Manfaat Kesehatan Menakjubkan Dari Buah Guarana

Manfaat Kesehatan Menakjubkan Dari Buah Guarana

July 7, 2018 0 By Joherbal

Guarana adalah nama tanaman berbunga asli Amerika Selatan, yang secara ilmiah dikenal sebagai Paullinia cupana. Buah guarana tampak seperti buah anggur kecil dan dapat berkisar dalam warna dari oranye ke coklat. Buah berry ini mengandung satu biji yang dikelilingi oleh aril, tetapi ketika matang, bijinya sering terbuka. Bijinya sering digiling menjadi pasta atau diseduh dengan cara yang mirip dengan biji kopi.

Buah ini telah digunakan oleh penduduk asli selama ribuan tahun dan secara luas dikenal sebagai zat stimulan. Konsentrasi kafein yang tinggi dalam biji-biji ini – bahkan lebih tinggi dari pada kopi – membuatnya sangat populer sebagai dorongan untuk sistem saraf pusat.  Selain itu, ada sejumlah besar katekin dan epikatekin dalam biji ini, antioksidan kuat yang juga ditemukan dalam teh hijau. Ada banyak perdebatan seputar guarana dalam beberapa tahun terakhir, karena kehadirannya di banyak minuman energi dan suplemen. Secara umum, ketika diminum dalam dosis sedang, zat stimulan ini dianggap aman. 

Sejarah Buah Guarana

Ada beberapa catatan tertulis tentang penggunaan buah ini, buah ini telah menjadi bagian integral dari budaya Amazon dalam mempersiapkan balsem dan salep. Suku Mauses-sateres pertama kali menemukan sifat obat dari biji tanaman ini. Mereka mengacu pada persiapan yang dibuat dari biji-biji ini sebagai “ramuan umur panjang.” Tanaman ini dikeringkan di bawah sinar matahari untuk menghilangkan biji agar lebih mudah; biji-biji yang diekstrak ini kemudian dipanggang dan digiling untuk digunakan.

Mereka menggunakannya sebagai astringen dan stimulan. Mereka mengkonsumsinya selama hari-hari puasa untuk menjaga kadar nutrisi tubuh tetap utuh; bertindak sebagai anorektik untuk mentoleransi pembatasan diet. Guarana adalah sumber obat pencegahan untuk suku-suku asli ini; mereka bahkan menggunakan bubuk yang disiapkan dari biji untuk membuat cetakan.

jika dilihat, biji guarana menyerupai mata manusia ketika buah dibelah. Sebuah mitos yang dibuat oleh orang-orang dari suku Mauses mengandung kisah dewa yang membunuh anak yang paling dicintai di desa. Tindakan ini mendorong dewa lain untuk menghibur penduduk desa dengan memetik mata kiri anak dan menanamnya di hutan (Wild guarana) dan mata kanan di desa (berbagai guarana yang dibudidayakan).

Kandungan Buah Guarana

Kandungan buah guarana didasarkan pada 100 gram penyajian bubuk guarana

  • Energi 338 kkal
  • Protein 12.67 g
  • Karbohidrat 59.06 g
  • Lemak 95 g
  • Omega 3 0,15 g
  • Omega 6 0,39 g
  • Serat 21 g
  • Garam 001 g

Manfaat Kesehatan Menakjubkan Dari Buah Guarana

Guarana telah mendapatkan popularitasnya di dunia medis modern karena sifatnya sebagai penyembuh dan peremajaan. Berikut ini adalah beberapa manfaat menakjubkan buah guarana bagi kesehatan tubuh manusia.

  1. Meningkatkan Sistem Pencernaan yang Sehat – Guarana telah menjadi bagian dari perawatan gangguan pencernaan sejak zaman kuno; Tonik diciptakan menggunakan guarana untuk dikonsumsi ketika menghadapi masalah usus seperti diare. Guarana memiliki jumlah serat yang baik yang sangat penting untuk pengaturan buang air besar dan untuk menjaga kesehatan usus secara keseluruhan. Memiliki usus yang sehat menjadi jaminan bahwa seluruh tubuh akan tetap bebas dari penyakit.
  2. Sumber Energi Alami – Kandungan kafein di Guarana lebih dari jumlah yang ada dalam biji kopi. Ini membuatnya menjadi pendorong energi yang luar biasa. Stimulan alami yang mencegah kelelahan. Stimulan alami  ini juga mencegah penurunan tingkat energi yang dipicu karena stres otot.
  3. Obat Alami Untuk Stres – Guarana juga dikenal sebagai buah ajaib, diketahui memiliki sifat menenangkan. Secangkir teh dengan buah ini benar-benar dapat membantu meringankan tingkat stres dan meningkatkan mood Anda. Kafein diketahui memiliki efek positif pada suasana hati, dan ini meningkatkan kewaspadaan dan perasaan sejahtera.
  4. Kesehatan Mental yang Lebih Baik – Guarana juga dikenal dapat membantu dalam meningkatkan kinerja intelektual. Anda dapat menggunakannya bersama dengan Ginseng untuk meningkatkan kekuatan mental. Buah ini memiliki potensi untuk meningkatkan sirkulasi darah, sehingga meningkatkan kesehatan mental yang lebih baik. Semakin baik tingkat sirkulasi darah, semakin baik Anda mencegah migrain dan sakit kepala.
  5. Afrodisiak Alami – Guarana telah dikenal secara luas memiliki sifat afrodisiak alami. Kehadiran kafein dalam buah ini dapat merangsang libido bawaan. Dengan demikian, penggunaan secara teratur dapat membantu seseorang menjalani kehidupan seksual yang bahagia.
  6. Sangat Baik untuk Sistem Kardiovaskular – Meskipun banyak yang percaya bahwa kafein bukan yang terbaik untuk tubuh Anda, guarana sangat baik untuk seluruh sistem kardiovaskular Anda. Ini adalah stimulan yang memberikan sirkulasi darah yang cukup dan juga membantu menghilangkan akumulasi lemak yang berlebihan di arteri karena kandungan seratnya. Komposisi kimianya juga menunjukkan sifat antioksidan yang menjaga aktivitas radikal bebas seminimal mungkin.
  7. Pengencer Darah Yang Baik – Guarana memiliki senyawa kimia seperti katekin yang membuatnya menjadi agen pengencer darah yang luar biasa; ini sangat bermanfaat untuk proses sirkulasi dan menjaga kesehatan tubuh. Senyawa kimia ini tidak mempengaruhi konsistensi darah ke tingkat yang berbahaya tetapi membantu menjaga keseimbangan.
  8. Membantu Menurunkan Berat Badan – Mendapatkan berat badan yang sehat diperlukan untuk menjaga banyak penyakit terkait dengan kelebihan berat badan. Guarana telah dipelajari dapat menunjukkan sifat penekan nafsu makan, dan jumlah asam lemak dan protein yang bagus, yang sangat ideal untuk menurunkan berat badan.
  9. Mengatasi Masalah Menstruasi Pada Wanita – Buah ini adalah berkah bagi wanita yang rentan terhadap menstruasi yang menyakitkan. Buah ini dapat mengatur siklus menstruasi dan juga dikenal untuk membantu menghilangkan gejala pramenstruasi. Wanita, yang merasa lesu dan lelah selama menstruasi, dapat memanfaatkan Guarana untuk meningkatkan tingkat energi mereka.
  10. Analgesik Alami – Kafein yang ada di Guarana menstimulasi peredaran darah. Semakin baik sirkulasi darah, semakin rendah rasa sakit yang dialami dalam suatu cedera. Ia bertindak sebagai analgesik alami, sehingga membantu mereka yang menderita sakit kepala terus menerus, migrain, serta menstruasi dan nyeri lainnya.
  11. Menjadikan Kulit Lebih Sehat – Kandungan protein dan sifat antioksidan di guarana membuatnya menjadi makanan ideal untuk kulit yang sehat. Guarana juga bisa ditambahkan ke masker wajah untuk memperbaiki warna kulit. Guarana juga membantu mengobati jerawat dan mengurangi munculnya bekas luka; dan juga berfungsi sebagai pelembab dan membuat kulit tampak sehat dan lentur.
  12. Mengatasi Panyakit Malaria – Tanaman guarana secara tradisional digunakan untuk membantu mencegah dan mengobati malaria.

Manfaat kesehatan menakjubkan dari buah Guarana bisa Anda dapatkan dalam produk herbal Amazon Berries, yang sudah dikemas sedemikian rupa dengan rasa yang enak, segar dan sangat berkhasiat.