Manfaat Push Up bagi Kesehatan

Manfaat Push Up bagi Kesehatan

July 18, 2020 0 By Joherbal

Bagi kamu yang terlalu sibuk dengan pekerjaan, melakukan push up bisa menjadi alternatif pilihan olahraga. Push up bisa dimasukkan program latihan setiap hari, dilakukan di luar ruangan (outdoor) atau di dalam ruangan (indoor).  Bahkan, push up bisa dilakukan setelah bangun atau sebelum tidur. Pria dan wanita bisa melakukan olahraga ini. Melakukan push up juga tidak memerlukan alat khusus atau tempat khusus. Push up adalah gerakan yang bertumpu pada tangan. Kendati begitu, olahraga ini tidak hanya membentuk otot lengan, melainkan juga otot perut.

Walau sederhana, melakukan push up secara konsisten setiap hari memberikan banyak keuntungan ke tubuh. Dengan melakukan push up, kamu bisa meningkatkan kesehatan organ dalam, seperti jantung. Tentunya masih banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan rutin melakukan push up secara benar. Berikut beberapa manfaat dari push up bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Push up bisa meningkatkan kesehatan jantung. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa melakukan push up sebanyak 40 kali berturut-turut mampu menghindarkan dari penyakit jantung sebanyak 96 persen. Rutin melakukan push up juga bisa membentuk dan menguatkan otot sehingga organ jantung lebih sehat. Saat melakukan push up, jantung akan bekerja lebih keras untuk mendistribusikan darah bersih, yaitu darah yang kaya akan oksigen ke jaringan otot. Hal ini berdampak pada kesehatan sistem kardiovaskular tubuh. Kamu bisa memiliki Jantung sehat dan aliran darah yang lancar dengan melakukan push up secara rutin.

  1. Meningkatkan postur tubuh

Memiliki postur tubuh yang bagus tentu menjadi dambaan bagi semua orang, terutama kaum pria. Kebanyakan pria menginginkan postur tubuh yang kekar dan besar. Gerakan push up mampu memicu otot-otot inti menjadi kuat sehingga didapatkan postur tubuh yang kekar dan ideal. Latihan push up juga akan membuat tubuh terbiasa ada pada posisi yang bagus.

  1. Meningkatkan pertumbuhan otot

Manfaat push up selanjutnya adalah dapat meningkatkan pertumbuhan otot. Latihan push up yang diterapkan setiap hari secara teratur bisa membentuk kelompok otot mayor dan minor secara efektif. Ketika kamu melakukan push up, akan merangsang otot menjadi lebih padat. Makin banyak massa otot yang digunakan dalam latihan, akan makin besar produksi dan pelepasan hormon khusus yang dikenal dengan HGH (hormone pertumbuhan manusia). Dengan gerakan push up yang menggunakan banyak otot, akan memicu produksi HGH, yang akhirnya menghasilkan pertumbuhan otot. Lakukan push up minimal lima menit dalam sehari dan miliki tubuh yang berotot.

  1. Meningkatkan vitalitas tubuh

Push up bisa meningkatkan vitalitas tubuh. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa gerakan push up yang dilakukan bisa meregangkan otot-otot bisep. Ketika melakukan push up, otot bisep akan mengalami perenggangan yang bisa meningkatkan fleksibilitas. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh. Peregangan otot bisep juga bisa mencegah berbagai cedera otot.

  1. Mencegah osteoporosis

Jika kamu ingin memiliki tulang yang sehat, hal penting yang harus dijaga adalah banyak melakukan kegiatan fisik. Melakukan push up bisa menjadi satu di antaranya. Ketika melakukan push up, kamu akan memiliki risiko rendah mengalami osteoporosis. Push up bisa menjaga kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis.

  1. Memperbanyak testosteron dalam tubuh

Melakukan push up mampu memperbanyak kadar hormon testosteron yang ada di dalam tubuh. Hormon testosteron sangat dibutuhkan untuk meningkatkan performa fisik, massa otot, produksi hormon lainnya, pertumbuhan rambut, hingga dorongan seks.

  1. Mencegah cedera punggung dan bahu

Push up dapat mencegah cedera pada bagian punggung dan bahu. Punggung adalah bagian penting dari tubuh untuk mendukung semua gerakan, sedangkan bahu bertanggung jawab dalam menjaga tulang lengan. Melakukan push up secara rutin dapat membantu memperkuat bagian tubuh tersebut.