Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

August 18, 2018 0 By Joherbal

Madu adalah pemanis alami yang jauh lebih baik daripada pemanis buatan, yang saat ini banyak digunakan dalam industri makanan. Selain memberikan rasa yang manis, madu ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Manusia menemukan madu sekitar 8.000 tahun yang lalu dan belum berhenti menggunakannya sejak saat itu. Pada awalnya, madu banyak digunakan di Yunani dan Mesir. Sisa madu tertua ditemukan di Georgia, di mana arkeolog menemukan madu yang tersisa di permukaan bagian dalam dari bejana tanah liat yang digali di makam kuno yang berumur sekitar 5.000 tahun. Budidaya lebah, atau praktik perlebahan untuk menghasilkan madu, setidaknya telah dimulai 700 SM.

Manfaat madu bagi kesehatan sudah disadari sejak dahulu, tidak mengherankan jika madu telah digunakan dalam banyak pengobatan, dan menjadi komponen wajib dalam praktek pengobatan Ayurveda dan obat tradisional Cina. Zat ajaib ini memiliki sifat penyembuhan yang membuatnya menjadi penyembuh alami. Madu adalah bahan racikan untuk pengobatan rumah yang tak terhitung jumlahnya. Bahkan, madu digunakan oleh pelari di Olimpiade Yunani kuno sebagai sumber energi. Orang Jepang memiliki tradisi yang telah dilakukan secara turun temurun, dimana mereka meminum madu setiap malam agar bangun tidur dalam keadaan segar dan sehat. Madu juga sangat baik untuk perawatan kecantikan, bahkan Ratu Cleopatra telah menggunakannya untuk merawat kesehatan dan kecantikannya.

Madu adalah salah satu makanan alami paling murni dan lebih dari sekedar pemanis alami. Madu adalah “makanan fungsional,” yang berarti makanan alami dengan manfaat kesehatan. Madu mengandung 22 asam amino, 27 mineral dan 5.000 enzim. Mineral didalamnya termasuk zat besi, seng, kalium, kalsium, fosformagnesium, dan selenium. Vitamin yang ditemukan dalam madu termasuk vitamin B6, thiamin, riboflavin, asam pantotenat dan niacin. Selain itu, nutraceutical yang terkandung dalam madu membantu menetralisir aktivitas radikal bebas yang merusak tubuh.

Satu sendok makan madu mengandung 64 kalori, namun memiliki kandungan glikemik yang sehat sekitar 10 untuk satu sendok makan, yang artinya sedikit lebih rendah daripada pisang. Madu tidak menyebabkan lonjakan glukosa dan peningkatan pelepasan insulin seperti pada gula putih. Meskipun madu adalah makanan yang terjangkau, lebah menghabiskan ribuan jam mengumpulkan serbuk sari dari sekitar 2 juta bunga untuk membuat satu pon madu murni. Madu biasanya mengandung sekitar 18 persen air, tetapi semakin rendah kadar air, semakin baik kualitas madu. Yang terbaik dari semuanya, madu tidak memerlukan penyimpanan atau pendingin khusus.

Ada banyak hal menarik tentang manfaat madu bagi kesehatan yang harus kita ketahui, diantaranya adalah:

1. Manajemen Berat Badan Yang Sehat

Sebuah penelitian telah menghubungkan konsumsi madu dengan penurunan berat badan. penelitian yang dilakukan oleh Universitas Negeri San Diego menemukan bahwa mengganti gula dengan madu sebenarnya dapat membantu mencegah naiknya berat badan dan juga menurunkan gula darah. Hasilnya menunjukkan bahwa dibandingkan dengan gula, madu dapat menurunkan trigliserida serum.

Penlitian lain dari University of Wyoming menemukan bahwa madu dapat mengaktifkan hormon yang menekan nafsu makan. Dalam penelitian acak, hormon nafsu makan dan respon glikemik diukur pada 14 wanita sehat yang tidak mengalami obesitas setelah mengkonsumsi sarapan yang mengandung madu atau gula. Secara keseluruhan, para peneliti menyimpulkan bahwa mengkonsumsi madu menawarkan efek perlindungan terhadap obesitas.

2. Sumber Energi Alami

Madu mengandung gula alami (80 persen), air (18 persen), dan mineral, vitamin, serbuk sari dan protein (2 persen). Tidaklah mengherankan jika madu dijadikan sumber energi alami. Madu memberikan pasokan energi yang mudah diserap dalam bentuk glikogen, sehingga ideal untuk memulai pagi yang energik dan sebagai sumber energi untuk menjalankan aktivitas.

University of Memphis Exercise and Sports Nutrition Laboratory telah menunjukkan madu menjadi salah satu pilihan terbaik karbohidrat untuk dikonsumsi tepat sebelum berolahraga. Selain itu, penelitian lain telah mengungkapkan bahwa madu berkinerja setara dengan glukosa, yang merupakan gula yang digunakan dalam sebagian besar minuman berenergi. Itu sebabnya madu sangat baik untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga.

3. Sumber Antioksidan

Penelitian telah menunjukkan, mengkonsumsi madu secara teratur dapat meningkatkan tingkat antioksidan yang meningkatkan kesehatan di dalam tubuh. Antioksidan membantu memblokir radikal bebas di dalam tubuh yang menyebabkan penyakit. Antioksidan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bertindak sebagai pencegahan terhadap sejumlah penyakit. Madu mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan kuat yang telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Satu studi memberi makan 25 subjek dengan empat sendok makan madu per hari selama 29 hari di samping pola makan reguler mereka. Ketika sampel darah diambil pada awal dan akhir penelitian, para peneliti menemukan hubungan langsung yang jelas antara mmengkonsumsi madu dan peningkatan kadar polifenol yang melawan penyakit dalam darah. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa madu mengandung antioksidan flavonoid pinocembrin, pinostrobin dan chrysin. Pinocembrin mendukung aktivitas enzim, dan banyak penelitian menunjukkan bahwa pinocembrin menginduksi apoptosis (kematian sel terprogram) dari banyak jenis sel kanker.

4. Menyembuhkan Luka Dan Ulkus

Peter Charles Molan dari Universitas Waikato, Selandia Baru, telah menemukan dalam beberapa penelitian bahwa madu adalah antibakteri alami dengan efek penyembuhan luka. Dia juga menemukan bahwa madu bereaksi dengan cairan tubuh untuk membuat hidrogen peroksida, menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi bakteri. Madu juga telah dipelajari untuk digunakan secara efektif untuk mengobati berbagai jenis bisul. Madu dapat mengurangi ukuran, rasa sakit dan bau ulkus kulit yang bermasalah.

5. Mengontrol Diabetes

Mengkonsumsi madu dapat mengurangi risiko terkena diabetes dan membantu mengontrol diabetes. Kombinasi madu mentah dan kayu manis dapat sangat bermanfaat untuk mangontrol gula darah yang sehat, serta banyak masalah kesehatan lainnya seperti gingivitis dan jerawat.

Menurut sebuah penelitian di Dubai, madu telah diamati menyebabkan peningkatan kadar glukosa plasma lebih rendah pada penderita diabetes dibandingkan dengan dekstrosa dan sukrosa. Beberapa menyarankan bahwa daya dukung-insulin dari kayu manis dapat menetralkan peningkatan glukosa ini dalam madu, yang akan membuat campuran madu dan kayu manis memiliki kombinasi makanan glikemik indeks yang rendah.

Madu meningkatkan insulin dan menurunkan hiperglikemia. Coba konsumsi sedikit demi sedikit dan lihat bagaimana gula darah Anda bereaksi terhadapnya, dan tambahkan madu alami dan kayu manis ke dalam rencana pola makan harian Anda.

6. Obat Batuk Alami

Madu telah terbukti efektif dalam mengobati batuk. Semakin banyak bukti ilmiah menunjukkan bahwa satu dosis madu dapat mengurangi sekresi lendir dan batuk. Dalam sebuah penelitian, madu sama efektifnya dengan diphenhydramine dan dextromethorphan, bahan-bahan umum yang dipakai dalam banyak produk obat batuk. Untuk mengatasi batuk, setengah sendok teh hingga dua sendok teh madu sebelum tidur adalah dosis yang direkomendasikan bagi siapa saja yang berusia di atas 1 tahun.

7. Mengatur Tingkat Kolesterol

Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang menakutkan yang harus ditangani dengan tepat dan tepat waktu. Banyak penelitian membuktikan bahwa madu adalah sumber yang sehat untuk mengontrol kadar kolesterol tinggi. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa mengkonsumsi 70 gr madu secara teratur selama 30 hari dapat mengurangi tingkat kolesterol hingga 3%. Fakta menarik lainnya, madu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

8. Mengobati Masalah Lambung

Masalah lambung sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Berkat komponen antimikroba dan antioksidan yang ditemukan dalam madu, Anda dapat mengobati komplikasi lambung secara alami, sekali dan untuk selamanya. Ini adalah cara yang aman dan cepat untuk menangani masalah lambung karena kualitas antibakteri tambahan di dalamnya – yaitu methylglyoxal, yang dapat melawan kuman dan bakteri jahat di saluran pencernaan Anda.

9. Mencegah Infeksi

Bakteri adalah penyebab utama berbagai macam infeksi. Anda dapat mencegah tubuh Anda dari infeksi ini hanya dengan memasukkan madu ke dalam pola makan harian Anda. Madu diperkaya dengan sifat antibakteri, yang berfungsi sebagai perisai terhadap berbagai jenis infeksi yang mencegah tubuh Anda dari kerusakan lebih lanjut.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur 8 jam tanpa gangguan sangat penting untuk kesehatan Anda. Itu sebabnya, ahli diet menyarankan untuk banyak tidur dan istirahat untuk mengatasi masalah kesehatan. Makan satu sendok madu sebelum tidur dianjurkan untuk penderita insomnia atau gangguan tidur. Dengan cara ini, glikogen hati mereka tetap terjaga karena jika mereka kosong, organ hati akan berhenti membentuk glukosa, yang penting untuk menghasilkan energi.

11. Mengobati Asma

Madu tidak saja dapat mengobati batuk yang mengganggu, tetapi juga membantu meringankan sistem pernapasan seperti asma. Selain itu, madu sudah sejak lama telah diketahui dapat mengatasi selaput lendir yang ditemukan di saluran udara. Mengkonsumsi madu secara teratur juga dapat menghambat penumpukan lendir di tabung bronkus, yang dikenal sebagai gejala utama asma.

12. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Antioksidan dalam madu dapat melindungi jantung, dengan mengurangi pembentukan diena terkonjugasi, yang merupakan senyawa yang diciptakan melalui oksidasi, dan yang terkait dengan kolesterol jahat dalam darah. Madu juga diketahui dapat mengurangi pembentukan plak yang menyempitkan arteri dan menyebabkan serangan jantung. Bahkan polifenol dalam madu memiliki peran dalam kesehatan jantung. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan meningkatkan asupan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

13. Meredakan Refluks Asam

Karena madu kaya akan antioksidan, dan karena madu dapat melawan radikal bebas, madu dapat meredakan refluks asam, yaitu kondisi yang sebagian disebabkan oleh radikal bebas yang merusak lapisan sel saluran pencernaan. Madu juga bisa berfungsi untuk mengobati peradangan di esofagus. Dan teksturnya membantu melapisi selaput lendir esofagus.

Madu juga telah ditemukan untuk mempercepat penyembuhan pada pasien dengan mucositis oral. Madu juga dapat digunakan untuk mengobati esofagitis refluks bersama dengan pengobatan konvensional. Madu bahkan bisa mengatasi sakit tenggorokan, dan biasanya ditambahkan ke teh herbal hangat dan dikonsumsi untuk menyembuhkan kondisi tersebut.

14. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Madu, terutama madu manuka, mengandung lebih banyak methylglyoxal, senyawa yang bertanggung jawab atas aktivitas antibakteri madu. Senyawa ini juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini juga menstimulasi produksi sitokin, yang merupakan pengantar yang disekresikan oleh sel-sel imun Anda untuk mengatur respons imunitas.

15. Membantu Mengobati Tonsilitis

Data menunjukkan bahwa madu manuka dapat menjadi obat yang menjanjikan untuk mengobati tonsilitis. Ini karena kandungan methylglyoxal yang tinggi yang dapat membunuh bakteri Streptococcus, yang bertanggung jawab untuk tonsilitis. Caranyapun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan air hangat dengan madu.

16. Mengobati Mual

Mencampur jus lemon dengan madu dapat membantu mengobati mual dan mencegah muntah. Cara lainnya adalah dengan mencampur satu sendok makan cuka sari apel bersama dengan madu dan mencampurnya dengan air dingin sebelum tidur dapat mengobati kondisi tersebut.

17. Meredakan Mabuk

Fruktosa dalam madu diperlukan oleh tubuh untuk memecah alkohol menjadi produk sampingan yang tidak berbahaya. Fruktosa dalam madu juga membantu tubuh Anda memetabolisme dan membakar alkohol dalam sistem tubuh Anda. Dan menurut penelitian di Cina, madu memiliki efek anti-intoksikasi. Fruktosa dalam madu dapat membantu mengurangi konsentrasi alkohol dalam darah.

18. Meredakan Kecemasan

Karena madu dapat meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik, ini bisa menjadi pengobatan yang baik untuk insomnia – yang merupakan salah satu gejala kecemasan. Penelitian menunjukkan bahwa minum teh hangat dengan madu sebelum tidur dapat membantu meredakan kecemasan. Nutrisi dalam madu juga menghasilkan efek menenangkan, terutama ketika Anda meminumnya dalam jumlah yang signifikan. Dan selain mengurangi kecemasan, mengonsumsi madu juga bisa meningkatkan memori spasial pada usia paruh baya.

19. Mengurangi Efek Berbahaya Dari Merokok

Satu penelitian telah menemukan bahwa asupan madu dapat mengurangi kerusakan testis yang disebabkan oleh merokok dan juga memerangi stres oksidatif yang dihasilkannya. Beberapa ahli mengatakan bahwa madu juga dapat membantu seseorang berhenti merokok – meskipun diperlukan lebih banyak penelitian dalam hal ini.

20. Mengatasi Jerawat

Madu menyerap kotoran dari pori-pori kulit dan bertindak sebagai agen pembersih. Dan karena madu adalah antiseptik alami, yang dapat menenangkan dan menyembuhkan kulit Anda. Anda hanya cukup mengaplikasikan madu pada wajah Anda dalam lapisan tipis. Biarkan selama sekitar 30 menit, setelah itu Anda bisa mencuci muka dengan air biasa.

Tetapi pastikan Anda melakukan uji coba sebelum mengoleskan madu ke wajah Anda karena beberapa individu alergi terhadap madu. Oleskan sedikit pada rahang Anda dan biarkan selama 30 menit. Jika tidak ada reaksi, Anda siap untuk melakukannya. Penting untuk diketahui bahwa madu dapat mengobati jerawat Anda hanya jika disebabkan oleh infeksi bakteri.

21. Menghilangkan Kulit Keriput

Manfaat madu bagi kesehatan tidak terbatas, karena tidak saja dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, madu juga dapat digunakan untuk menghilangkan keriput pada wajah. Madu adalah humektan alami, yang berarti melembabkan lapisan atas kulit. Kelembaban ekstra ini dapat membantu menhilangkan kerutan. Madu juga dapat mengatasi area kering dan sensitif pada kulit. Selain itu, sifat antioksidan madu bekerja untuk membantu menunda penuaan kulit.

Untuk membuat masker madu anti penuaan, Anda dapat mencampurkan satu sendok makan madu dengan jumlah pepaya yang sama, susu atau yogurt. Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan biarkan selama 30 menit. Anda juga dapat memijat campuran saat Anda menggunakannya karena hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan mengencangkan kulit. Bersihkan masker dengan air hangat dan tepuk kulit Anda dengan lembut hingga kering menggunakan handuk bersih. Madu juga membuat kulit menjadi halus dan terhidrasi, mengurangi keriput dan garis-garis halus.

22. Mengatasi Bibir Pecah

Cukup oleskan madu di bibir Anda sebelum tidur dan biarkan semalam. Madu akan diserap ke dalam kulit dan membuat bibir Anda halus dan kenyal dengan menggunakannya setiap hari. Madu juga bisa berfungsi baik untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

23. Mengatasi Kulit Kering

Kombinasi madu dan yogurt dapat membantu merawat kulit kering dan bersisik. Keduanya memiliki sifat antibakteri yang dapat membersihkan kulit. Dan madu, kaya akan antioksidan dan juga humektan, sehingga dapat meningkatkan kadar kelembaban kulit.

24. Membantu Memutihkan Kulit

Madu bisa membantu memutihkan kulit dengan berbagai cara. Sifat antibakterinya dapat mengatasi peradangan dan mempertahankan kulit dari kuman dan juga melembabkan kulit. Menggunakan madu dan yogurt dapat bekerja dengan baik. Campurkan 1 sendok makan yogurt segar dengan 1 ½ sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat, dan ulangi setiap harinya.

25. Menghilangkan Ketombe

Ketombe dan kulit kepala yang gatal adalah masalah yang cukup mengganggu. Berkat sifat antibakteri yang ditemukan dalam madu, Anda dapat menyingkirkan masalah ketombe untuk selamanya. Menggunakan madu pada rambut sama amannya seperti memakannya. Untuk mengobati ketombe dan kulit kepala yang tidak sehat, yang Anda butuhkan adalah mencampur madu dengan air. Pijat kulit kepala Anda dengan ramuan tersebut dan biarkan selama satu jam, kemudian bilas. Anda akan melihat perbedaan yang nyata dalam beberapa minggu.

Manfaat madu bagi kesehatan tidak terbatas dan madu adalah sumber yang paling aman untuk mendapatkan banyak energi dan juga dapat menjadi alternatif untuk menigkatkan kesehatan secara keseluruhan. Manfaat madu bagi kesehatan bisa Anda temukan pada produk B-Coffee dan Bee Moringa yang telah terbukti khasiatnya.