Manfaat Kesehatan Telur Puyuh

Manfaat Kesehatan Telur Puyuh

November 5, 2019 0 By Joherbal

Telur puyuh berwarna putih atau cokelat dengan bintik-bintik cokelat gelap dan ukurannya lebih kecil dari rata-rata telur ayam. Meskipun telur puyuh umumnya dianggap sehat, telur ini memiliki rasio kuning-putih yang lebih tinggi daripada telur normal. Karenanya, telur puyuh tinggi kolesterol. Telur puyuh banyak digunakan dalam sebagian besar masakan Asia, terutama dalam masakan Jepang. Telur yang terlihat “imut” ini dapat dijadikan hiasan berbagai masakan. Telur-telur ini banyak diminati, karena sangat kaya akan nutrisi sehat dan bisa menjadi pengganti yang tepat bagi mereka yang alergi terhadap telur ayam.

Nilai Gizi Telur Puyuh

100 g telur puyuh mengandung 74,35 g air, energi 158 kkal dan juga mengandung:

  • 13,05 g protein
  • 11,09 g lemak
  • 0,41 g karbohidrat
  • 0,40 g gula
  • 64 mg kalsium
  • 3,65 mg zat besi
  • 13 mg magnesium
  • 226 mg fosfor
  • 132 mg potasium
  • 141 mg natrium
  • 1,47 mg seng
  • 66 mcg folat
  • 1,58 IU vitamin B-12
  • 543 IU vitamin A
  • 1,08 MG vitamin E
  • 55 IU vitamin D
  • 844 mg kolesterol

15 Manfaat Kesehatan Telur Puyuh

  1. Mengurangi risiko penyakit – Jumlah potassium yang rendah dalam tubuh Anda dapat membuat Anda rentan terhadap penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, radang sendi, stroke, kanker dan gangguan pencernaan. Telur puyuh adalah sumber yang kaya akan potasium, sehingga dapat mencukupi kebutuhan potasium dalam tubuh Anda.
  2. Mencegah penyakit kronis – Telur puyuh memiliki kadar vitamin A dan vitamin C yang signifikan, yang dapat mencegah timbulnya banyak penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  3. Anti alergi dan peradangan – Telur puyuh mengandung ovomucoid, jenis protein ini bertindak sebagai komponen anti alergi alami. Peradangan atau gejala lain dari reaksi alergi dapat diatasi dengan telur-telur ini.
  4. Meningkatkan metabolisme – Vitamin B yang ditemukan dalam telur ini dapat meningkatkan aktivitas metabolisme di seluruh tubuh, dengan meningkatkan fungsi hormon dan enzimatik.
  5. Meningkatkan sistem kekebalan – Telur puyuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kandungan telur puyuh membersihkan darah dari racun dan logam berat, meningkatkan kemurnian darah, meningkatkan daya ingat dan meningkatkan aktivitas otak.
  6. Meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah – Kandungan zat besi yang tinggi dalam telur puyuh dapat membantu penderita anemia. Mengkonsumsi telur puyuh secara teratur meningkatkan kadar haemoglobin.
  7. Meningkatkan penglihatan – Vitamin A yang hadir dalam telur puyuh melindungi penglihatan, membantu mengurangi degenerasi makula dan mencegah perkembangan katarak.
  8. Membantu mengontrol tekanan darah – Telur puyuh tinggi akan potasium. Mineral ini membantu meredakan ketegangan pada arteri dan pembuluh darah, karenanya, menjaga tekanan darah tetap terkendali.
  9. Meningkatkan kesehatan jantung – HDL (high-density lipoprotein) membentuk lebih dari 60% lemak dalam telur puyuh. Asam lemak bermanfaat ini membantu meningkatkan kesehatan jantung. Namun demikian, bagi orang dengan masalah kolesterol, menambahkan terlalu banyak telur puyuh ke dalam makanan mereka tidak dianjurkan.
  10. Mencegah terbentuknya batu kandung kemih – Telur-telur ini meningkatkan kesehatan ginjal, hati, dan kantong empedu Anda. Telur puyuh mengandung komponen yang disebut lesitin, yang membantu memecah batu kandung kemih dan menghentikan pertumbuhan batu-batu ini.
  11. Mengatasi batuk dan asma – Sifat antioksidan dalam telur puyuh dapat meningkatkan fungsi paru-paru secara keseluruhan. Telur puyuh sangat tinggi vitamin A dan selenium. Oleh karena itu, mereka bekerja secara ajaib dalam mengobati masalah pernapasan seperti batuk, asma dan TBC.
  12. Meredakan sakit perut – Telur puyuh bisa menjadi obat rumahan ajaib untuk gangguan pencernaan seperti sakit perut, tukak lambung, ulkus duodenum, dll. Senyawa antioksidan alkali dan kuat yang tinggi dalam telur ini akan menjaga masalah pencernaan Anda tetap terkendali saat dikonsumsi secara teratur.
  13. Mengobati kelainan seksual – Telur puyuh memiliki banyak vitamin, unsur mikro dan makro, mineral, asam amino dan banyak protein baik. Unsur-unsur ini membantu meningkatkan hasrat seksual dan bahkan membantu mengobati disfungsi ereksi.
  14. Memperlambat penuaan – Mengkonsumsi telur-telur ini secara teratur membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan akhirnya memperlambat penuaan organ. Antioksidan, asam lemak vital, selenium, dan vitamin yang terdapat dalam telur puyuh menjadikannya agen anti-penuaan yang sempurna.
  15. Menjaga sistem saraf yang sehat – Telur puyuh telah terbukti efektif dalam memerangi masalah stres, migrain, hipertensi, depresi, dan penyakit kecemasan.

Efek Samping Telur Puyuh

Meskipun mengkonsumsi telur ini bermanfaat bagi kesehatan Anda, kadang-kadang makan terlalu banyak telur puyuh dapat membawa efek samping seperti peningkatan risiko hipotensi dan hipoglikemia. Untuk orang-orang dengan masalah kolesterol, menambahkan terlalu banyak telur puyuh ke dalam makanan mereka tidak dianjurkan, karena telur-telur tersebut tinggi kolesterol. Selain itu, jangan makan telur puyuh tanpa berkonsultasi dengan dokter jika Anda sedang hamil atau menyusui. Meskipun demikian, memakannya dalam jumlah sedang sangat dianjurkan.