Manfaat Kesehatan Tribulus Terrestris

Manfaat Kesehatan Tribulus Terrestris

August 16, 2018 0 By Joherbal

Meskipun Tribulus Terrestris dianggap sebagai gulma berbahaya di Amerika Serikat dan Australia, namun secara luas tanaman ini digunakan untuk meningkatkan hasrat seksual pada pria dan wanita, dan untuk mengobati disfungsi ereksi pada pria. Tribulus Terrestris memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional Cina dan praktek pengobatan Ayurvedic India. Tanaman ini memiliki banyak sebutan termasuk puncturevinecaltrop, kepala kucing, pohon anggur kuning, goathead, duri setan, gulma setan, bulu mata setan, burra gokharu dan bindii.

Secara alami Tribulus Terrestris tumbuh subur di daerah tropis dan beriklim hangat, bahkan tanaman ini tumbuh di tempat-tempat kering dengan kualitas tanah yang buruk. Tribulus Terrestris memiliki bunga kuning kecil yang hanya berisi 5 kelopak. Tumbuh dengan beberapa batang yang muncul dari satu mahkota, memiliki daun menyirip yang terdiri dari dua baris selebaran kecil (kurang dari seperempat inci), yang tersusun berseberangan di sepanjang batang. Buahnya akan muncul seminggu setelah mekar; bijinya keras dan kaku dan memiliki duri diatasnya.

Tribulus Terrestris pada awalnya dikenal karena kemampuannya untuk mengobati penyakit hati, ginjal, dan saluran kemih. Saat ini, tujuan pengobatan digunakan untuk membantu dalam fungsi-fungsi tertentu dari tubuh seperti disfungsi seksual, stres, jantung, dan sistem kekebalan tubuh. Tribulus Terrestris juga menguntungkan sistem anabolik, sehingga memiliki dampak besar pada pembangun tubuh dengan membangun massa otot.

Tribulus dapat memainkan peran penting dalam hormon dan memberi tubuh manfaat dalam meningkatkan kadar testosteron dan bertindak seperti afrodisiak. Afrodisiak merangsang libido, hal ini menjadi nilai tambah yang besar tidak saja bagi pria, namun juga pada wanita. Pria dengan masalah kesuburan juga dapat menggunakan tanaman ini untuk meningkatkan spermatozoa. Tribulus juga dapat membantu wanita, dengan mengurangi efek samping yang mereka hadapi sehari-hari dengan komplikasi menopause. Sedangkakn pria dengan andropause, yang merupakan menopause laki-laki, juga dapat menggunakan Tribulus untuk membantu meringankan gejala atau komplikasi.

Ketika merasa kelelahan, stres atau bahkan depresi, Tribulus dapat membantu mengurangi efek dari aktivitas sehari-hari dengan meningkatkan suasana hati yang baik, mengurangi masalah kurang tidur dan melawan gejala depresi ringan. Setiap orang membutuhkan tidur untuk membantu meregenerasi siklus bagaimana tubuh bekerja. Ketika rusak, tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan dengan siklus tidur yang tepat, yang akan membantu tubuh kembali ke jalurnya.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan Tribulus Terrestris, seperti:

1. Meningkatkan Fungsi Seksual

Tribulus terrestris telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati disfungsi seksual, seperti impotensi dan libido rendah. Campuran dari berbagai senyawa yang ditemukan didalam buah, batang dan akar tribulus terrestris memberikan sifat obatnya. Penelitian awal menunjukkan bahwa tribulus terrestris dapat meningkatkan kadar hormon seperti tetstosterone dan dehydroepiandrosterone, atau DHEA, pada tikus. Berdasarkan hasil ini, ramuan ini digunakan oleh individu dengan asumsi akan meningkatkan kadar hormon mereka dan meningkatkan fungsi seksual mereka.

Hasil percobaan pemberian obat dengan kandungan ekstrak dari tribulus 3 kali sehari selama 2 minggu pada pria yang terkendala impoten adalah 50% mengalami peningkatan libido dan 60% terjadi peningkatan ereksi serta meningkatnya durasi seksual dengan waktu yang lebih lama serta tanpa efek samping yang negatif.

Hasil percobaan pemberian 750 mg ekstrak tribulus terrestris per hari pada pria sehat adalah kadar hormon LH (Luteinizing Hormone) dalam darah meningkat hingga 72%, hormon testosteron dalam darah terjadi peningkatan hingga 41%. Dari hasil percobaan juga ditemukan bahwa ekstrak tribulus terrestris mampu meningkatkan produksi sperma, kemampuan seksual serta daya tahan tubuh.

2. Membantu Mencapai Keseimbangan Hormonal

Banyak penelitian telah mengkonfirmasi kaitannya Tribulus terrestris dengan keseimbangan hormon dalam tubuh. Ini adalah salah satu faktor penting yang memengaruhi keseluruhan kesehatan yaitu pikiran dan tubuh yang sehat.

3. Meningkatkan Massa Otot

Tribulus terrestris meningkatkan kadar testosteron, yang membantu meningkatkan massa otot. Kenaikan tingkat testosteron mengurangi waktu bagi otot untuk pulih, dan meningkatkan sintesis protein, atau proses sel hidup memproduksi protein dari asam amino penyusunnya, berdasarkan informasi genetik yang dibawa dalam DNA kromosom. Ini juga mempromosikan keseimbangan nitrogen positif. Kombinasi dari semua tindakan ini membantu memperkuat dan meningkatkan massa otot.

4. Meningkatkan Motilitas Sperma

Motilitas sperma dan kemampuan sperma untuk menembus telur betina, serta volume dan konsentrasi sperma, memainkan peran penting dalam pembuahan sel telur. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh L.Setiawan dari Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia, pada tahun 1996, meneliti efek tribulus terrestris pada pria dengan oligoasthenoteratozoospermia, penyebab umum subfertilitas pria. Penlitian terdiri dari 30 pria tidak subur primer dan sekunder. Lima puluh persen pria menggunakan tribulus oral, atau Libilov, 500mg tiga kali per hari selama 60 hari, dan yang lainnya menggunakan pil gula. Data parameter mereka dinilai sebelum dan sesudah perawatan. Kesimpulan menunjukkan bahwa Tibullus terrestris, yang diberikan dengan dosis 500mg tiga kali sehari selama 30 hari, terbukti efektif dalam memulihkan fungsi sperma seperti reaksi motilitas dan akrosom.

5. Meningkatkan Stamina

Di zaman modern, manfaat Tribulus terrestris telah dipakai oleh olahragawan angkat besi selama bertahun-tahun, terutama selama 10 hari terakhir. Komponen aktifnya adalah steroid alami, flavonoid, alkaloid, dan glikosida. Tribulus telah ditunjukkan dalam setidaknya satu penelitian untuk meningkatkan kadar testosteron alami, hormon luteinizing, hormon perangsang folikel, dan steroid tanpa efek samping yang berbahaya. Beberapa orang mungkin menggunakannya untuk peningkatan stamina, yang bermanfaat untuk mengembangkan ukuran dan kekuatan otot.

6. Mengatasi Masalah Kulit

Tribulus terrestris kadang-kadang digunakan sebagai perawatan internal dan eksternal untuk kondisi kulit seperti alergi, eksim, kudis dan psoriasis. Pada pasien kusta, tribulus telah secara efektif mengurangi kemerahan dan luka pada kulit.

7. Mengatasi Masalah Kesehatan Wanita

Tidak saja bermanfaat bagi pria, Tribulus terrestris juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan wanita, seperti meningkatkan libido, meningkatkan efek ovulasi, mengurangi gejala vasomotor yang menyertai menopause, dan mengurangi sikap apatis dan agresif. Satu penelitian menunjukkan penurunan gejala menopause sebesar 98%. Penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas Tribulus terrestris adalah setara dengan atau lebih baik daripada hormon estrogen / testosteron buatan, tanpa efek samping seperti peningkatan berat badan.Tribulus terrestris  juga telah digunakan untuk meningkatkan kesuburan wanita secara alami.

8. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Tribulus terrestris diyakini bermanfaat dalam mengatasi beberapa gangguan pencernaan seperti sembelit, perut kembung, keracunan makanan, dan makan berlebihan. Tribulus terrestris memiliki efek diuretik ringan dalam beberapa kasus dalam uji coba pada manusia. Tribulus terrestris juga ditemukan untuk melawan infeksi dan berperan dalam menyembuhkan infeksi saluran kemih.

9. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Tribulus terrestris sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penelitian berulang pada tikus menunjukkan bahwa ketika ekstrak berair dari ramuan itu diberikan kepada tikus dengan hipertensi, tekanan darah menjadi normal. Selain itu, aktivitas angiotensin converting enzyme (ACE) pada tikus yang diberi perlakuan secara signifikan lebih rendah daripada tikus yang tidak diobati.

Segala manfaat kesehatan Tribulus Terrestris bisa Anda temukan pada produk B-Coffee, yang merupakan perpaduan kopi putih dengan herbal istimewa seperti ginseng, butea, tribullus, xanthone serta ditambahkan susu tanpa lemak dan madu. Kopi ini bermanfaat untuk kesejahteraan bagi pria dewasa.