Obat Alami Mengatasi Vertigo

Obat Alami Mengatasi Vertigo

March 4, 2020 0 By Joherbal

Vertigo adalah adalah satu jenis sakit kepala yang mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya pada penderitanya yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular. Penyakit Vertigo bisa mengganggu atau menghambat Anda dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Vertigo bisa terjadi karena indra Anda berusaha memberitahu otak bahwa tubuh sedang tidak seimbang. Vertigo dapat menyerang Anda kapan pun dan dimana pun. Anda akan merasakan pusing yang tak tertahan.

Saat Anda mengalami vertigo, dianjurkan untuk mengambil posisi duduk. Gejala vertigo sendiri berbeda-beda seperti tubuh ingin terjatuh, kepala tiba-tiba berat, muntah, berkeringat, dan lain-lain. Jika berusia lebih dari 50 tahun, Anda lebih berisiko terserang vertigo. Penyebab utama vertigo pada umumnya terdapat  gangguan pada telinga di bagian dalam yang memicu masalah mekanisme keseimbangan tubuh Anda. Anda tak perlu khawatir langsung mencari obat ke warung atau apotek. Kami telah merangkum obat-obat alami  yang mampu mengatasi vertigo Anda, diantaranya:

  1. Lada Merah

Vertigo bisa diatasi dengan mengonsumsi lada merah. Anda hanya perlu mengolahnya sebagai bahan makanan. Kandungan capsaicin pada lada merah mampu melancarkan aliran darah menuju otak dan telinga dalam Anda. Lada merah akhir-akhir ini digemari sebagai asupan nutrisi di kalangan pencinta gaya hidup sehat. Kandungan capsaicin mampu menyeimbangkan kepingan darah trombosit dan bisa meringankan sakit kepala yang dirasakan penderita vertigo saat kambuh.

  1. Ginkgo Biloba

Ginkgo Biloba adalah obat alami selanjutnya yang dijadikan untuk mengatasi vertigo. Ginkgo Biloba mampu melancarkan peredaran darah ke otak dengan meredakan pusing dan sensasi kepala berputar. Menurut International Journal of Otolaryngology, ginkgo biloba efektif bekerja meredakan gejala vertigo. Saat Anda ingin mengonsumsi ginkgo biloba perlu diperhatikan anjuran aman dan berkonsultasi terlebih daulu kepada tenaga medis.

  1. Jahe

 Jahe yang umumnya digunakan untuk bahan masakan memiliki manfaat untuk kesehatan. Jahe memiliki antiinflmasi yang mampu melancarkan peredaran darah sehingga mampu menyuplai oksigen ke seluruh tubuh dan menjadi lacar. Anda bisa mendapatkan manfaat jahe dengan mengolahnya menjadi teh jahe. Dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science, jahe dapat mengurangi efek vertigo lebih baik dibandingkan dengan teknik Manuver Epley. Anda bisa mengonsumsi teh jahe dua kali sehari untuk meredakan pusing, mual, dan gejala vertigo lainnya.

  1. Kacang Almond

Omega 3 dalam kacang almond adalah salah satu obat alami yang bisa bantu lelah dalam tubuh berkurang. Selain kacang almond, beberapa biji-bijian juga sangat baik dalam menormalkan kembali stamina tubuh yang berkurang akibat kelelahan. Almond merupakan salah satu jenis kacang yang banyak digemari di seluruh dunia. Selain sebagai bahan makanan, kacang almond dipercaya memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Kacang almond mengandung vitamin A, B kompleks, dan E yang dianggap bisa membantu meredakan gejala vertigo.

  1. Air Putih

Vertigo bisa diatasi dengan mengonsumsi air putih dengan cukup. Gelaja vertigo muncul akibat kekurangan minum yang berakibat dehidrasi pada Anda. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dianjurkan 8-12 gelas air putih per hari. Mengonsumsi air putih adalah cara paling mudah, murah, dan efektif sebagai obat vertigo alami bagi Anda.

  1. Ketumbar

Biji ketumbar pada umumnya digunakan untuk bahan masakan. Ketumbar adalah salah satu jenis rempah yang ada di Indonesia. Biji ketumbar memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh Anda. Ketumbar memiliki kandungan antiradang dan antiinfeksi virus atau bakteri. Mengonsumsi ketumbar yang kaya akan zat besi bisa membantu menambah dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh Anda.

  1. Daun Selasih

Daun selasih umumnya digunakan sebagai penyedap makanan. Daun selasih memiliki aroma yang kuat dan dipercaya mampu mengatasi vertigo. Daun selasih mampu mengurangi sensasi kepala berputar-putar dan melancarkan pembuluh darah Anda. Tanaman selasih banyak tumbuh di India dan negara-negara Asia lainnya.

  1. Sambiloto

Sambiloto bisa digunakan sebagai obat alami penyakit vertigo. Sambiloto memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh Anda. Vertigo bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sambiloto mampu mematikan virus dan bakteri dalam tubuh dan cocok dijadikan solusi penyakit vertigo.

  1. Kembang Sepatu

Kembang sepatu dahulu digunakan sebagai menyemir sepatu dan tanaman hias. Dengan perkembangan zaman, kembang sepatu dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Kembang sepatu dipercaya bisa mengatasi gejals-gejala vertigo. Kembang sepatu mengandung banyak senyawa seperti flavonoid, saponin, tanin, vitamin C, glikosida, peptin, dan antosianin. Semua senyawa yang terkandung di Kembang sepatu mampu mematikan virus dan bakteri yang ada di dalam tubuh Anda. Kembang sepatu juga mampu memperlancar peredaran darah serta meredakan gejala-gejala vertigo dengan cepat.