Manfaat Kesehatan  Cabai Merah

Manfaat Kesehatan Cabai Merah

October 30, 2020 0 By Joherbal

Manfaat dari mengonsumsi cabai bagi kesehatan mungkin belum terlalu familier daripada manfaat sayuran atau buah kebanyakan. Namun, cabai mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Cabai merupakan satu di antara komponen penting yang sering digunakan orang Indonesia dalam memasak, biasanya dicampurkan ke dalam nasi goreng atau tumis. Ada berbagai macam jenis cabai yang sering dikonsumsi orang Indonesia, beberapa di antaranya cabai keriting, cabai merah, cabai hijau, dan cabai rawit yang merupakan jenis paling pedas.

Manfaat cabai sering dilupakan oleh kebanyakan orang karena rasanya yang pedas, sehingga banyak orang mengira cabai tidak terlalu memiliki manfaat pada kesehatan. Faktanya, mengonsumsi cabai dengan porsi yang tepat dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan sehingga dapat mencegah dan mengobati suatu gangguan atau penyakit dalam tubuh. Hal tersebut karena cabai kaya zat yang sangat bermanfaat, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan berbagai jenis mineral seperti magnesium, zat besi, fosfor, dan capsaicin.

Dengan mengonsumsi cabai pada porsi yang tepat, ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, beberapa di antaranya dapat meredakan flu dan membantu menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa manfaat cabai untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi cabai dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap ideal. Hal ini karena cabai cukup efektif untuk membakar lemak yang menumpuk dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi. Anda dapat memasukan cabai ke berbagai masakan yang sedang Anda buat, seperti sup, tumis, atau nasi goreng. Untuk mendapatkan manfaat cabai dengan lebih maksimal, carilah cabai rawit. Meski lebih pedas dari jenis lain, cabai jenis ini memiliki lebih banyak nutrisi.

  1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Mengonsumsi cabai dapat mencegah penyumbatan pada pembuluh darah dan memperlancar aliran darah menuju jantung sehingga dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit jantung. Cabai juga mengandung potasium, vitamin B6, beta karoten, dan asam folat yang dapat membantu menyehatkan kondisi jantung. Selain itu kandungan capsaicin pada cabai dapat menurunkan kadar kolesterol, yang dapat menimbulkan penyumbatan pada saluran darah.

  1. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Bagi mereka yang menderita anemia atau kekurangan sel darah merah, mengonsumsi cabai dengan porsi yang tepat dapat membantu Anda mengurangi gejalanya. Pengidap anemia biasanya tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup ke dalam tubuh, sehingga produksi sel darah merah tidak berjalan normal. Cabai mengandung cukup banyak tembaga dan zat besi, dan dengan mengonsumsinya, bisa membantu Anda memperoleh asupan zat besi yang dapat memperlancar memproduksi sel darah merah setiap harinya.

  1. Meredakan Flu

Cabai kaya kandungan beta karoten, vitamin A, dan juga vitamin C, yang ampuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghindarkannya dari infeksi. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, dapat menghindarkan seseorang terkena berbagai macam penyakit termasuk flu. Konsumsilah cabai sebagai campuran sup atau makanan berkuah lainnya saat Anda terkena flu, dapat meredakan flu dengan cukup efektif.

  1. Menyehatkan Mata

Cabai mengandung banyak zat yang dibutuhkan untuk tubuh dan dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, seperti vitamin A. Kandungan vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata. Dengan mata yang sehat dan menjaga asupan nutrisi, dapat menghindarkan berbagai gangguan pada mata seperti katarak dan gangguan yang berkaitan dengan usia.

  1. Membantu Penyembuhan Luka

Cabai dapat membantu mempercepat penyembuhan luka yang sedang dialami. Luka seperti luka gores terkena pisau atau akibat terjatuh harus segera disembuhkan agar tidak terjadi infeksi. Kandungan vitamin C dalam cabai dapat membantu pembentukan kolgane, yang merupakan protein pada kulit, yang pada akhirnya dapat membantu dalam proses penyembuhan luka.

  1. Meredakan Sakit Kepala

Saat sakit kepala menyerang, hal tersebut dapat memengaruhi produktivitas dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Anda dapat mengurangi rasa sakit di kepala dengan mengonsumsi cabai. Kandungan senyawa ciapsin pada cabai dapat membuat sensasi rasa pedas, saat Anda merasakan pedas dan sibuk dengan rasa pedas tersebut, sakit kepala akan berlahan hilang dengan sendirinya.