Minuman Yang Boleh Diminum Dan Tidak Boleh Diminum Oleh Penderita Diabetes

Minuman Yang Boleh Diminum Dan Tidak Boleh Diminum Oleh Penderita Diabetes

November 18, 2019 0 By Joherbal

Hari Diabetes Sedunia diperingati pada tanggal 14 November setiap tahunnya. Kampanye kesadaran global ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran diabetes, komplikasinya dan bagaimana cara mencegahnya.

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkannya. Jadi, untuk mengelola diabetes, pola makan sehat dan minuman rendah kalori disarankan untuk penderita diabetes .

The American Diabetes Association menyarankan minuman rendah kalori untuk mencegah lonjakan kadar gula darah. Pada artikel ini, kami akan memberitahu Anda minuman apa saja yang boleh diminum dan tidak boleh diminum oleh penderita diabetes.

Minuman Yang Boleh Diminum

  1. Air putih

Penderita diabetes harus minum cukup air untuk membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin. Sebuah penelitian mengungkapkan, minum air putih dalam jumlah yang lebih tinggi menurunkan risiko diabetes tipe 2. Institute of Medicine merekomendasikan wanita untuk minum 9 gelas air dan pria harus minum 13 gelas air.

  1. Kopi

Para peneliti menemukan bahwa orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kopi mengandung komponen aktif seperti asam kuinat, asam klorogenat, lignan secoisolariciresinol dan trigonelin yang dikatakan dapat meningkatkan metabolisme glukosa.

  1. Air bercitarasa

Air yang diberi dengan irisan buah jeruk, seperti lemon dan jeruk nipis, berry, dll. Disebut air bercitarasa atau air yang mengandung buah. Minuman ini membantu menurunkan kadar gula darah karena tidak mengandung kalori sama sekali. Sebuah penelitian menemukan bahwa menambahkan lidah buaya ke dalam air juga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes karena lidah buaya memiliki sifat antidiabetes.

  1. Susu

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi produk susu terutama selama masa remaja dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

  1. Teh hijau

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 karena antioksidan polifenol yang ada di dalamnya. Penderita diabetes harus minum teh hijau karena dapat membantu fungsi sistem metabolisme menjadi lebih baik.

Baca Juga: Mengobati Diabetes Dengan Obat Herbal

Minuman Yang Tidak Boleh Diminum

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung pemanis buatan yang mungkin memiliki efek negatif pada bakteri usus. Hal ini, pada gilirannya, dapat meningkatkan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan atau memperburuk diabetes, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature.

  1. Minuman berenergi

Minum minuman berenergi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan lonjakan besar pada kadar gula darah. Karena minuman energi ini dikemas dengan pemanis buatan, yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan obesitas.

  1. Minuman beralkohol

Jika Anda memiliki diabetes, Anda harus menghindari mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetic Medicine menemukan bahwa pria yang mingonsumsi minuman beralkohol memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

  1. Jus buah kemasan

Seringkali kita jumpai dipasar swalayan, jus buah kemasan baik dalam bentuk kotak maupun kaleng. Jus buah ini sama sekali tidak baik karena banyak mengandung kadar gula, pemanis buatan atau perasa yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan meningkatkan berat badan. Jadi, pertimbangkan untuk meminum jus buah asli yang diekstrak dari buah-buahan karena mengandung gula alami yang tidak menyebabkan lonjakan kadar glukosa darah.

Bagi penderita diabetes, memilih minuman yang tepat dapat membantu mengelola penyakit dan menurunkan risiko komplikasi. Bijaklah dalam memilih minuman dan jika Anda ingin sedikit rasa manis, cobalah menambahkan buah ke dalamnya.