Manfaat Sarang Walet Bagi Kesehatan

Manfaat Sarang Walet Bagi Kesehatan

July 24, 2020 0 By Joherbal

Sesuai dengan namanya, sarang walet dihasilkan dari liur burung walet yang banyak bermukim di Asia Tenggara. Sarang walet sejak lama menjadi makanan eksotis dengan harga jual fantastis. Untuk bisa mendapatkan sarang walet, prosesnya memakan waktu yang cukup lama. Itulah mengapa sarang walet harganya cukup mahal. Sarang walet kini bisa diproduksi dengan menyediakan bangunan kosong, tanpa harus susah-susah mencarinya di gua-gua. Tak sedikit orang yang beralih profesi sebagai pengusaha sarang walet.

Sarang walet memiliki beragam nutrisi, di antaranya natrium, kalium, kalsium, protein, karbohidrat, hingga lemak baik. Biasanya, sarang walet sering dibuat menjadi sup atau es sarang burung. Rasanya yang segar dan teksturnya yang lembut cocok dinikmati pada siang hari yang terik. Itulah mengapa harga yang mahal tidak membuat minat masyarakat pada sarang walet menurun. Berikut ini beberapa manfaat sarang wallet bagi kesehatan, diantaranya:

  1. Meningkatkan Gairah Seks

Sarang walet digunakan sebagai obat kuat pria karena mengandung hormon testosteron, estradiol, dan amino. Kedua hormon yang dibutuhkan pria untuk meningkatkan gairah seks. Selain dapat meningkatkan gairah seksual, tentunya masih terdapat manfaat lain dari kandungan hormon-hormon ini pada sarang burung walet. Kandungan testosteron dapat membantu dalam pemebentukan otot dan pembakaran lemak.

  1. Sebagai Obat Atasi Obesitas

Sarang walet adalah makanan yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Penelitian menyatakan bahwa, mengonsumsi sarang walet dapat mencegah terjadinya obesitas.

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Kandungan protein yang ada di dalam sarang walet dapat merangsang pertumbuhan sel, sehingga imunitas seseorang pun meningkat. Oleh karena itu, sarang walet dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Di China, sarang burung walet sejak lama dianggap sebagai makanan peningkat daya tahan tubuh. Kemampuan ini dipercaya baik untuk membantu pasien yang sedang menjalani pengobatan seperti pasien kanker yang menjalani kemoterapi atau pasien yang mengalami cedera kornea.

  1. Cegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan satu di antara alasan dibalik tingginya tingkat kematian di dunia setiap tahunnya. Dalam jurnal Drug Design, Development and Therapy 2015 menyatakan bahwa, sarang walet berpotensi menurunkan risiko pengentalan darah (hiperkoagulasi) akibat kolesterol tinggi. Masalah pembekuan darah adalah satu di antara penyebab paling umum dari penyakit kardiovaskular. Sarang walet memiliki efek mirip dengan simvastatin atau obat penurun kolestero yang dapat membantu cegah penyakit kardiovaskular.

  1. Meningkatkan Kemampuan Otak

Mengonsumsi sarang walet dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak. Sarang walet memiliki kandungan protein di dalamnya yang dapat meningkatkan kerja otak dan saraf. Sarang walet juga mampu mengatasi stres dan melawan depresi.