalam sistem perlindungan terhadap sel tubuh manusia, serta mampu menguatkan sel-sel tubuh terhadap serangan radikal bebas.
  3. Mencegah dan mengobati penyakit kanker – Kandungan yang tinggi akan Vitamin C dan Asam Ellagic dalam Acai Berry, merupakan kombinasi yang sempurna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa senyawa polifenol yang diekstrak dari acai berry mampu mengurangi proliferasi sel kanker sebanyak 56-86 %. Diperkirakan bahwa phytochemcials (antioksidan) acai berry mampu menghentikan proses karsinogenesis pada tingkat molekul, untuk membunuh sel kanker sebelum mereka berkembang biak. Acai berry bukanlah obat paten untuk kanker, tapi memiliki potensi untuk membantu mencegah kanker.
  4. Menurunkan kelebihan berat badan – Acai berry tidak saja dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan, tapi juga untuk menjaga berat badan yang ideal. Satu penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Aging ( Bagian dari U.S. Department of Health and Human Services ) menemukan bahwa pulp dari acai berry mampu untuk mengurangi efek negatif pada pola makan tinggi lemak.
  5. Meningkatkan sistem syaraf – Sebuah penelitian menunjukkan bahwa acai berry dapat mencegah ketidakseimbangan syaraf mental pada wanita yang telah mengalami menopause.
  6. Menjaga kesehatan pencernaan – Acai Berry telah terbukti dapat membantu menjaga sistem pencernaan kita tetap bersih dan dapat bekerja dengan optimal. Acai Berry memiliki sifat detoksifikasi yang kuat dalam tubuh manusia karena mengandung sumber serat alami.
  7. Meningkatkan stamina dan energi – Kelebihan lain dari Acai berry adalah meningkatkan stamina dan energi, yang sangat membantu bagi orang yang memiliki aktivitas yang padat.
  8. Meningkatkan vitalitas pria dewasa dalam hubungan seksual – Acai berry telah dikaitkan dengan peningkatan sirkulasi darah secara keseluruhan di dalam tubuh manusia, sehingga dapat berkontribusi untuk meningkatkan gairah seks, terutama bagi pria.
  9. Mencegah penuaan dini dan mengatasi peradangan – Adanya kandungan antioksidan yang tinggi dalam Acai Berry dapat menjadi alternatif alami pengganti produk perawatan kulit berbahan kimia yang membahayakan kulit dalam jangka panjang.
  10. Mengatasi virus dan bakteri – Para ilmuwan dari Universitas Federal Rio de Janeiro telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak acai berry dapat membantu melawan organisme berbahaya seperti virus dan bakteri.